Jualan Online di Website vs Marketplace, Pilihan atau Sinergi?

Jualan Online di Website vs Marketplace, Pilihan atau Sinergi?
Jualan Online di Website vs Marketplace, Pilihan atau Sinergi?


Daftar isi

Kali ini andriberbudi.web.id akan membahas tentang Website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergi?. Di era digital atau sering disebut industri 4.0 adalah era dimana semua industri berevolusi mengandalkan teknologi untuk proses pengolahan data, transaksi dan lain sebagainya. Sehingga secara tidak langsung mengubah pola transaksi kita dari yang mendatangi toko berubah menjadi barang yang kita beli diantarkan ke alamat tempat tinggal kita.

Website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergi?

Jika saat ini Anda ingin menjual produk secara online, maka tulisan ini tepat untuk Anda. Namun sebelumnya akan saya sampaikan terlebih dahulu keuntungan dan kerugian berjualan melalui website vs marketplace.

Keuntungan Jualan Secara Online

  1. Menghemat Biaya
    Biaya yang kita keluarkan tidak akan sebanyak ketika kita membuat toko nyata atau sewa kios, selain itu juga untuk media promosi jauh lebih hemat menggunakan sosial media selain itu juga gratis berbeda dengan menyebarkan brosur. Jika ingin yang berbayar bisa menggunakan Facebook Ads atau Google Adwords untuk pemasaran online.
  2. Memangkas Waktu
    Memangkas waktu yang dimaksud disini untuk memperkenalkan toko nyata kita di bandingkan mempunyai toko secara online, yang bisa kita informasikan dan bagikan gratis melalui media sosial.
  3. Jangka Panjang
    Ketika membuat toko nyata atau sewa tempat, mempromosikan harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk mencetak brosur atau media lainnya (selain media online) seperti koran atau spanduk. Kita lihat jika dilakukan secara online, melalui website atau marketplace barang akan tetap terpajang disana dan akan bisa dicari oleh seluruh orang di indonesia bahkan dunia melalui mesin pencari.
  4. Buka 24 Jam
    Keuntungan selanjutnya, berjualan melalui website atau marketplace akan buka 24 jam jika dibandingkan dengan toko nyata berbentuk fisik. Baca selengkapnya disini.

Keuntungan dan Kekurangan Jualan Online Menggunakan Website

Keuntungan
  • Murah
    Jika dibandingan menyewa toko atau ruko, jualan melalui website lebih murah, di Yogyakarta rata-rata penyewaan tempat usaha pertahunnya bisa menghabiskan puluhan juta, sedangkan membuat website sebagai toko virtual jauh lebih murah. Bahkan saat ini ada layanan hosting murah yang gratis domain serta SSL (agar nama domainnya menggunakan https) sehingga ini dapat memangkas biaya pengeluaran Anda.
  • Profesional
    Dengan memiliki website sendiri usaha Anda akan terlihat profesional, karena kita dapat membuat brand sendiri, serta dapat mencantumkan alamat tempat tinggal Anda jika ada yang ingin berkunjung (beberapa pembeli lebih menyukai sistem COD), berbeda dengan memasarkan produk di marketplace yang sangat terbatas fitur-fiturnya dan yang pasti kita tidak dapat mengubah atau mengatur sesuai keinginan sendiri.
  • Kontrol
    Kita dapat mengontrol penuh customer dan data pelanggan serta transaksinya.
Kekurangan
  • Pembayaran
    Dikarenakan Anda mempunyai beragam pembeli maka harus menyiapkan berbagai macam metode pembayaran. Untuk menyiasatinya dapat menawarkan rekber atau rekening bersama, saat ini sudah banyak penyedia layanan rekber di Indonesia atau bisa juga COD (Cash On Delivery).
  • Kepercayaan
    Ini yang paling penting dan juga menjadi kekurangan banyak ecommerce di Indonesia, kurangnya kepercayaan. Solusinya Anda sebagai pemilik toko online harus meyakinkan calon pembeli bahwa produk yang di jual benar adanya. Anda dapat menyertakan testimoni di halaman website, sebagai bukti kepuasan dan kepercayaan calon pembeli.
  • Ribet
    Disini kita harus melakukan setup dari awal dan ini membutuhkan waktu, dibandingkan dengan kita memasarkan produk melalui marketplace.
  • Optimasi
    Selain ribet Anda juga memerlukan optimasi agar produk yang kita jual bisa berada di halaman pertama pencarian, tujuannya agar setiap orang yang mencari pasti menemukan produk Anda.

Keuntungan dan Kekurangan Jualan Online Melalui Marketplace

Keuntungan
  • Biaya
    Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menjual produk, cukup registrasi saja di marketplace mana yang ingin gunakan (lazada, tokopedia, bukalapak, shopee dan yang lainnya).
  • Kepercayaan
    Pembeli lebih percaya untuk melakukan pembelian melalui marketplace karena dana yang kita bayarkan tidak langsung masuk ke penjual namun ditahan terlebih dahulu di penyedia layanan marketplace.
  • Tidak Perlu Optimasi
    Menjual produk di marketplace kita tidak perlu capek-capek memikirkan optimasi agar produk kita bisa berada di halaman satu mesin pencari, karena pihak marketplace sudah memikirkan itu, selain itu situs-situs marketplace di Indonesia sudah memiliki otoritas yang bagus dibandingkan dengan website yang baru buat.
Kekurangan
  • Persaingan harga
    Menjual produk di marketplace anda harus berani bersaing memberikan harga terbaik. Karena yang menjual  produk tidak anda sendiri, namun ratusan bahkan ribuan penjual, sehingga harus menurunkan keuntungan produk untuk bisa barsaing dengan yang lainnya.
  • Pembeli Anda Milik Marketplace
    Ini menjadi kekurangan selanjutnya, karena anda hanya menumpang berjualan, sehingga sebenarnya customer anda adalah milih marketplace, mereka berkunjung tidak membeli produk anda tapi juga bisa membeli produk pesaing anda dengan harga yang bisa jadi lebih murah.
  • Branding
    Di marketplace tidak cocok untuk membuat brand sendiri terhadap produk anda karena fitur-fitur itu dibatasi, sekali lagi anda hanya menumpang berjualan disana.

Kesimpulan: Jualan Online Melalui Website vs Marketplace, Pilihan atau Sinergi?

Itu pilihan dan bisa bersinergi. Alasannya karena semua sama pentingnya. Jadi keduanya tergantung dari keinginan Anda, jika ingin membuat branding sendiri, saya lebih menyarankan membuat website dikarenakan berjualan di marketplace tidak akan bisa membuat branding sendiri karena keterbatasan fitur yang disediakan. Berbeda dengan website yang bisa diatur sesuai keinginan sendiri untuk menonjolkan brand Anda.

Membuat website saat tidak sulit karena sudah banyak tutorial di internet. Anda bisa menggunakan hosting indonesia, selain itu Anda bisa menggunakan domain murah untuk nama brand website Anda, tujuannya agar nama domain Anda bisa menjadi kata kunci di pencarian.

Marketplace bisa menjadi pilihan selanjutnya jika anda ingin menjual produk yang umum seperti sepatu, baju dan lain sebagainya. Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, anda harus bersiap dengan persaingan harga.

Sinergi adalah pilihan yang harus dilakukan untuk menjual produk yang anda miliki dengan cara menjalankan keduanya. Caranya anda bisa membuat toko online di marketplace dengan nama brand yang anda gunakan di website agar ketika orang mencari toko anda, mereka akan menemukan juga website anda di pencarian. Terakhir, jangan lupa anda harus mempunyai akun sosial media untuk brand di facebook dan juga di instagram sebagai media promosi. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Jualan Online di Website vs Marketplace, Pilihan atau Sinergi?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel