Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menghasilkan Pendapatan Dengan Memanfaatkan Internet di Masa COVID-19

Menghasilkan Pendapatan Dengan Memanfaatkan Internet di Masa COVID-19
Menghasilkan Pendapatan Dengan Memanfaatkan Internet di Masa COVID-19 (Sumber:pixabay.com)
 Menemukan cara menghasilkan pendapatan di masa COVID-19 memanfaatkan internet rasanya menjadi topik yang akan kita bahas kali ini. Perekonomian Indonesia sendiri saat ini masih belum pulih akibat dan dampak dari COVID-19 ini. Tidak sedikit disekitar kita yang merasakan dampaknya, seperti pemutusan hubungan kerja, sekolah daring, aktivitas menjadi terbatas yang menjadi persoalan utama adalah mereka yang nganggur karena PHK.

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari covid19.go.id dari grafik dibawah ini terlihat peningkatan dari bulan juli, yang artinya masa COVID-19 di Indonesia masih belum dapat berakhir dalam waktu dekat.


Itu artinya kemungkinan-kemungkinan pengangguran dan pengurangan karyawan dibergai tempat bisa terjadi, semoga sih tidak ya, Amin. Di masa COVID-19 pokoknya jangan lupa sering-sering cuci tangan, jika keluar rumah pakai masker dan tetap jaga jarak (Bukan LDR lho ya, hehe).

Di Masa COVID-19 seperti sekarang ini selain protokol kesehatan adalah penghasilan, ini sama pentingnya, Jika mengikuti protokol kesehatan tapi tidak punya penghasilan nanti juga bisa sakit, sedangkan punya penghasilan tapi tidak taat protokol kesehatan juga bisa sakit, lalu bagaimana agar tetap bisa sehat dan punya penghasilan? Simak dibawah ini ya.

Cara Menghasilkan Pendapatan Dengan Memanfaatkan Internet di Masa COVID-19


6 Cara nenghasilkan yang dari internet

  1. Membuat Blog
    Membuat blog untuk menghasilkan pendapatan adalah alternatif pertama yang bisa kamu lakukan di saat masa COVID-19 seperti sekarang ini. Membuat blog sendiri tidak sulit kok, tutorial sudah banyak ditulis oleh para blogger. Untuk membuat blog hal utama yang harus disiapkan adalah sebagai berikut:
    • Ide atau Tema
      Disini yang dimaksud ide atau tema adalah blog kamu ingin diisi konten apa, jika bingung saya sarankan memilih berdasarkan minat atau hobi, misalnya jika kamu hobi sepakbola bisa menulis tentang sepakbola, mulai dari jadwal pertandingan, hasil pertandingan dan lain sebagainya. Misalnya suka teknologi atau pengetahuan tentang handphone bisa juga menulis tentang tutorial menggunakan aplikasi dan sebagainya, khusus buat mbak-mbaknya bisa tuh bikin tema fashion atau resep memasak.
    • Memilih Domain
      Memilih domain bisa berdasarkan tema blog kamu, karena nama domain dengan kata kunci bisa mejadi nilai tambah dipencarian google. Lalu bagaimana memilih nama domain yang bagus? menurutku nama domain yang bagus itu yang mudah diingat, misalnya karakternya pendek, unik, lucu, pokoknya mudah diingat. Selain mudah diingat yang paling utama itu harga sih menurutku, karena dengan Domain Murah kita bisa menyisihkan pengeluaran untuk membeli hosting atau malah bisa membeli domain lebih dari satu.
    • Memilih Hosting
      Hosting merupakan pilihan terpenting selanjutnya dalam membuat blog, kenapa penting, karena dengan hosting yang bagus nanti akan mempermudah kita dalam membuat blog, kok bisa? iya bisa dong, karena jika hostingnya tidak bagus nanti blogmu biasanya akan lola alias loading lama, untuk itu saya sarankan bisa memilih Hosting Terbaik Indonesia dari Exabytes. Setelah domain dan hosting dipesan sekarang tinggal instal wordpressnya, caranya bagaimana? Exabytes Indonesia sudah membuat tutorialnya kok, silahkan cek disini atau jika kamu ingin saya buatkan, monggo komentar dibawah ya.

      Untuk mendapatkan penghasilan dari blog kamu harus mendaftarkan blogmu ke google adsense, jika blogmu sudah diterima nanti kamu tinggal memasang script adsense di halaman blogmu, dan tinggal menunggu para pengunjung blog klik iklannya dan kamu akan dapat uang. untuk pencairan penghasilan minimal harus $100 atau Rp 1.475.371 (cek di google). Selain google adsense kamu juga bisa mendapatkan penghasilan dari afiliasi, caranya hampir sama yaitu memasang iklan di blogmu, yang membedakan jika afiliasi akan memberikan komisi setelah orang tersebut membeli produk yang kamu iklankan, tapi tenang karena Program Afiliasi Terbaik ini memberikanmu komisi 25%.
  2. Content Creator
    Menjadi content creator adalah cara menghasilan selanjutnya, ini sedang ramai dan banyak peminatnya menjadi content creator youtuber. Kenapa banyak yang minat, karena sejujurnya kita tidak perlu kepiawaian menulis, tapi yang dibutuhkan adalah pinter ngomong dan percaya diri. Jangan lupa harus punya kamera yang memadai ya, agar video yang dihasilkan bagus. Syarat utamanya agar bisa menghasilan uang harus punya 1.000 subscriber dan 4.000 jam tayang dalam waktu 1 tahun, mudah bukan?
  3. Membuka Jasa Pembuatan Website atau Blog
    Menghasilkan pendapatan juga bisa dilakukan dengan cara membuat website, untuk kamu yang sudah bisa membuat website atau blog tidak ada salahnya membuka jasa pembuatan website, ini bisa dilakukan dari rumah, caranya cukup hubungi penyedia jasanya dan yang paling penting pilih hosting terbaik dari Exabytes Indonesia, untuk daftar hostingnya bisa lihat gambar dibawah atau kunjungi link ini. Bingung cari jasa pembuatan website? Hubungi saya saja.

  4. Mengikuti Lomba Desain
    Buat kamu yang suka desain inilah tempatnya mengikuti kontes desain, tenang jika desainmu terpilih kamu bisa mendapatkan penghasilan jutaan rupiah.
    • Sribu.com
      Disini kamu bisa memilih bayaran yang ingin kamu dapatkan kemudian desain apa yang ingin dipilih.
    • 99Designs.com
      Lomba desain ini memiliki banyak kategori seperti desain logo, desain kaos, desain website dan masih banyak yang lainnya. Untuk mengikuti lomba desain yang satu ini kamu diharuskan bisa berbahasa inggris ya.
  5. Menjual Foto
    Untuk kamu yang menyukai dunia fotografi ini tempat yang bisa kunjungi untuk menjual hasil jepretanmu.
    • Fotolia
      Hasil foto-foto kamu bisa dijual disini, untuk ketentuannya foto yang kamu upload minimal 1600x1200 pixel, dan untuk pembayaran melalui Moneybookers atau PayPal.
    •  Shutterstock
      Rasanya tempat jual beli foto satu ini sudah tidak asing lagi buat para fotografi di Indonesia, disini kamu bisa upload sebanyak-banyaknya foto terbaikmu dan jika ada yang tertarik dan membeli kamu akan mendapatkan komisi.
    • iStockphoto
      Tempat menjual foto ini akan memberikan kamu 15% dari hasil fotomu yang terjual. Pembayarannya juga sudah sudah mendukung paypal.
  6. Jualan Online
    Jualan online menjadi alternatif terakhir yang bisa kamu coba untuk mendapatkan penghasilan di masa COVID-19 seperti sekarang ini. Jika tidak punya barang yang ingin dijual kamu bisa mencoba menjadi:
    • Dropshipper
      Jika menjadi dropshipper kita tak perlu punya barang yang kita jual. Caranya cukup memasarkan produk dari orang lain, jika ada yang memesan barang tersebut kita teruskan ke penyedia barangnya dan si penyedia baranglah yang akan mengirimkan barang yang dipesan ke pembeli. Keuntungan yang didapatkan bisa ditentukan sendiri, terserah kita. Misal kita mendapatkan barang dari penyedia seharga Rp 100.000 bisa dijual dengan harga Rp 110.000 atau lebih tergantung seberapa besar keuntungan yang ingin didapatkan.
    • Reseller
      Berbeda dengan dropship, reseller harus menyediakan barang dahulu dari supplier yang nanti baru dijual kembali, keuntungannya adalah kita bisa tahu kualitas barang dan bisa mendapatkan penghasilan lebih besar dengan cara pengemasan yang lebih menarik dan biasanya juga akan mendapatkan potongan harga dari supplier.
Ini cara mendapatkan penghasilan dari internet di saat COVID-19 seperti sekarang ini. Silahkan pilih mana yang paling "kamu banget" dari 6 cara menghasilkan uang dari rumah. Selamat mencoba dan jangan lupa cuci tangan juga gunakan masker saat keluar rumah.

Posting Komentar untuk "Menghasilkan Pendapatan Dengan Memanfaatkan Internet di Masa COVID-19"