Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bencoolen Coffee Robustanya Bengkulu

Bencoolen Coffee Robustanya Bengkulu
Bencoolen Coffee Robustanya Bengkulu

Sudah minum kopi? Buat para pencinta kopi, menikmati secangkir kopi rasanya sudah menjadi keharusan. Susah memisahkan kopi dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya buat mereka menikmat kopi tapi juga hampir semua kalangan. Disela-sela kerja, nongkrong atau saat bersantai ria di rumah.

Bencoolen Coffee yang akan aku bahas, kopi dari Bengkulu ini terkenal dengan robustanya yang unik. Kopi Robusta yang paling khas adalah aroma, sedangkan untuk tingkat kepahitan tergantung dari ketinggian permukaan tanah kebun kopinya. Bencoolen Coffee sendiri ditanam pada ketinggian 1000-1200 mdpl, di daerah Rejang Lebong yang merupakan penghasil kopi terbesar di Bengkulu.

Asal usul Bencoolen sendiri aku belum tahu awalnya, malah istriku yang kasih tahu kalau Bencoolen itu adalah nama Bengkulu dan ternyata benar. Bengkulu dalam bahasa Belanda disebut Benkoelen atau Bengkulen, lalu saat di jajah Inggris pada tahun 1685 (mungkin logat) jadi mereka menyebutnya Bencoolen. Detailnya disini. Sedangkan menurut Mas Suharyanto dari blognya menyebutkan Bencoolen itu dari nama Bangkahuluan, yang mempunyai makna orang Bangkahulu. Jadi, Bencoolen adalah nama lain dari Bangkahulu atau Bengkulu sekarang.

Kopi Robusta memiliki sejarah panjang dan memiliki peranan penting bagi pertumbuhan perekonomian masyarakat di Indonesia, Biji Kopi yang tumbuh di Indonesia salah satunya Kopi Robusta yang jenis kopi ini akan tumbuh baik di dataran tinggi.

Menulis dapat Hadiah Bencoolen Coffee

Kamis malam 9 juli 2020 Bencoolen Coffee tiba dirumah, kiriman dari panitia lomba menulis tentang Pelatihan Barista. Kok baik banget mau mengirim kopi? Iya itu merupakan bentuk penghargaan buat kami para peserta blogger yang ikut lomba itu. Meskipun tulisanku tak masuk dalam deretan teratas setidaknya masih ada hasil yang ku dapatkan dari tulisanku itu. Ini kedua kalinya aku mengikuti lomba menulis yang diselenggarakan Bencoolen Coffee, yang pertama temanya tentang Kopi Jujur dan Alhamdulillah dapat hadiah.

Cara Sederhana Menikmati Kopi Robusta ala Andriberbudi

Setiap pencinta kopi mempunyai cara tersendiri menikmati kopinya, termasuk saya. Cara yang ku lakukan bisa dibilang cukup sederhana yaitu dengan vietnam drip karena belum punya mesin kopi, hahaha.

Bahan dan Peralatan

  1. Gelas
  2. Siapkan Susu kental manis putih.
  3. Vietnam Drip
  4. Air Panas

Cara membuat Kopi Robusta

  • Masukkan susu kental manis ke Teko seberat 20g (1 sachet isi 40g, jadi bisa 2x)
  • Pasang Vietnam Drip diatas Gelas
  • Masukkan kopi kedalam teko 1 sendok full/tergantung selera (kira-kira saja, belum punya timbangan kopi), ratakan dan lalu tutup dengan plunger. 
  • Tuang air panas kedalam teko/diatas plunger, Air panas berada di suhu 90-92 derajat atau setelah mendidik air panas ditunggu 2-3 menit dulu.
  • Pasang penutup dan tunggu tetes demi tetes sampai air dalam teko habis.
  • Sabar dan nikmatilah hasilnya.

Itulah caraku menikmati Kopi Robusta Bencoolen, yang aku dapatkan dari temanku yang berkecimpung dan jualan kopi juga. Selamat Ngopi.

Posting Komentar untuk "Bencoolen Coffee Robustanya Bengkulu"