Cara mengubah nameserver di Google Domains

Daftar Isi [Tampil]

 

Cara mengubah nameserver di Google Domains
Cara mengubah nameserver di Google Domains

Andriberbudi.web.id - Mengubah nameserver domain merupakan suatu keharusan saat kita membeli domain dan hosting ditempat yang berbeda. Nameserver sendiri adalah sebuah web server yang digunakan sebagai jalan untuk menghubungkan domain ke server tertentu yang umumnya mempunyai format ns1.nameserver.

Terkadang kita mengalami kesulitan untuk merubah nameserver karena belum pernah melakukannya, atau mungkin buat yang sedang belajar blog masih awam soal merubah nameserver. Kali ini saya akan membagikan Panduan Cara mengubah nameserver di Google Domains.

Google Domains adalah layanan pendaftaran domain yang diluncurkan oleh Google pada tahun 2015 yang membantu kita mendaftarkan nama domain yang digunakan pada website. Google domain juga menawarkan perlindungan privasi gratis untuk domain TLD.

Google Domains menyediakan 2 opsi nameserver. Nameserver Google Domains dan nameserver kustom. Saat menggunakan nameserver Google Domains, Google mengelola nameserver dan catatan sumber daya DNS untuk kita. Kita harus menambahkan entri DNS secara manual dengan merujuk ke penyedia hosting. Pada nameserver kustom, data DNS dikelola oleh penyedia hosting website. 

 
Baca Juga:
Cara Mendapatkan Domain EU Org Gratis 

Jika kita tidak yakin tentang mengelola catatan DNS atau menambahkannya secara manual, sebaiknya gunakan opsi nameserver kustom. Mari kita lihat bagaimana dapat menambahkan nameserver kustom di Google Domains yang memungkinkan mengarahkan domain ke server tertentu.

Tutorial Mengubah Nameserver di Google Domains


Kami menganggap Anda sudah memiliki domain yang terdaftar dan ditampilkan di dasbor. Ikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini.

  1. Masuk ke Google Domains ( https://domains.google.com/registrar )
  2. Di bagian menu domain saya, pilih domain yang ingin akan nameservernya.
  3. Di menu sebelah kiri, klik DNS
  4. Di bawah nameserver, pilih Gunakan nameserver kostum/khusus.
  5. Di bagian nameserver, masukkan nameserver kostum dari penyedia server atau hosting Anda.
  6. Klik + untuk menambahkan lebih banyak nameserver.

Setelah semua nameserver ditambahkan, klik "Simpan" untuk menyimpan perubahan.


Baca Juga: Cara Cek Nameserver pada Domain

 
Itu Cara mengubah nameserver di Google Domains. Setelah perubahan disimpan. Perubahan tersebut maksimal memerlukan waktu propagasi kurang lebih 24 jam jadi dapat dilakukan pengecekan bertahap.

LihatTutupKomentar