Pentingnya Service Motor Berkala, 8 Bagian Ini Wajib Kamu Cek!

Daftar Isi [Tampil]
Pentingnya Service Motor Berkala, 8 Bagian Ini Wajib Kamu Cek!

Service motor berkala menjadi langkah penting dalam menjaga kinerja dan keandalan motor kamu. Meskipun terkadang diabaikan oleh pemilik motor, servis motor secara rutin dapat menghindarkan kamu dari kerusakan yang lebih serius dan biaya perbaikan yang tinggi di kemudian hari. kali ini saya akan membahas tentang mengapa servise motor berkala penting, apa saja yang termasuk dalam servis motor, berapa bulan sekali motor harus diservis, dan apakah Service motor harus rutin dilakukan.

Service Motor Meliputi Apa Saja?

Service motor meliputi sejumlah bagian yang bertujuan untuk memeriksa dan memelihara kondisi mesin motor kamu. Berikut adalah beberapa hal yang termasuk dan wajib dicek dalam Service motor:

Oli Mesin

Oli mesin memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan dan kinerja mesin motor kamu.

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas yang mencegah gesekan antara komponen-komponen mesin. Dengan adanya oli mesin yang baik, gesekan yang terjadi dalam mesin dapat dikurangi, sehingga memperpanjang umur mesin dan mengurangi kerusakan pada komponen-komponen penting.

Oli mesin juga berperan sebagai pendingin. Saat mesin bekerja, suhu mesin akan meningkat. Oli mesin yang baik dapat menyerap panas yang dihasilkan oleh mesin dan mendinginkannya.

Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa oli mesin perlu diganti. Salah satunya adalah perubahan warna oli mesin. Jika warna oli mesin sudah terlihat kotor atau kehitaman, maka sudah saatnya untuk menggantinya. Oli mesin yang sudah terkontaminasi oleh kotoran dan partikel dapat menyebabkan penurunan kinerja mesin.

Oli mesin
 
Oli mesin berperan penting karenanya, perlu untuk secara teratur mengganti oli motor matic kamu sesuai dengan jarak tempuh yang telah dicapai. Secara umum, pabrikan merekomendasikan penggantian oli setiap 2500 kilometer. Biaya yang perlu dikeluarkan biasanya meliputi pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya jasa untuk menggantinya.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

Oli Gardan

Jika kamu merupakan pengguna motor matic, rutin mengganti oli gardan menjadi kewajiban yang tak boleh diabaikan. Alasan utamanya adalah fungsi penting oli gardan dalam melumasi gigi-gigi pada Continuously Variable Transmission (CVT). Namun, tahukah kamu bahwa ada sebuah rumus sederhana yang dapat membantu kamu dalam menentukan waktu yang tepat untuk mengganti oli gardan?

Rumus tersebut adalah 2x ganti oli mesin, diikuti dengan 1x ganti oli gardan. Artinya, ketika kamu melakukan dua kali penggantian oli mesin, maka saat itulah waktu yang tepat untuk mengganti juga oli gardan. Pendekatan ini membantu menjaga kualitas dan performa oli gardan yang diperlukan untuk menjaga transmisi yang lancar pada motor matic kamu.

Busi

Busi merupakan komponen penting pada motor yang berperan dalam mengubah aliran listrik dari koil menjadi percikan api, yang memungkinkan mesin dapat menyala. Jika kinerja busi tidak optimal, motor dapat mengalami kesulitan dalam proses pengapian yang mengakibatkan kinerja tidak optimal. Oleh karena itu, pengecekan dan penggantian busi menjadi suatu kebutuhan yang diperlukan.

Kampas Rem

Perhatian terhadap keamanan dan keselamatan saat berkendara sangatlah penting. Ada satu elemen krusial dalam motor yang memiliki dampak besar pada keselamatan, yaitu sistem pengereman.

Ketika kampas rem menjadi tipis, efektivitas pengereman menurun, dan hal ini dapat menimbulkan risiko kecelakaan. Oleh karena itu, penting untuk selalu memeriksa kondisi kampas rem saat melakukan servis motor guna menjaga keamanan yang optimal.

Filter Udara

Fungsi filter udara sangat penting dalam menyaring udara sebelum masuk ke ruang pembakaran, mencegah masuknya kotoran yang dapat mengganggu sistem injeksi dan karburator.

Sebelum mekanik membuat keputusan apakah filter udara dapat dibersihkan atau harus diganti, pemeriksaan awal menjadi langkah yang wajib dilakukan. Dengan demikian, filter udara menjaga agar udara yang masuk ke mesin tetap bersih dan optimal untuk kinerja kendaraan.

Aki atau Accu

Tegangan pada aki secara ideal berkisar antara 12,3 hingga 12,6 Volt ketika mesin dalam keadaan mati. Namun, saat mesin dinyalakan, tegangan aki seharusnya berada di rentang antara 13,7 hingga 14,2 Volt. Jika tegangan aki tidak sesuai dengan ketentuan ini, kemungkinan ada masalah seperti kebocoran atau kondisi terminal yang berkarat. Dalam hal ini, mekanik harus melakukan pemeriksaan secara detail untuk menemukan sumber permasalahan.

Apabila kondisi aki tidak memenuhi standar yang ditentukan, sangat disarankan untuk segera menggantinya. Menggunakan aki yang tidak layak dapat mengakibatkan ketidaknyamanan saat menggunakan motor. Oleh karena itu, tindakan penggantian aki yang tepat dan cepat diperlukan agar kenyamanan berkendara tetap terjaga. Dengan demikian, kamu dapat memastikan pengoperasian motor dengan baik.

Ban

Pemeriksaan ban merupakan hal yang sangat penting dan tidak boleh diabaikan begitu saja. Bahkan, sebaiknya kamu memeriksa kondisi ban sebelum menggunakan motor agar tetap aman saat berkendara. Saat melakukan service motor, mekanik juga akan melakukan pemeriksaan ban.

Salah satu hal yang menjadi perhatian utama adalah tekanan udara di dalam ban. Tekanan udara yang tidak sesuai dapat mempengaruhi kinerja ban dan kestabilan kendaraan. Jika tekanan udara terlalu rendah, ban bisa kehilangan daya cengkeramnya dan memperbesar risiko kecelakaan. Sedangkan jika tekanan udara terlalu tinggi, ban menjadi kaku dan dapat mengurangi kemampuan pengereman serta kenyamanan berkendara.

Dengan melakukan pemeriksaan ban secara berkala dan menyeluruh, kamu dapat memastikan bahwa ban motor dalam kondisi prima. Hal ini tidak hanya meningkatkan keamanan berkendara, tetapi juga memberikan kenyamanan dan performa optimal saat di jalan.

Tune up Motor Rutin

Service motor tune up adalah merupakan servis motor rutin yang meliputi semua bagian utama pada sepeda motor. Terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan kinerja motor secara keseluruhan. Pemeriksaan pada saat servis motor biasanya fokus pada bagian berikut ini:
  • Tekanan ban
  • Kondisi lampu
  • Membersihkan karburator, saringan udara dan setting ulang karburator
  • Memeriksa tegangan rantai
  • Ujicoba pengereman
  • Klakson
 
Terkadang untuk menjaga kondisi motor saat tune up bisa disertai juga dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun tidak perlu khawatir karena mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kepadamu jika ada yang perlu diganti. jika kamu setuju, baru mekanik melakukan perbaikan dan pengantian.

Bengkel Servis Motor Terbaik

Untuk memperoleh pelayanan yang istimewa, kamu harus mencari bengkel servis motor yang unggul. Salah satu pilihan terpercaya adalah Planet Ban, tempat di mana kamu dapat merasakan layanan servis motor seolah-olah mesinnya baru. Tetapi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan servis motor rasa baru?

Servis motor rasa baru juga dikenal sebagai sistem servis terpadu. Tujuan dari jenis servis ini adalah untuk meningkatkan kinerja dan daya tahan motor dengan cara yang cepat dan hemat biaya. Pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru difokuskan pada bagian-bagian vital yang biasanya tersembunyi dan jarang mendapat servis, termasuk pengecekan dan penyetelan yang jarang dilakukan secara rutin.

Apa Keuntungan Melakukan Servis di Planet Ban?

Planet Ban menggunakan oli dan cairan khusus dengan teknologi tinggi yang dapat meningkatkan performa motor dan melindungi mesin. Secara otomatis, mesin motor menjadi lebih tahan lama dan jarang mengalami kerusakan.

Apabila dikombinasikan dengan penggunaan suku cadang asli, penggunaan motor menjadi lebih nyaman, awet, suhu mesin tetap rendah, dan akselerasi lebih ringan.

kamu hanya perlu mengganti oli setiap 5000 kilometer (sekitar 4-6 bulan sekali), sehingga tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis pun menjadi lebih hemat.

Dengan melakukan servis motor di Planet Ban, kamu juga ikut berkontribusi dalam menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor dapat dikurangi.

Servis Motor di Planet VS dengan di Tempat lain

Ketika kamu melakukan servis motor, seringkali masih terdapat kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang menempel di beberapa bagian mesin motor. Terkadang, bahkan kotoran dan debu dapat ditemukan di blok CVT, yang membuat motor terasa berat.

Namun, jika kamu melakukan servis motor secara rutin di Planet Ban, seluruh bagian atau komponen mesin akan dibersihkan hingga tampak seperti baru. Mulai dari kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, hingga throttle body, semuanya akan terbebas dari sisa pembakaran, debu, dan kotoran sehingga mesin terlihat segar seperti baru.

Ya, servis motor di Planet Ban memberikan efek layaknya memiliki mesin baru. Hasilnya, tarikan menjadi lebih ringan, emisi berkurang lebih dari 70%, konsumsi bahan bakar lebih hemat, dan mesin benar-benar bersih.

Harga untuk servis motor di Planet Ban sangat terjangkau. Hanya dengan Rp20.000,- untuk servis motor injeksi, Rp19.500,- untuk servis CVT dan rantai sekaligus, bahkan hanya Rp20.000,- untuk servis throttle body.

Sekarang, kamu sudah mengetahui manfaat dari pemeriksaan rutin dan bagian-bagian apa yang perlu mendapatkan servis. Sudahkah kamu mengingat kapan terakhir kali kamu melakukan servis motor? Jika perlu, ayo kunjungi Planet Ban sekarang juga dan nikmati layanan terbaik untuk mendapatkan sensasi servis motor seolah-olah memiliki mesin baru.
LihatTutupKomentar