7 Hal ini Dapat Memaksimalkan Teknologi Informasi Di Tengah Pandemi

Memaksimalkan Teknologi Informasi Ditengah Pandemi


Memaksimalkan Teknologi Informasi di Tengah Pandemi - Harus dilakukan untuk tetap bisa menjalankan roda perekonomian, mulai dari diri kita sendiri, keluarga ataupun usaha yang kita miliki. Covid-19 ini membuat hampir semua orang panik terpapar virus corona, namun disisi lain ada jutaan orang yang juga merasakan dampaknya yaitu mereka yang terkena PHK, ada juga yang jam kerjanya dikurangi namun gajinya juga akan diberikan tidak penuh karena produksi menurun, yang lebih beruntung mereka yang hanya di minta untuk kerja dirumah atau Work From Home (WFH).

Di tengah pandemi ini muncul kebijakan social distancing ataupun physical distancing untuk memutus rantai virus corona. Hal ini yang mengakibatkan banyaknya PHK diberbagai tempat. Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk tetap bertahan di tengah pandemi seperti ini? Iya benar, memanfaatkan teknologi informasi.

Memaksimalkan Teknologi Informasi di Tengah Pandemi

Memaksimalkan teknologi di saat pandemi bukanlah perkara mudah, apa lagi buat yang masih awam dengan teknologi. Tapi percayalah ini harus kamu melakukan itu untuk tetap mendapatkan pundi-pundi rupiah sekedar untuk beli nasi kucing atau nyicil buat acara nikah yang belum sempat terlaksana karena Corona. Tak hanya itu dengan Teknologi Informasi kita tetap dapat berbagi pengalaman, ilmu dan juga hiburan melalui sosial media ataupun website pribadi.

7 Cara Memaksimalkan Teknologi Informasi di Tengah Pandemi

  1. Pemasaran Online
    Di tengah pandemi seperti sekarang ini memang kita tidak bisa berbuat banyak, bahkan bergerak bebas karena kebijakan social distancing. Solusinya pemasaran melalui online. Banyak caranya, mulai dari sosial media seperti facebook, instagram. Seperti yang dilakukan oleh adikku ini, dia menjual krupuk pasta melalui facebook dan akhirnya bisa kirim keluar kota, yang sebelumnya hanya di area Magelang saja. Cara lain juga bisa melalui membangun website atau blog sebagai media promosi, seperti teman saya ini, karena pandemi tidak bisa bepergian, akhirnya dia menghubungi saya untuk dibantu membuatkan blog untuk jualan mobil.
  2. Belajar online
    Belajar online juga tidak kalah pentingnya untuk saya masukkan dalam kategori ini, di masa pandemi seperti ini belajar online menjadi salah satu alternatif untuk para guru bisa berkomuniasi dengan para murid. Saat ini sudah ada Moodle berbasis website, CMS e-learning yang sudah banyak digunakan pada kampus-kampus karena fiturnya yang lengkap. Untuk keperluan Server atau Hosting, Saya merekomendasikan Hosting Murah untuk kamu dari Qwords.
  3. Bisnis Online
    Berbisnis online, ini adalah jalan terbaik untuk memaksimalkan Teknologi Informasi di Tengah Pandemi seperti sekarang ini. Di era digital rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi untuk berbisnis online. Tapi saya nggak punya modal mas? Kamu bisa jadi dropshipper atau affilasi.
    a. Dropship
    Jika ingin memulai tanpa modal bisa coba bermain dropship, dengan menjadi dropshipper kita tak perlu menyetok barang sehingga tak perlu modal. Caranya cukup kita memasarkan produk dari orang lain, jika ada yang memesan kita teruskan ke penyedia barangnya dan si penyedia baranglah yang akan mengirimkan produk yang dipesan ke pembeli kita. Keuntungan yang kita dapatkan bisa ditentukan sendiri, terserah kamu, caranya misal kamu mendapatkan barang dari penyedia seharga Rp 100.000 bisa dijual dengan harga Rp 110.000 atau lebih tergantung seberapa besar keuntungan yang ingin didapatkan.
    b. Afiliasi
    Bisnis online yang bisa dilakukan dirumah yaitu mengikuti program afiliasi. Jadi cara kerjanya kamu menjadi pihak yang menjualkan produk dari perusahaan atau jasa dan kita akan mendapatkan komisi dari apa yang telah kita jual, untuk komisinya tergantung kesepakatan yang telah dibuat oleh penyedia afiliasi tersebut. Salah satu afiliasi hosting yang bisa kamu ikuti klik disini.
  4. Membuat blog
    Memaksimalkan Teknologi Informasi yang selanjutnya adalah membuat blog. Kenapa membuat blog? kan bisa dilakukan kapanpun bahkan sebelum pandemi ini. Iya itu betul, namun disini saya akan mengutarakan alasan pribadi saya, jadi begini, ditengah Pandemi seperti sekarang ini kan kita dianjurkan untuk tidak bepergian, jadi ini solusinya, dengan membuat blog bisa menghilangkan kebosanan di rumah dan yang pasti bisa menghilangkan rasa stres.

    Dengan menulis secara psikologis akan mengurangi tingkat ketegangan dan stres kita. Komaidi (2007:12)
    Yang harus dilakukan sebelum membuat blog bisa menentukan tema yang ingin dibahas. Tapi kalau bingung atau hanya ingin sekedar menulis bisa membuat blog gado-gado atau istilah lainnya adalah membuat blog dengan berbagai maacam tema pembahasan, seperti blog ini. Kalau aku tujuannya membuat blog untuk mendokumentasikan hal-hal yang bermanfaat untuk diriku sendiri, salah satu contohnya saya menceritakan dari awal perkenalan dengan pasangan sampai akhirnya kita menikah, syukur-syukur sih bisa bermanfaat juga buat orang lain.

    Untuk mulai membuat blog, pertama kamu bisa membeli nama domain dulu, untuk nama domain sendiri bisa sesuaikan dengan kata kunci, tema atau brand, namun tidak ada salahnya nama domain dibuat dengan nama kamu. Kalau sudah menemukan silahkan Cek Domain apakah masih tersedia atau tidak, jika tidak bisa mencoba dengan yang lain.
  5. Kreatif
    Di rumah tetap harus kreatif, salah satu yang bisa dilakuakn dengan membuat desain dengan corel draw atau hanya sekedar mengedit foto. Ini akan membantu kita untuk tetap kreatif, tutorialnya sudah banyak di youtube. Jika kamu bisa menghasilkan karya yang bagus nanti bisa menghasilkan uang.

    Tahun kemarin waktu acara kopdar blogger di Solo aku bertemu teman baru dari Nganjuk, Jawa Timur dia selain blogger juga desainer vector yang pendapatanya jauh di atas UMR. Contoh lain ada tetangga yang kerja di jawa timur, dia selain kerja di percetakan foto sebagai editor foto, di luar kerjaan juga membuka jasa edit foto yang hasilnya lumayan juga.

    Ayo gaes di tengah pandemi seperti ini masih banyak peluang yang bisa kita lakukan untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk diri sendiri bahkan orang lain.
  6. Membangun komunikasi dengan rekan bisnis
    Menjalin silaturahmi itu penting, salah satunya dengan rekan bisnis. Jika kamu sudah mempunyai usaha, misalnya punya toko online, atau blog, agar bisa tetap berjalan tidak ada ruginya untuk menjalin komunikasi untuk tetap menjaga persahabatan dengan rekan bisnis atau teman yang sesuai dengan bidang kita. Membangun komunikasi tidak harus berkunjung ke rumahnya, bisa melalui telepon, chat dan email. Dengan bertukar pikiran kita bakalan menemukan ide baru, dan yang pasti jika kamu membangun komunikasi entah itu dengan rekan atau pelanggan, akan ada dampak positif untuk bisnis kita.
  7. Masak Online
    Khusus buat wanita tapi pria juga boleh kok mencobanya, mungkin judulnya berlebihan atau tidak pas, kok memasak online, jadi buat Ibu-ibu atau mbak-mbak yang tidak bisa kemana-mana bisa mencoba ke dapur dan memasak sesuatu yang baru. Resepnya bisa ditemukan secara online. Aku sendiri pernah melakukannya, maklum bukan pria dapur sehingga untuk sekedar mengoreng pisang saja harus cari tutorialnya di internet. Nah jika para Ibu-ibu bisa yang jago memasak bisa membuat blog resep makanan yang berisi foto makanan, bumbu-bumbu yang digunakan dan juga cara memasak atau membuatnya jika itu kue. Wah jika rajin dan aktif di blog saya yakin bisa di daftarkan adsense dan bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari situ.
Baca Juga: Kode Voucher Promo Hosting Qwords Terbaru dan Selalu Update

Itulah 7 Hal yang bisa dilakukan Memaksimalkan Teknologi Informasi Ditengah Pandemi. Jika ada yang ingin ditanyakan bisa berkomentar dibawah ya. Akan saya jawab sebisanya, maklum masih newbi di dunia perbloggeran.

2 Komentar untuk "7 Hal ini Dapat Memaksimalkan Teknologi Informasi Di Tengah Pandemi"

  1. Yes bener banget mas, aku juga akhirnya bikin website untuk menunjang kerjaku karena pandemi seperti sekarang ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas memang untuk tetap bisa bertahan di tengah pandemi seperti ini harus cari jalur alternatif.

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel