Perpanjangan SIM Online Yogyakarta

Daftar Isi [Tampil]

Perpanjangan SIM Online Yogyakarta
Perpanjangan SIM Online Yogyakarta

Andriberbudi.web.id - Perpanjangan SIM saat ini sudah tidak perlu datang ke Polres atau Polresta karena sudah bisa dilakukan secara online. Ini sangat mempermudah sekali karena dapat dilakukan kapan saja, misalnya pelajar, mahasiswa atau karyawan tidak perlu ijin untuk memperpanjang SIM atau mencari SIM keliling, cukup menggunakan aplikasi semuanya beres.

Perpanjangan SIM secara online dapat dilakukan 90 hari sebelum masa aktif habis, sementara punya saya dua minggu sebelum habis baru melakukan perpanjangan dan tidak sampai satu minggu SIM barunya sudah sampai.

Alur Perpanjangan SIM Nasional Online

  • Registrasi Identias. Ini mengisi data seperti golongan SIM, nomor SIM dan unggah dokumen.
  • Kelengkapan Persyaratan. Cek kesehatan secara online dan Tes psikologi (Bayar Rp37.500 Via BNI)
  • Lokasi SATPAS.
  • Rekening Pengembalian.
  • Pengiriman / Pengambilan.
  • Konfirmasi Data

Syarat Perpanjangan SIM Online

Untuk perpanjangan SIM secara Online ada beberapa syarat yang perlu disiapkan, antara lain:

  • Foto E-KTP
  • Foto SIM Lama
  • Pas foto. Foto Anda dengan background biru, dengan resolusi 480x640. Jika belum punya dapat foto, Anda dapat menggunakan foto yang sudah ada di galeri handphone Anda cukup diganti backgroundnya menjadi biru, caranya klik disini
  • Foto tanda tangan di atas kertas putih polos, bisa menggunakan kertas HVS.

Tata Cara Perpanjangan SIM Online di Yogyakarta

  1. Silahkan download aplikasi Digital Korlantas POLRI atau klik disini
  2. Lalu lakukan registrasi di aplikasi dengan mengisi no handphone, tunggu kode OTP via SMS
  3. Masukkan kode OTP
  4. Silahkan buat PIN dan konfirmasi PIN
  5. Selanjutnya lengkapi profil di bagian menu profil dengan mengisi no NIK, Nama, serta email
  6. Anda akan menerima email untuk mengaktifkan akun.
  7. Lakukan verifikasi E-KTP dengan melakukan swafoto
  8. Lalu akukan permohonan perpanjangan SIM dengan klik Menu SIM dan pilih Perpanjangan SIM, ada syarat yang harus Anda siapkan, silahkan disiapkan dahulu, jika sudah siap silahkan klik lanjutkan, termasuk tes kesehatan.
  9. Lakukan tes rikkes jasmani di erikkes.id dan tes psikologi di app.eppsi.id. Anda dapat membuka website tersebut di browser ponsel Anda nanti akan otomatis terdownload dan silahkan tes kesehatan dahulu cukup menjawab pertanyaan yang diberikan, jika sudah nanti otomatis di aplikasi Korlantas POLRI akan tercentang, begitu juga untuk tes psikologinya, sebelum melakukan tes Anda harus membayar dahulu sebesar Rp 37.500 untuk dapat mengakses soalnya. Oya soalnya ada sekitar 400an dan ada waktunya, jadi saya sarankan untuk tes psikologi ini di waktu luang.
  10. Jika sudah melakukan tes kesehatan nanti setelah unggah dokumen maka otomatis bagian persyaratan otomatis tercentang
  11. Lanjutkan dan Pilih SATPAS penerbit. Karena lokasi saya di Bantul, Yogyakarta, saya pilih yang Satpas Polres Kota Yogyakarta.
  12. Silahkan isi nomor rekening Anda untuk pengembalian dana jika misalnya Anda tidak lolos
  13. Pilih metode pengiriman / metode pengambilan.Jika Anda memilih metode pengiriman POS Indonesia, masukkan Anda sebagai penerima dengan benar.
  14. Konfirmasi Data, silahkan cek lagi data Anda dan lakukan pembayaran sesuai yang tertera.
  15. Setelah melakukan pembayaran tinggal menunggu prosesnya dan dapat dilihat di menu transaksi.

    Proses perpanjangan SIM kurang lebih 3-5 hari kerja, itu juga tergantung antrian yang tersedia. Punya saya mulai hari minggu untuk prosesnya dan pembayaran, selasa dikonfirmasi, rabu dikirim dan jumat sampai rumah.

Demikian informasi dan cara melakukan perpanjang SIM secara online di Yogyakarta. Jika artikel ini bermanfaat silahkan bagikan dan ceritakan pengalaman Anda di kolom komentar.

LihatTutupKomentar