Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat Jalan Ki Seno Nugroho 1972-2020

Selamat Jalan Ki Seno Nugroho 1972-2020

 

Semalam rencana mau tidur tapi kok grup whatsapp PWKS Magelang ramai, setelah tak scroll ke atas ternyata ada informasi bahwa Ki Seno telah berpulang. Mak tratap dan niat tidur tak batalin. Setelah sekitar 30 menit rekan-rekan PWKS Magelang mencari informasi dari berbagai sumber yang lebih pasti, seperti wargo laras dan salah satunya sinden Ki Seno yaitu mbak tatin dan berita itu benar.

Inalilahi wainalilahi rojiun, Sugeng tindak Ki Seno Nugroho, Mugi tansah pinaringan kaswargan jati, di tampi amal kesaenanipun lan khusnul khatimmah. Amin
Ki Seno Nugroho meninggal pada 3 November 2020 pukul 22.15 WIB dan dimakamkan hari ini 4 November 2020 pukul 13.00 WIB di Makam Semaki Gede Yogyakarta.

Saya juga sebenarnya masih terhitung baru menjadi Penggemar Wayang Ki Seno (PWKS), mulai mengenal Ki Seno pertengahan 2018 saat tinggal di Bantul. Awal mulanya hanya tertarik dengan Elisa yang orang manado tapi mampu nyinden dengan baik, dan sangat jawa sekali. Semakin sering nonton streaming via youtube kok semakin menjadi ketagihan nonton wayang, bahkan sampai beberapa kali nonton langsung sendirian.

Kenapa menjadi Penggemar Wayang Ki Seno? Sederhana saja, karena saya mudah memahami apa yang disampaikan dan banyak pitutur atau kata-kata bijak yang sangat bermakna, Mulai dari soal kehidupan, jodoh, juga kematian.
 

Bahkan aku sempat berkata pada istriku awal tahun ini bahwa aku ingin bertemu dengan Pakdhe Didi Kempot dan Ki Seno Nugroho, dua seniman ini yang ingin bisa saya temui, meski sebenarnya banyak seniman-seniman lainnya juga. Yang pertama Alhamdulillah bisa bertemu Pakdhe Didi Kempot disalah satu acara di Solo. Sedangkan Pak Seno belum, sedih, tentu tapi bukan karena belum bisa bertemu secara langsung, namun kenapa secepat ini Tuhan menjemput seniman yang bisa mempersatukan masyarakat dari berbagai usia di tengah malam. Tapi semua itu kuasa Allah sang pencipta. Semua beliau yang telah berpulang diberikan tempat yang terbaik disisiNya. Amin.

Saya pernah bilang ke teman yang baru-baru ini tak racuni wayang sampai hampir tiap hari livestreaming wayang climen, jika suatu saat Ki Seno Nugroho sudah mendapatkan ijin untuk pentas semalam suntuk tak ajak nobar, tapi Gusti berkehendak lain.

#SobatNgebyar #PWKSLIVE #PWKSMAGELANG

Posting Komentar untuk "Selamat Jalan Ki Seno Nugroho 1972-2020"