Kerupuk Ampas Tahu (Pasta) Magelang

Kerupuk Ampas Tahu Magelang

Kerupuk Ampas Tahu merupakan makanan yang nikmat dan gurih selain itu juga bergizi, meski sudah menjadi limbah ampas tahu masih menggandung zat gizi, untuk kandungan gizi per 100 gr Ampas Tahu diantaranya energi sebanyak 75 kkal, karbohidrat 10,7 gr, protein 4,1 gr, lemak 2,1 gr, kalsium 203 mg, fosfor 60 mg, zat besi 1,3 gr,  vitamin B1 sebanyak 0,07 mg, dan vitamin C sebanyak 82,5 mg. Sumber uny.ac.id.

Kerupuk Ampas Tahu (Pasta) Magelang


Kerupuk Ampas Tahu Magelang atau biasa kita sebut dengan Kerupuk Pasta ini sudah ditekuni oleh kakak ku beberapa tahun yang lalu dan saat ini orang tuaku juga mengembangkan usaha ini, alasannya ya karena bahan bakunya cukup mudah ditemukan dan tentu penikmatnya juga banyak.

Kerupuk Ampas Tahu (Pasta) Magelang Oleh Oleh

Proses pembuatan kerupuk ampas tahu sendiri tidak terlalu rumit, awalnya ampas tahu diperas sampai benar-benar air yang menyatu diampas tahunya hilang, setelah itu dicampur dengan bumbu-bumbu kemudian baru di bentuk atau bisa juga di wadahkan pada plastik es lilin tujuannya untuk membentuk bulat segi panjang. Selanjutnya baru di kukus sampai matang untuk prosesnya berapa lama? terngatung dari api yang digunakan, rata-rata sih 30 menitan. Dan di dinginkan sampai mengeras dan langkah terakhir adalah memotong-motong bahan ampas tahu yang sudah dingin dan keras menjadi tipis-tipis dan keringkan baru deh di goreng.

Kerupuk Ampas Tahu (Pasta) Magelang Oleh Oleh Enak


Untuk prosesnya sendiri aku tidak pernah melakukannya sendiri, hanya bantu-bantu saja. Bantu menata irisan untuk dijemur dan juga memasukkan bahan krupuk pasta tadi ke plastik es lilin tadi selain itu juga dulu sering bantu menjual. Untuk proses produksi kerupuk ampas tahu ini di Magelang dan ini hanya usaha rumahan. Anak-anak muda juga banyak yang menyukai kerupuk ampas tahu ini sebagai cemilan, dulu hampir setiap minggu membawa kerupuk ampas tahu ini ke jogja karena teman-teman pacarku banyak yang pesan.

Kerupuk Ampas Tahu (Pasta) Magelang Oleh Oleh Enak Lezat Murah


Saat ini juga keluarga ku masih membuat kerupuk ampas tahu, buat teman-teman yang ingin pesan juga bisa lho. Cara pemesanan yang berada di Magelang bisa datang langsung ke rumahku yang berada di Desa Tampir Wetan, Kecamatan Candimulyo, Magelang.

👇



Belum ada Komentar untuk "Kerupuk Ampas Tahu (Pasta) Magelang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel