Cara Screenshot di Komputer dengan Mudah

Daftar Isi [Tampil]

 Cara Screenshot di Komputer dengan Mudah

Andriberbudi.web.id - Screenshot atau tangkapan layar adalah bagian penting dari alur kerja setiap pengguna komputer. Screenshot dapat digunakan untuk merekam momen tertentu dalam waktu tertentu, atau dapat digunakan sebagai cara untuk memamerkan kerja keras dan kemajuan Anda.

Screenshot terletak di Windows 10, 8.1 dan versi sebelumnya secara default, tetapi banyak pengguna mungkin tidak tahu cara kerjanya atau di mana tepatnya alat itu berada di mesin mereka. Dalam artikel ini kita akan membahas semua langkah yang diperlukan untuk mengambil tangkapan layar menggunakan perangkat yang bermacam-macam, seperti

Komputer Laptop (Windows 10)
Tablet (perangkat iOS)
Smartphone (Android)

Dan akhirnya saya akan memberi tahu Anda cara screenshot ini secara online melalui blog ini sehingga semua orang akan mengetahui juga caranya

Cara Screenshot di Komputer atau Laptop

 
Cara Screenshot di Komputer atau Laptop

  1. Nyalakan komputer atau laptop yang Anda gunakan
  2. Buka program atau objeck yang akan di screenshot
  3. Tekan tombol windows + print screen lalu tempelkan screenshot ke dalam paint 4. Simpan sebagai file gambar.

Cara Screenshot pada Windows 10

Cara Screenshot pada Windows 10

Untuk screenshot pada Windows 10, Anda dapat menggunakan Snipping Tool. Pertama, tekan tombol Windows + PrtScn untuk membuka alat tangkapan layar. Selanjutnya, klik panah di sebelah New dan pilih Rectangular Snip. Kemudian klik dan seret melintasi area yang ingin Anda tangkap dengan kursor mouse Anda sampai terkunci pada tempatnya.

Untuk mengambil screenshot pada Windows 10 juga dapat dilakukan dengan tekan Win + PrtScn bersamaan dengan menekan tombol EJECT jika perangkat Anda memiliki tombol eject atau gunakan item menu pintasan keyboard Surface "Settings > Eject Device" > Pilih apakah Anda ingin menyimpan gambar dalam memori dengan mengklik opsi Yes/No di bawahnya; lalu pilih tempat Anda ingin menyimpannya dengan mengklik tombol Save As di bawahnya; terakhir klik OK setelah selesai mengunggah gambar/video ke layanan OneDrive.

Cara Screenshot pada Windows 8.1, 7 atau yang lebih lama


Untuk mengambil screenshot pada Windows 8.1, 7 atau yang lebih lama, tekan PrtScn + S untuk mengambil screenshot. Untuk mengambil screenshot pada Windows 7, tahan Ctrl + Shift + S selama sekitar dua detik dan lepaskan ketika Anda mendengar "snipping tool" (ini mungkin tidak berfungsi dengan semua versi Windows).


Cara Screenshot pada Laptop Mac dan Komputer Desktop


Tekan Command dan Shift bersama-sama untuk mengambil tangkapan layar.
Tekan Command dan 4 bersamaan untuk mengambil tangkapan layar dari seluruh layar Anda. Kemudian tekan Spacebar setelah Anda memilih area yang ingin Anda tangkap, atau klik dengan mouse jika memungkinkan.

Cara Screenshot di Smartphone atau Tablet (iOS):


Tekan dan tahan tombol home, tombol tidur/ bangun secara bersamaan selama sekitar 2 detik. Layar akan berkedip putih dan tangkapan layar Anda akan disimpan ke rol kamera Anda.

Cara Screenshot di iPhone atau iPad (perangkat iOS)


Tekan tombol home dan tombol sleep/wake secara bersamaan. Layar akan berkedip dan Anda akan mendengar suara rana kamera.

Tangkapan layar disimpan ke album foto Anda pada perangkat iOS, sehingga dapat dilihat nanti dengan masuk ke album itu di aplikasi Foto atau Pengaturan, mengetuk Tangkapan Layar, lalu memilih tangkapan layar mana yang ingin Anda lihat. Screenshot juga akan muncul di Camera Roll jika diambil saat menggunakan salah satu kamera Apple (iPhone 5s/6/Plus).


Cara Screenshot pada perangkat Android


Tekan dan tahan tombol daya dan tombol volume bawah secara bersamaan. Ini akan memicu tangkapan layar, yang akan disimpan ke galeri ponsel Anda. Anda juga dapat menekan tombol-tombol ini secara berurutan untuk membuat lebih banyak tangkapan layar. Layar berkedip ketika mengambil screenshot, tetapi tidak langsung berkedip setelah Anda mengambilnya; ini memberi Anda waktu jika seseorang berjalan ke arah pandangan saat mereka menyimpan gambar itu.

Jika Anda tidak ingin semua foto terbaru Anda disimpan dalam format aslinya (seperti JPG), maka, silakan dan atur album tempat foto-foto itu akan disimpan sebagai gantinya dengan cara ini, hanya foto-foto itu yang akan muncul di sana setelah dimuat ke perangkat lain di kemudian hari.

Begitulah cara screenshot komputer, mac, ponsel android, ios dan perangkat lainnya.

Screenshot adalah salah satu hal paling berguna yang bisa Anda lakukan dengan komputer Anda. Ini juga cukup sederhana, dan ada beberapa cara berbeda untuk screenshot pada perangkat yang berbeda.

Dalam artikel ini kita sudah membahas cara mengambil screenshot di Windows 10, Mac OS X dan ponsel/tablet Android.

Kesimpulan


Metode di atas untuk mengambil Screenshot pada komputer atau laptop berfungsi untuk menyalin layar dan dibagikan ke orang lain. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang prosesnya atau membutuhkan bantuan dengan hal lain, silakan hubungi kami. Kami selalu senang menjawab pertanyaan Anda dan membantu masalah apa pun yang mungkin Anda alami.

LihatTutupKomentar