Inilah 13 Peluang Usaha Online di Tahun 2021 yang Paling Mudah

13 Peluang Usaha Online di Tahun 2021
 Peluang Usaha Online Paling Mudah

Peluang Usaha Online di Tahun 2021 ini semakin mudah dan akan terus berkembang yang dibarengi oleh perkembangan teknologi yang cukup pesat. Yang menjadi pertanyaan saat ini apakah kita bisa mengikuti atau bergabung dalam peluang usaha online yang tidak sedikit anak muda ada didalamnya. Jawabnnya tentu bisa karena yang akan saya bahas ini tidak ada usia, jenis kelamin atau apapun itu, semua bisa asalkan kita mau serius dalam melakoninya serta tidak mudah putus asa dalam mengembangkannya.

Peluang Usaha Online di Tahun 2021 ini sebenarnya ada kaitannya dengan tulisanku sebelumnya yang membahas tentang "Menghasilkan Pendapatan Dengan Memanfaatkan Internet di Masa COVID-19" namun disini saya akan lebih luas lagi untuk menjelaskannya. Usaha online sendiri yang bisa kita lakukan cukup banyak.

Daftar Peluang Usaha Online 2021 Untuk Pemula

  1. Membuka Usaha Kursus Online atau Bimbingan Belajar

    Kursus Online menjadi salah satu usaha yang banyak dicari. Disaat pandemi COVID 19 seperti sekarang ini orang tua lebih merasa aman ketika anak-anaknya bisa belajar dari rumah, apalagi saat ini untuk berkomunikasi untuk kursus online bisa menggunakan Zoom.

    Apa yang harus disiapkan untuk membuka kursus online? Yang paling utama adalah kemampuanmu dalam menguasai materi, peralatan dan koneksi internet harus bagus. Agar usaha kursus online bisa berjalan tentu harus melakukan promosi yang bisa dilakukan via sosial media maupun untuk lebih bagusnya bisa dibarengi dengan membuat website yang berisi profil kamu, testimoni lalu juga bisa didalam webiste membuat paket kursusnya seperti apa, sertakan juga biaya kursusnya.

  2. Menjual Produk atau Jasa Melalui Pasar Online

    Sebelum lebih jauh kita bahas mengenai Peluang Usaha Online, saya akan menginformasikan grafik dibawah ini agar kamu bisa mempunyai sedikit pandangan tentang Usaha melalui online.
    Inilah Peluang Usaha Online di Tahun 2021 yang Paling Mudah
    Peluang Usaha Online Berupa Barang dan Jasa

    Dari grafik diatas kamu sudah mempunyai setidaknya gambaran mau terjun ke Usaha Online apa yang kira-kira bisa ditekuni. Tapi sebenarnya semua produk atau barang laku dijual di pasar online.

    Peluang jualan online

    Karet gelang yang biasa kita buang, bahkan yang mungkin sebelumnya kita anggap tidak laku dijual tapi seperti gambar diatas, laku terjual 5.700 kali.

    Berjualan secara online baik itu produk atau jasa di pasar online saat ini mulai berkembang, bukan saat ini namun sudah beberapa tahun kemarin mulai diminati, dan semakin ramai saat pandemi seperti sekarang ini.

    Untuk jualan online seperti di Shopee, Lazada, Tokopedia dan yang lainnya jika kamu mengikuti trend maka jualanmu hanya pada musim-musim tertentu saja ramainya, kalau kamu mencari peluang yang banyak dicari orang bisa mengikuti grafik namun harus siap karena bermain di zona itu berarti harus siap bersaing. Sedangkan jika kamu bermain di barang yang mahal biasanya tidak seramai makanan tapi bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

    Kelemahan dari jualan di pasar online adalah kita tidak bisa membranding produk kita sendiri karena sepenuhnya kita hanya numpang jualan, selain itu juga kita tidak mempunyai wewenang akses lebih jauh untuk merubah tampilan sesuai dengan keinginan kita.

  3. Membuat Blog

    Mencari uang melalui blog apakah masih bisa? Tentu. Buktinya masih banyak blog-blog yang kita temui. Menurut saya membuat blog itu hobi, hobi yang bisa menghasilkan. Yang pertama harus dimiliki adalah kemauan untuk menulis atau jika malas menulis bisa menggunakan jasa penulis. Langkah pertama sudah bisa dilewati sekarang saatnya membeli hosting dan domain di Exabytes Indonesia, kenapa harus di Exabytes? karena disana CS-nya 24 jam dan 7 hari, kemudian yang paling menarik ada garansi uang kembali jika 100 hari pertama kita tidak puas.

    Jika bingung memilih hosting yang mau dibeli, Exabytes mempermudah dengan memberikan pilihan hosting berdasarkan jumlah pengunjung, jadi kita bisa memperkirakannya. Saya menyarankan jika memang masih mulai membuat blog bisa memilih paket hosting yang termurah dahulu, nanti jika blog yang kamu bikin sudah berkembang dan banyak pengunjungnya, agar website tetap lancar saat diakses bisa diupgrade paketnya ke yang lebih tinggi.



    Persiapan Membuat Blog

    Mempersiapkan blognya itu sangat penting, ini beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk membangun sebuah blog.

    • Tema atau template: Menentukan template itu penting juga, karena saat ini untuk memilih template usahakan yang simpel, navigasi bagus, responsive dan fast loading.
    • Kata kunci atau niche: Selanjutnya kamu bisa riset kata kunci, jika bingung mau membuat blog tentang apa, mulai saja dari hobi kamu, misalnya sepakbola, bisa membahas tentang sepakbola, mulai dari taktik, formasi, dan lain sebagainya. Jika suka memasak bisa juga menulis resep-resep masakan atau makanan.
    • Menulislah: Saat sudah yakin dengan pilihanmu silahkan mulai menulis tanpa copas dari tulisan orang lain dan terbitkan ke blog. Setiap selesai posting bisa share di facebook, twitter, pinterest dan sosial media lainnya, tujuannya untuk mendapatkan pengunjung gratis tanpa perlu optimasi.

    Jika blog sudah ada pengunjungnya bisa di daftarkan adsense tujuannya ya biar dapat duit, hehe.

  4. Jasa Menulis Artikel

    Jasa menulis artikel menjadi peluang usaha online selanjutnya, dengan membuka Jasa Menulis ini lumayan juga hasilnya, rata-rata untuk artikel bahasa indonesia 300 sampai 500 kata biayanya Rp 13.000 hingga Rp 15.000 sedangkan bahasa inggris dengan jumlah kata yang sama bisa lebih tinggi harganya yaitu antara Rp 17.000 sampai Rp 25.000. Jika berminat pastikan kamu bisa menulis yang baik dan benar, juga tidak ada salahnya Membuat Website sebagai sarana mempromosikan jasa menulis artikel. Di website kamu bisa menulis siapa kamu, biaya yang kamu tawarkan serta yang tidak kalah penting adalah testimoni.

  5. Dropshipper

    Dropshop juga ikut dalam bagian peluang usaha online di tahun 2021 yang bisa dijalankan oleh siapapun. Disini kamu tidak perlu memiliki barang untuk dijual karena disini kami sebagai dropshipper hanya bertugas meneruskan pesanan ke pemilik barang dan disinilah kamu bisa mengambil keuntungan dan penjual yang akan mengirimkan barangnya ke pembeli anda dan atas nama anda.


  6. Reseller

    Reseller juga ramai sebagai peluang usaha di tahun 2021. Berbeda dengan dropship, reseller harus menyediakan barang dahulu dari supplier yang nanti baru dijual kembali, keuntungan reseller adalah kita bisa tahu kualitas barang dan bisa mendapatkan penghasilan lebih besar dengan cara pengemasan yang lebih menarik dan biasanya juga akan mendapatkan potongan harga dari supplier. Reseller tidak terbatas pada barang dan jasa saja, saat ini juga ada Reseller Hosting terbaik di Indonesia.

  7. Program Afiliasi

    Afiliasi juga termasuk dalam peluang usaha online di tahun 2021 yang murah bahkan tanpa modal. Kamu hanya perlu menjualkan produk atau layanan yang disediakan oleh perusahaan yang nantinya setiap penjualan kamu akan mendapatkan komisi beberapa persen dari yang dijual. Jika masih bingung ingin berafiliasi apa, bisa coba Program Afiliasi Terbaik yang syaratnya nggak ribet.

  8. Desain Grafis

    Desain grafis juga masih memiliki peluang usaha online di tahun 2021 ini, kamu bisa mulai dari lomba desain, ikut kontes desain atau bisa juga ikut mempromosikan hasil karya yang kamu buat di situs-situs freelance seperti fiverr.

  9. Jasa Pembuatan Website

    Jasa pembuatan website juga turut serta dalam peluang usaha online yang semakin ramai diminati karena sebenarnya membuat website sudah banyak tutorialnya. Tapi kenapa Jasa ini masih ramai dan laku? Karena di Indonesia semakin banyak orang yang melek terhadap perkembangan teknologi informasi berbasis website. Mulai dari UMKM sampai usaha atau perusahaan berskala nasional. Kenapa perlu website? Tentu agar mudah dikenal dan mempunyai rekam jejak yang bisa diakses dari berbagai tempat.

    Jasa pembuatan website di tahun 2021 masih akan tetap ramai karena saat ini juga masih dalam masa pandemi sehingga banyak orang yang lebih suka mengakses internet dari pada harus keluar rumah.

  10. Penerjemah

    Jika kamu mempunyai kemampuan berbahasa asing, tidak ada salahnya mencoba usaha online dengan mempromosikan diri sebagai penerjemah. Dengan kemampuan yang kita miliki tidak akan sulit untuk mendapatkan pundi-pundi cuan dari online.

  11. Influencer Instagram

    Buat kami yang punya follower ribuan atau jutaan tidak ada salahnya memanfaatkan instagram kamu untuk mendapatkan penghasilan. Semakin banyak follower semakin banyak pula kesempatan pendapatan yang bisa kamu dapatkan, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah dengan memasarkan produk atau jasa.

  12. Fotografer Pernikahan

    Peluang usaha fotografer ini saya bilang tidak ada matinya, karena pasti ada  orang yang menikah. Tapi di era sekarang ini tentu harus mengikuti perkembangan yang ada jika tidak tentu akan terbenam oleh kemampuan dan teknologi. Kamu bisa mengupload hasil jepretanmu di sosial media dan website agar orang yang akan menggunakan jasamu percaya kemampuan dan hasilnya.

  13. Membuat Akun Youtube

    Membuat akun youtube adalah peluang usaha online yang bisa dicoba. Jika kamu suka traveling, jajan atau kuliner misalnya, tidak ada salahnya merekam momen-momen itu dan buat yang menarik serta informatif pasti banyak peminatnya dengan demikian subscribermu akan bertambah dan kamu bisa mendapatkan uang dari youtube.

Dari semua Peluang usaha Online di Tahun 2021 yang harus dimiliki adalah kemampuan baik profesi atau hanya seledar hobi, jika saat ini masih dalam tahap belajar tidak ada salahnya mencoba namun untuk prosesnya akan lebih lama namun jika dikembangkan dan tekun pasti dapat menghasilkan. 

 Selamat mencoba, apabila ada yang ingin menambahkan atau disampaikan bisa tulis dikomentar :)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url