Cara Cek Nameserver Domain dengan Mudah

Daftar Isi [Tampil]
Cara Cek Nameserver Domain dengan Mudah
Cara Cek Nameserver Domain dengan Mudah

Andriberbudi.web.id - Cara Cek Nameserver Domain tidaklah sulit dilakukan dan melakukan pengecekan harus bisa Anda lakukan sendiri bahkan seharusnya cara ini diluar kepala. Sebagai seorang pengelola website atau blogger seharusnya sudah tahu karena ini bersifat dasar.

Sederhananya, Nameserver mengatur dan mengarahkan lalu lintas di internet. Saat kamu memasukkan dan mengetik nama domain dan menekan Enter, browser memulai proses decoding website yang kamu cari dan mengarahkan lalu lintas ke server tujuan dengan tepat. Nameserver berada di tengah proses ini, menyimpan semua catatan tempat website berada.

Setelah disimpan perubahan nameservernya, jangan lupa di cek dahulu apakah sudah berubah atau belum, jika belum berubah jangan panik atau mencoba melakukan kostum nameserver lagi. Perubahan nameserver maksimal memerlukan waktu propagasi maksimal 24 jam.

Cara cek nameserver domain ini masih ada kaitannya dengan Cara mengubah nameserver di Google Domains, bisa dikatakan kelanjutan dari tulisan itu. Misalnya kamu baru saja menganti nameserver tentu saja harus melakukan pengecekan apakah sudah terganti atau belum, nah untuk melakukan pengecekan nameserver dapat dilakukan dengan berbagai cara, dan disini saya akan memberikan 3 cara yang dapat melakukan pengecekan nameserver.

Cek Nameserver Domain

  1. Intodns.com


    Cara melihat nameserver domain yang pertama dapat melalui intodns, caranya cukup gampang, silahkan kunjungi intodns.com dan masukkan nama domain yang ingin dicek, disini saya contohkan domain saya sendiri andriberbudi.web.id dan hasilnya sebagai berikut.

    Cara Cek Nameserver Domain dengan intodns
    Cara Cek Nameserver Domain

  2. Pandi.id


    Cara yang kedua untuk melakukan pengecekan nameserver domain dapat melalui website Pandi. Domain yang dapat dicek melalui whois pandi hanya domain ekstensi .id saja ya, seperti .id, web.id, sch.id, co.id, ac.id, or.id, my.id, biz.id, net.id, go.id, ponpes.id, desa.id dan mil.id.


    Cara Cek Nameserver Domain dengan Pandi
    Cara Cek Nameserver Domain dengan Pandi

  3. CMD


    Cara Cek Nameserver Domain dengan CMD
    Cara Cek Nameserver Domain dengan CMD

    Pengecekan nameserver juga dapat dilakukan melalui system console atau yang biasa kita kenal command prompt (CMD). Cara cek nameserver domain melalui CMD juga sangat sederhana. berikut langkahnya:
    • Masuk ke aplikasi command prompt dengan cara tekan windows + R pada keyboard
    • Setelah jendela terbuka silahkan masukkan perintah dibawah ini

    nslookup -type=ns namadomain.com
    

Itulah 3 cara mudah  saya melakukan pengecekan nama domain. Jika kamu biasanya menggunakan apa untuk melakukan pengecekan, apakah sama? Jika berbeda tuliskan di kolom komentar caranya. 🙂

LihatTutupKomentar