Memaksimalkan Teknologi Informasi DiTengah Pandemi - Membuat Toko Online


https://www.andriberbudi.web.id/2020/06/memaksimalkan-teknologi-informasi.html

Memaksimalkan Teknologi Informasi DiTengah Pandemi - Belum juga usai pandemi corona di Indonesia hingga saat ini ((12 Juni 2020), meski belum selesai. Kasus pandemi corona ini berdasarkan grafik dari covid19.go.id mengalami peningkatan yang terkonfirmasi, juga kabar baiknya yang sembuh juga bertambah.

 Apakah kita masih perlu Memaksimalkan Teknologi Informasi DiTengah Pandemi ini? Tergantung dari pekerjaan individunya juga ya, karena memang tidak semua pekerjaan bisa dikerjakan dari rumah. Tapi disini saya akan lebih fokus pada cara Memaksimalkan Teknologi Informasi DiTengah Pandemi dari rumah atau Work From Home (WFH).

Jika menilik pada grafik perkembangan kasus per-hari saya akan menjawab perlu dilakukan khusus beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan secara online atau remote dari rumah. Tapi kalau harus keluar rumah atau ke kantor tetap harus menjaga kebersihan dan kesehatan, seperti yang sudah dianjurkan oleh pemerintah.

Manfaat Teknologi Informasi


Teknologi informasi saat ini sudah tidak dapat dipisahkan lagi dari kehidupan kita, berbagai jenis usaha saat ini sudah berbasis teknologi, dan mau atau tidak kita harus bergerak agar tidak dikatakan usang bahkan ditinggalkan oleh mereka yang memanfaatkan teknologi untuk kemudahan berinteraksi dan transaksi.

Banyak sekali yang bisa kita lakukan dengan memanfaatkan teknologi, beberapa contoh seperti untuk kepentingan pembelajaran di masa pandemi saat ini meski sudah berubah menjadi New Normal namun tetap perlu kewaspadaan interaksi antara guru dan murid atau dosen dan mahasiswa maupun pengasuh pondok pesantren dan para santri.

Di era seperti sekarang perlu adanya perubahan metode belajar yang baru, bisa melalui teks yang dirangkum dalam bentuk file dan dijadikan materi pembelajaran yang bisa diunggah pada website masing-masing instansi pendidikan, khusus untuk sekolah dasar bisa juga di dalam website dibuat semacam forum diskusi orang tua perbidang pendidikan nanti bisa juga di spesifikasikan lebih detail agar ada history dan lebih mudah untuk mengajari dirumah, karena beberapa tetangga mengatakan kesulitan menjelaskan materi yang diberikan sekolah, ini lebih menarik ketimbang chating whatsapp yang sangat mudah tergeser dengan chat lainnya.

Sedangkan untuk yang berjualan bisa memanfaatkan teknologi informasi untuk berjualan, dengan membuat website toko online yang berisi informasi rincian produk yang dijual dan testimoni pembeli akan menjadi nilai tambah. Kelebihannya memiliki toko online bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Kita bisa bekerja dari rumah dan mendapatkan penghasilan dari penjualan tersebut.

Cara membuat website toko online

  1. Membeli domain dan hosting
    untuk pemilihan nama domain bisa menggunakan nama toko anda, kalau produk yang anda jual spesifik misalnya kerupuk pasta, bisa coba cek domain apakah masih tersedia, ketik saja kerupuk pasta dan tidak tersedia bisa ditambah lagi dengan kota atau kabupaten domisili. misalnya kerupukpastajogja.com. Tujuannya agar orang di daerah tersebut ketika mencari kendaraan di daerah sana langsung tertuju ke website anda.

    Untuk memilih hosting bisa konsultasi dengan penyedia layanan hosting atau diperkirakan sendiri, misalnya 1 postingan berisi 5 gambar dan pergambar ukurannya 500kb, tinggal dikalikan saja, ingin berapa postingan perhari dan apakah akan rutin setiap hari posting produk. Jika iya, bisa menggunakan hosting yang berkapasitas besar, namun tidak perlu khawatir karena hosting bisa di upgrade ke kapasitas yang lebih besar. Jika ingin menggunakan Hosting Murah tapi bukan murahan bisa kunjungi qwords.com dan untuk mendapatkan potongan harga bisa cek disini kode vouchernya.
  2. Instal Wordpress melalui cPanel

    Cara instal wordpress melalui cPanel silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

    • Login ke cPanel, caranya ketikan namadomain.com/cpanel
    • Cari softaculous dan pilih wordpress

    • Anda akan diajak masuk ke halaman softaculous tampilannya seperti dibawah ini, dan silahkan klik instal
    • Tampilannya seperti dibawah ini untuk halaman instalasi wordpress pada softaculous
      Software setup

      - Choose the version you want to install: Pilihan versi wordpress, yang muncul disana adalah versi terbaru
      - Choose Installation URL: Ada tiga kolom yang pertama ada http/https, kemudian pilih nama domainnya dan yang ketiga adalah in directory, jadi jika wp itu tidak dihapus nanti ketika akses domain akan menjadi namadomain.com/wp, sebaiknya dihapus saja.
    • Site Settings
      - Site Name: Isikan nama website/toko online anda
      - Site Description: Deskripsi singkat yang mengambarkan website/toko online anda, bisa dibuat 50-160 karakter, dikutip dari moz.com
      - Enable Multisite (WPMU): tidak perlu diubah
    • Admin Account
      - Admin Username: username untuk login di dashboard wordpress
      - Admin Password: Password untuk login, saya sarankan passwordnya bisa generate dengan cara klik tanda kunci di sisi kanan yang berwarna kuning biar strong
      - Admin email: alamat email yang digunakan untuk menghubungi admin. Kalau saya lebih suka menganti dengan email pribadi.
    • Select Plugin(s): Bisa dikosongkan saja
    • Advanced Options: Biarkan default saja
    • Select Theme: Ini selera ya, saya biasanya abaikan ini
    • Email installation details to : isi email anda yang akan menerima informasi instalasi wordpress
    • Klik install tunggu proses selesai

  3. Untuk instalasi wordpress melalui cPanel seperti itu langkah-langkahnya. Selanjutnya anda bisa akses dashboard websitenya dengan mengetikkan namadomain.com/wp-admin lalu masukkan username dan password yang sudah dibuat tadi.

  4. Instalasi Themes

    Saatnya anda melakukan pengaturan pada dashboard wordpressnya sesuai dengan kebutuhan, misalnya mau memilih theme bisa cari di sisi kiri Appearance > Themes > add New, disini bisa memilih themes berdasarkan fitur, populer, terbaru dan memfilter fitur apa saja yang dibutuhkan. Untuk toko online bisa masukkan kata kunci "shop" dan hasilnya seperti dibawah ini, totalnya ada 526 themes.


  5. Plugin Toko Online
  6. Memilih plugin caranya sama masuk ke plugin kemudian add new dan cari plugin sesuai kebutuhan website anda, plugin wajib untuk toko online adalah WooCommerce karena plugin ini yang paling populer di dunia dan banyak digunakan untuk membangun toko online.

  7. Atur dan DesainTerakhir silahkan atur toko online anda sesuai dengan kebutuhan, karena setiap pemilik website mempunyai keinginan yang berbeda, tidak ada salahnya kita melihat punya orang lain yang menurut kita menarik dari desain ataupun fiturnya bisa dicontoh. Selamat berkreasi
Baca juga: Cara Memasarkan Produk Secara Online
 
Setelah semuanya selesai anda bisa mulai posting produk-produk yang akan dijual disertai gambar yang jelas dan bagus bukan ukuran yang besar, ini berbeda, belum tentu gambar dengan ukuran yang besar itu bagus dan jelas. Jika ukuran gambar lebih dari 1 MB silahkan di kompres dulu disini  tujuannya agar loading website lebih ringan, agar pengunjung tidak kabur, google juga lebih menyukai halaman website yang fast loading.

Jadi kesimpulannya untuk Memaksimalkan Teknologi Informasi DiTengah Pandemi bisa dilakukan dari rumah dengan cara mengikuti perkembangan teknologi saat ini dan itu mudah.

4 Komentar untuk " Memaksimalkan Teknologi Informasi DiTengah Pandemi - Membuat Toko Online"

  1. pengen banget bisa membangun web toko online, ternyata rumit juga yah mas. perlu kursus ini mah sayah

    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak rumit mas, sekarang sudah banyak tutorial membuat toko online. Terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
  2. Informasi yang bermanfaat terlebih di saat pandemi yang sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, bisa dicoba berkarya. Terima kasih sudah berkunjung

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel