Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Panduan Merawat Tanaman Hias di Rumah

Daftar isi
    5 Panduan Merawat Tanaman Hias di Rumah

    Andriberbudi.web.id - Menggunakan tanaman hias di dalam ruangan pastinya akan memberikan banyak keuntungan. Selain bisa mempercantik ruangan, tanaman hias ini juga memiliki sifat anti polutan. Sehingga bisa memperbaiki kualitas udara di dalam ruangan. Suasana yang rileks juga dapat tercipta berkat adanya udara segar yang dihasilkan oleh tanaman hias di dalam ruangan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat tanaman hias di rumah.

    Baca Juga: Cara Menata Ruang Tamu yang Mengesankan

    1. Jangan Sering Menyiram Tanaman

      Menyiram tanaman hias di dalam ruangan tak perlu dilakukan setiap hari. Apabila tanah masih lembap, maka tanaman tersebut masih dalam kondisi yang baik. Sebab, tanah yang terendam air bisa menyebabkan pembusukan pada akar.

      Selain frekuensi penyiraman, waktu menyiram tanaman juga harus Anda perhatikan. Pagi hari merupakan salah satu waktu yang tepat untuk menyiram tanaman hias yang diletakkan di dalam ruangan.

    2. Pastikan Memperoleh Pencahayaan yang Cukup

      Walaupun Anda memilih jenis tanaman hias yang bisa bertahan dalam kondisi yang minim matahari. Tanaman hias yang diletakkan di dalam ruangan juga bisa tetap memerlukan cahaya alami yang cukup. Jadi, Anda perlu memindahkan tanaman ke luar ruangan, minimal dua minggu sekali.

    3. Atur Suhu Udara di dalam Ruangan

      Tanaman hias di dalam ruangan sangat berisiko menderita kekeringan. Sebab penurunan suhu serta tingkat kelembapannya. Terlebih bila Anda menempatkannya di dalam ruangan yang ada ACnya. Oleh karena itu, Anda harus selalu memperhatikan suhu udara yang ada di dalam ruangan.

    4. Beri Tambahan Nutrisi dengan Memberikan Pupuk

      Berikutnya, tanaman hias di dalam ruangan harus diberi pupuk untuk meningkatkan nutrisinya. Salah satu nutrisi yang paling baik untuk tanaman hias adalah nitrogen yakni berguna untuk keseimbangan dan juga kalium yang berfungsi untuk kekuatan batangnya.

    5. Pangkas Tanaman Supaya Tampilannya Rapi

      Tanaman hias di dalam ruangan yang sudah tumbuh terlalu tinggi perlu dipangkas secara rutin. Sehingga tanaman tidak akan mengganggu pemandangan dan juga aktivitas dari pemilik rumah.

    Demikian penjelasan mengenai bagaimana panduan merawat tanaman hias di rumah yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat.

    Dapatkan informasi seputar tips rumah dan hunian terjangkau di cibubur hanya di https://asanaresidence.com/