Inovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Daftar Isi [Tampil]
Inovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik
 Inovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Inovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik - Sebelumnnya apakah Anda  mempunyai mata minus dan ingin penglihatan lebih baik tanpa operasi? Jika iya, sembuh maka teruskan membaca artikel ini.

Sebagai orang yang mempunyai mata minus saya sangat senang dengan hadirnya inovasi dari VIO Optical Clinic. Tidak hanya saya mungkin juga banyak orang yang mempunyai mata minus sangat senang, karena tidak dipungkiri menggunakan kaca mata terkadang menganggu aktivitas keseharian kita, khususnya yang aktif bergerak, seperti anak-anak atau olahragawan.

Apa Itu Mata Minus? Pengertian, Penyebab, dan Gejala

Mata minus adalah kondisi di mana penglihatan jarak jauh menjadi buram. Hal ini dapat terjadi pada siapa saja, dan bisa memengaruhi kegiatan kita sehari-hari. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang apa itu mata minus, penyebabnya, dan gejalanya.

Pengertian Mata Minus

Mata minus, atau yang disebut juga dengan miopi, adalah kondisi ketika seseorang memiliki kesulitan dalam melihat objek dari jarak jauh. Kondisi ini terjadi karena bola mata terlalu memanjang atau kornea terlalu melengkung. Akibatnya, cahaya yang masuk ke mata fokus di depan retina, sehingga bayangan dari objek yang dilihat menjadi buram.

Penyebab Mata Minus

Penyebab mata minus bisa beragam, namun umumnya terjadi ketika mata terlalu panjang atau kornea terlalu melengkung. Hal ini membuat cahaya yang masuk ke mata menjadi tidak fokus pada retina dan akhirnya menghasilkan gambar yang buram.

Selain faktor anatomi mata, faktor genetik juga memainkan peran penting dalam terjadinya mata minus. Jika orang tua memiliki mata minus, kemungkinan anaknya juga akan mengalami kondisi serupa. Kondisi lingkungan dan gaya hidup juga dapat mempengaruhi terjadinya mata minus. Misalnya, terlalu sering menggunakan ponsel atau perangkat elektronik dengan jarak yang dekat dan kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan risiko terkena mata minus.

Mata minus bisa dibebaskan dengan memakai kacamata, lensa kontak dan terapi dengan Metode Tanpa Operasi yaitu dengan cara membentuk ulang permukaan kornea menggunakan lensa kontak khusus ( Terapi Ortho K).

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan mata minus:

  1. Faktor Genetik
    Kondisi mata minus seringkali diturunkan dari orang tua ke anak. Jika orang tua Anda memiliki mata minus, maka kemungkinan besar Anda juga akan mengalaminya.
  2. Lingkungan
    Studi menunjukkan bahwa lingkungan dapat memengaruhi perkembangan mata minus. Terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk melihat layar hp, tv dan komputer atau membaca buku di jarak dekat dapat meningkatkan risiko terkena mata minus.
  3. Gaya Hidup
    Gaya hidup yang kurang sehat, seperti tidak cukup tidur atau kurang berolahraga, juga dapat meningkatkan risiko terkena mata minus.
  4. Faktor Usia
    Mata minus biasanya mulai terjadi pada masa kanak-kanak atau remaja, dan bisa memburuk seiring bertambahnya usia.

Gejala Mata Minus

Beberapa gejala atau ciri-ciri mata minus yang umum terjadi antara lain:

  • Kesulitan melihat objek dari jarak jauh
    Orang yang memiliki mata minus biasanya mengalami kesulitan melihat objek yang berada jauh dari mereka, seperti tanda-tanda jalan atau benda-benda yang jauh dari mereka berdiri.
  • Cepat lelah saat membaca atau menatap layar
    Orang yang memiliki mata minus seringkali merasa lelah atau sakit kepala saat melakukan aktivitas yang membutuhkan mereka untuk melihat dengan jelas seperti membaca atau menatap layar.
  • Mengalami pusing saat membaca
    Orang yang memiliki mata minus seringkali mengalami pusing saat membaca atau melihat objek yang berada jauh dari mereka.
  • Tidak Nyaman
    Terdapat ketidaknyamanan pada mata seperti perih, gatal, atau kering dan pandangan kabur atau buram.

Bagaimana Cara Mengobati Mata Minus?

Ada beberapa cara untuk mengobati mata minus, yaitu:

  • Kacamata atau Lensa Kontak
    Kacamata atau lensa kontak dapat membantu memperbaiki penglihatan dan mengurangi gejala mata minus.
  • Operasi Mata
    Jika kondisi mata minus sudah cukup parah, maka operasi mata mungkin menjadi pilihan untuk memperbaiki penglihatan.
  • Perubahan Gaya Hidup
    Mengubah gaya hidup, seperti mengurangi waktu yang dihabiskan untuk melihat layar atau buku di jarak dekat, bisa membantu mencegah memburuknya mata minus.
  • Terapi Mata Minus
    Terapi melalui Inovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik dapat membuat ukuran minus tidak terus bertambah melainkan dapat berkurang dan sangat efektif untuk anak-anak usia pertumbuhan atau yang sering beraktivitas aktif diluar ruangan.

Cara Mencegah Mata Minus

Inovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik
 Inovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Berikut ini beberapa tindakan yang dapat membantu mencegah mata minus adalah:

  1. Istirahat yang cukup untuk mata
    Melihat layar atau membaca buku dalam waktu yang lama dapat membuat mata lelah dan berkontribusi pada mata minus. Sebaiknya Anda istirahat sejenak setiap 20-30 menit dan mengalihkan pandangan ke objek yang jauh selama beberapa saat.
  2. Jaga jarak saat melihat layar
    Jarak pandang yang terlalu dekat saat melihat layar juga dapat menyebabkan mata minus. Jarak pandang ideal dari layar komputer atau smartphone adalah sekitar 50-60 cm dari mata.
  3. Menggunakan pencahayaan yang tepat
    Ketika membaca atau menulis, pastikan ruangan memiliki pencahayaan yang cukup dan tidak terlalu terang atau terlalu redup.
  4. Kurangi waktu menggunakan layar
    Terlalu sering menggunakan gadget atau layar bisa memperburuk mata minus. Sebaiknya batasi waktu penggunaan layar dan luangkan waktu untuk kegiatan fisik atau outdoor.
  5. Periksakan mata secara rutin
    Periksakan mata secara teratur, terutama jika ada riwayat keluarga yang memiliki masalah penglihatan. Dokter mata dapat mendeteksi dan mengobati masalah penglihatan pada tahap awal sebelum semakin buruk.
  6. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung nutrisi untuk mata
    Nutrisi seperti vitamin A, E, C, zinc, dan lutein dapat membantu menjaga kesehatan mata. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung nutrisi tersebut seperti wortel, bayam, kacang-kacangan, dan ikan.
  7. Gunakan kacamata atau lensa yang sesuai
    Jika Anda sudah memiliki mata minus, menggunakan kacamata atau lensa kontak yang sesuai dapat membantu mencegah kemerosotan kondisi mata minus Anda. Pastikan memilih kacamata atau lensa kontak yang tepat dan memakainya secara teratur.

Cara Mengobati Mata Minus Tanpa Operasi

Mata minus memang sangat menganggu aktivitas keseharian kita, menggunakan kaca mata ataupun lensa dapat membantu kita untuk melihat lebih baik namun terkadang membuat kita tidak bisa bergerak bebas dan lepas. Oleh karena itu alternatif yang dapat Anda coba adalah terapi mata minus (Terapi Ortho K).

Sejarah Ortho-K

Ortho-K atau Orthokeratology merupakan suatu metode terapi mata minus yang sedang populer saat ini. Metode ini memanfaatkan lensa khusus yang dipakai pada waktu tidur untuk membentuk kornea mata, sehingga membuat penglihatan lebih baik saat lensa tersebut dilepas di pagi hari. Ortho-K biasanya digunakan untuk kondisi penglihatan yang dapat diobati dengan terapi Ortho-Ky, seperti miopi (rabun jauh), hiperopi (rabun dekat), dan silinder.

Ortho-K pertama kali diperkenalkan pada tahun 1962, dan awalnya disebut sebagai corneal reshaping contact lenses. Metode ini kemudian dikenal sebagai Orthokeratology pada tahun 1980-an. Ortho-K biasanya dilakukan pada anak-anak atau orang dewasa yang masih aktif dalam olahraga atau kegiatan luar ruangan yang memerlukan penglihatan yang baik.

Manfaat terapi Ortho-K

Terapi Ortho-K atau Orthokeratology adalah prosedur memperbaiki penglihatan tanpa operasi yang melibatkan penggunaan lensa kontak khusus yang dirancang untuk mengubah bentuk kornea mata, sehingga Anda dapat melihat dengan jelas tanpa memakai kacamata atau lensa kontak selama beberapa waktu.

Beberapa Manfaat dari Terapi Ortho-K:

Mengurangi ketergantungan pada kacamata atau lensa kontak
Terapi Ortho-K memungkinkan Anda untuk melihat dengan jelas tanpa memakai kacamata atau lensa kontak. Ini sangat berguna bagi orang-orang yang merasa terganggu atau tidak nyaman dengan kacamata atau lensa kontak.

  1. Menjaga kesehatan mata
    Menggunakan kacamata atau lensa kontak terus-menerus dapat menyebabkan iritasi, infeksi, atau bahkan kerusakan pada mata. Terapi Ortho-K dapat membantu mengurangi risiko ini dan menjaga kesehatan mata Anda.
  2. Cocok untuk aktivitas olahraga
    Terapi Ortho-K sangat cocok untuk orang-orang yang aktif berolahraga seperti berenang atau bermain sepak bola, di mana kacamata atau lensa kontak dapat menjadi penghalang.
  3. Mencegah kemerosotan penglihatan
    Terapi Ortho-K dapat membantu mencegah kemerosotan penglihatan yang disebabkan oleh miopia, karena membantu mengontrol pertumbuhan kornea dan menjaga bentuk mata tetap stabil.

Cara menentukan apakah terapi Ortho-K tepat untuk Anda adalah konsultasi dengan VIO Optical Clinic.

Inovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Ortho-K di Indonesia

VIO Optical Clinic adalah salah satu layanan yang menyediakan Ortho-K dan merupakan Eyecare Professional terpercaya yang siap membantu meningkatkan kualitas penglihatan Anda dan keluarga menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy karena ada Inovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik.

Layanan VIO Optical Clinic

 Layanan VIO Optical Clinic - Inovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik


Kenapa Harus ke VIO Optical Clinic untuk Mata Minus?

Mungkin Anda bertanya-tanya kenapa harus memilih VIO Optical Clinic untuk terapi mata minus, ya karena disana pemeriksaannya lengkap, staffnya profesional, alat yang digunakan pun sudah canggih dan super lengkap dan yang paling penting biayanya terjangkau.

Kenapa Harus ke VIO Optical Clinic untuk Mata Minus?


Alamat VIO Optical Clinic

 Apabila Anda ingin datang ke VIO Optical Clinic dapat mengunjungi alamat dibawah ini

VIO Harapan Indah Bekasi

 Alamat

Ruko Asia Tropis AT 16 No. 51 Harapan Indah Bekasi Barat

Jadwal Dokter

Andri Agus Syah, OD. FPCO. FAAO
(Optometry Doctor)
  • Senin & Jumat : 10.00 – 15.00
  • Sabtu : 10.00 – 16.00
dr. Humairah Vega Casalita, Sp.M
(Ophtalmologist)
  • Rabu : 11.00 – 16.00
dr. Vincent, Sp.M
(Ophtalmologist)
  • Minggu : 10.00 – 15.00

VIO Grand Galaxy City Bekasi

 
Alamat:
Ruko Grand Galaxy Blok RGB No. 91 Jaka Setia Bekasi Selatan
 
Jadwal
dr. Weni Puspitasari, Sp.M
(Ophtalmologist)
  • Rabu & Jumat : 16.00 – 19.00
  • Sabtu : 09.00 – 14.00

3. VIO Greenlake City Tangerang

Alamat:
Rukan Crown Blok F No.1 Cipondoh Kota Tangerang
 
Jadwal:
Andri Agus Syah, OD. FPCO. FAAO
(Optometry Doctor)
  • Minggu : 10.00 – 15.00

Demikian informasi yang dapat Andriberbudi berikan terkait dengan Inovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik. Semoga informasi ini dapat membantu mengobati mata minus Anda. Salam sehat.

Inovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik
LihatTutupKomentar