Ini Manfaat Penting dan Efek Samping Vaksinasi COVID 19 - Ayo Vaksin

Manfaat Penting dan Efek Samping Vaksinasi COVID 19 - #PakaiMasker
Manfaat Penting dan Efek Samping Vaksinasi COVID-19

Vaksinasi Mencegah COVID 19 - Beberapa minggu yang lalu saya sudah melakukan vaksinasi bersama teman-teman kerja, vaksinasi ini dari kantor bekerjasama dengan Klinik Pratama Kartika 0732 Sleman. Tak hanya kantor saya ada beberapa PT juga yang juga ikut vaksinasi dan kebetulan untuk lokasi vaksinasinya berada di salah satu PT yang ikut tersebut, dan saya bersama teman-teman mendatangi lokasi tersebut yang berjarak kurang lebih 15 km dan kami naik motor boncengan dan tidak lupa memakai masker.

Sebelum lanjut ceritanya saya akan menjelaskan sedikit tentang vaksin, semoga bermanfaat buat teman-teman.

Manfaat Vaksin

Vaksinasi memberi manfaat terhadap tubuh agar melindungi kita dari virus COVID-19. Jadi setelah di vaksin tubuh kita akan respons imun terhadap virus SARS-Cov-2. Berfungsi mengembangkan kekebalan dan pengurangan risiko mengembangkan penyakit. Kekebalan ini membantu kita melawan virus jika terpapar. Sederhananya sih sebagai tameng atau perlindungan kita di depan.

Selain itu vaksinasi juga dapat melindungi keluarga, tetangga atau teman-teman dekat kita, karena jika  terlindungi dari infeksi dan penyakit, kita cenderung tidak akan menulari orang lain, seperti yang di jelaskan oleh mas tentara saat memberikan kartu sertifikat vaksinasi.

Cara Mendaftarkan Diri untuk Vaksinasi

Vaksinasi yang saya lakukan adalah dari tempat kerja sehingga proses pendaftaran vaksinasi pun pihak kantorlah yang mendaftarkan. Namun jika kamu atau dilingkunganmu belum ada informasi vaksinasi silahkan tanyakan ke RT kamu, karena di tempat tinggal saya di Bantul di umumkan buat yang mau ikut vaksin menyerahkan fotocopy KTP ke RT agar nanti di data dan akan divaksinasi oleh puskesmas setempat.

Selain itu untuk pendaftaran vaksinasi juga bisa melalui situs peduli lindungi. Di sana kamu bisa cek dimana fasilitas kesehatan yang melayani vaksinasi COVID-19. Silahkan kunjungi Pendaftaran Vaksinasi isikan data diri dengan lengkap ya.

Efek Samping Setelah Vaksinasi

Efek samping vaksinasi setiap orang berbeda-beda, bahkan beberapa orang ada yang tidak mau ikut vaksin karena efek samping yang dia ketahui dari orang lain. Dasar sebagian orang masih percaya "JARENE". Efek samping yang saya rasakan sendiri hanya pegel atau nyeri dibagian bekas suntikan saja. Namun beberapa teman efek sampingnya berbeda, pada umumnya efek samping setelah di vaksinasi sebagai berikut:

  1. Demam/panas dingin
  2. Badan lemes
  3. Mual 
  4. Otot nyeri
  5. Diare

Percayalah efek samping vaksinasi tidak semenakutkan itu kok. Bahkan mbah kaum atau pak kyai desa yang biasanya membacakan doa-doa saat genduri dan acara-acara di desa lainnya  efek samping setelah vaksinasi beliau makannya makin lahap, itu pak RT yang menyampaikan saat sosialisasi PPKM, yang salah satu isinya jika ingin mengurus sesuatu ke instansi pemerintahan harus sudah punya sertifikat/kartu vaksinasi, jika tidak punya ya kita tidak akan dilayani. Berat ya, hehehe tapi demi kebaikan dan kesehatan bersama.

Cara Mendapatkan atau Cetak Kartu Vaksinasi

Jika kamu sudah melakukan vaksinasi akan diberikan kartu vaksinasi sebagai bukti dan bermanfaat jika misalnya ingin melakukan perjalanan menggunakan kereta api, keperluan di instansi pemerintah dan lain sebagainya. Nah  misalnya kartu kamu hilang atau rusak bisa mencetak lagi untuk caranya sebagai berikut:

  1. Kunjungi pedulilindungi.id
  2. Kemudian pilih login/registrasiCara Mendapatkan atau Cetak Kartu Vaksinasi

  3. Masukkan nomor handphone yang sudah kamu daftarkan untuk mendapatkan kode OTPCara Mendapatkan atau Cetak Kartu Vaksinasi
  4. Masuk ke bagian kanan dashboard akun kamu
  5. Pilih sertifikat vaksin
    Cara Mendapatkan atau Cetak Kartu Vaksinasi
  6. Klik nama kamu dan akan muncul sertifikat vaksin yang bisa di unduh, milik saya memang yang kedua belum ada karena belum vaksinasi tahap dua.

Cara Mendapatkan atau Cetak Kartu Vaksinasi


Melanjutkan cerita soal vaksinasi tadi, karena lokasi vaksinasi jauh dan saya belum pernah ke daerah tersebut, berbekal google maps, dan koneksi internet yang bagus kami pun berangkat.

Menuju Lokasi Vaksinasi dengan Jaringan dan Kuota Tergokil

Gokil sih menuju lokasi tapi belum tahu jalannya, cuma diberi maps oleh atasanku, tapi karena saya menggunakan smartfren untuk akses internetnya jadi tidak ada kendala sama sekali menelusuri jalanan yang aku tempuh. Apa lagi saat ini smartfren punya kartu perdana terbaru yang diberi nama Gokil Max dan yang paling seru ada kuota lokal yang cukup besar lho.

Tipe Kartu Perdana Gokil Max

Saat ini ada tiga tipe kartu perdana Gokil Max yang bisa kamu miliki.

    3 GB Kuota Nasional
    6 GB Kuota Lokal
    30 GB +Extra Kuota (01.00 – 05.00 WIB)
    Berlaku 30 hari
    Harga Rp 30.000
    7 GB Kuota Nasional
    14 GB Kuota Lokal
    50 GB +Extra Kuota (01.00 – 05.00 WIB)
    Berlaku 30 hari
    Harga Rp 50.000
    12 GB Kuota Nasional
    24 GB Kuota Lokal
    70 GB +Extra Kuota (01.00 – 05.00 WIB)
    Berlaku 30 hari
    Harga Rp 70.000

Paket data ataupun voucher data Gokil Max sama ya harga, kuota lokal, kuota nasional dan juga extra kuota.

Yang menarik: Lembah Sorory Tempat WIsata Baru di Imogiri Bantul

Setelah sukses di periode pertama kali ini smartfren mencoba melakukan hal yang sama namun hadiahnya lebih banyak dari Rejeki WOW Treasure Hunt periode pertama, sehingga kesempatan kamu semakin besar dan hadiah-hadiah menariknya bisa milikmu. Ada motor, sepeda, TV, Laptop, Smartphone dan masih banyak lagi, hadiah utamanya mobil. Hanya dengan mengikuti program ini mimpimu bisa menjadi kenyataan.

Cara Mendapatkan Kuota Gratis

Selain program hang WOW banget smartfren juga memberi kamu kuota gratis sebesar 5 GB, caranya cukup sederhana kamu hanya download aplikasi smartfren. Kurang seru apa coba.

setelah sampai lokasi kita satu persatu mengisi formulir dan cek mulai dari tensi sampai ditanya satu persau untuk mendeteksi apakah bisa di vaksin atau tidak. Ada beberapa orang yang tidak boleh di vaksin.

Daftar Orang yang Tidak Boleh di Vaksin

Ada beberapa orang yang memang tidak diperbolehkan untuk di vaksin, antara lain sebagai berikut:

  1. Orang yang Positif COVID-19
  2. Ibu Menyusui
  3. Penyintas atau orang yang selamat dan bisa bertahan hidup dari bencana Covid-19 yang belum ada tiga bulan pulihnya, selengkapnya dapat dilihat pada situs Jakarta tanggap COVID-19 
  4. Tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg

Setelah melewati pengecekan kesehatan, selanjutnya saya menunggu giliran untuk di suntikan. Ketika giliran saya dipanggil saya maju dan duduk di depan bapak yang akan menyuntik menggunakan pakaian ke lengkap dan berkata "Mas dilemeske wae" dan makjus jarum itu masuk lengan tangan kiri. Tak ada rasa sakit sama sekali, entah jarumnya atau kelihaian si bapaknya yang menyuntik.

Setelah selesai saya pindah tempat pembagian kartu sertifikat vaksinasi sebagai tanda saya sudah melakukan vaksinasi tahap pertama. 

Demikian cerita saya tentang Pengalaman vaksinasi COVID-19. Buat kamu yang mau berbagi pengalaman bisa tulis dikomentar ya. 

Next Post Previous Post
2 Comments
  • Faisal ramdani
    Faisal ramdani 21 Juli 2021 17.17

    Infonya sangat bermanfaat, tks gan

    • Andri Berbudi
      Andri Berbudi 23 Juli 2021 10.18

      Sama-sama, sudah ikut vaksin gan? :)

Add Comment
comment url