Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Membangun dan Bangkitnya UKM Indonesia di Saat Pandemi

Begini Cara Bangkitnya UKM Indonesia di Saat Pandemi

Pandemi masih menghantui kita sampai saat ini, usaha pun tidak sedikit yang mengalami gulung tikar atau tidak mampu berjalan kembali, Karyawan juga banyak di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) Banyak juga yang beralih profesi atau mencoba peruntungan dengan mencoba usaha lain, Saya awalnya juga khwatir dengan pekerjaan saya tapi Alhamdulillah tidak ada pengurangan karyawan di kantor tempat saya bekerja. Namun melihat di sekeliling banyak yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau dirumahkan. Untuk kalian yang saat ini sedang mencoba merintis Usaha Kecil Menengah (UKM) atau berusaha mengembangkan bisa simak tips dari saya, semoga bermanfaat.

Disaat Pandemi seperti sekarang ini UKM yang masih bertahan adalah mereka yang konsisten dalam menjalankan usaha dan tetap memasarkan produk atau usaha mereka, Untuk kamu yang sedang memulai usaha bisa mengikuti alur ini agar tetap bisa berjalan.

Apa Yang Harus Dimiliki UKM Agar Dapat Bangkit dan Bertahan disaat Pandemi? 

  1. Nama atau Merek: Ini biasanya sering disebut juga dengan Brand, Meskipun Anda di skala UKM namun ini sangat penting karena hal ini merupakan sebuah identitas usaha Anda. Misalnya, Kamu menjual makanan seperti roti, ketika roti kamu dibeli orang dan roti itu diberikan sebagai bingkisan atau oleh-oleh untuk saudara mereka dan nama atau merek usaha kamu ada disana, tentu mudah dikenali. "Kok enak ya" pasti mereka secara reflek akan mencari identitas produk dibungkus atau kemasan makanan itu.

    Cara menentukan nama sebuah brand untuk UKM

    Membangun dan Bangkitnya UKM Indonesia di Saat Pandemi - Jasa pembuatan website

    Ada 3 poin penting yang mesti dibuat.

    • Nama Harus Mudah Diingat: Membuat nama brand yang paling utama adalah harus mudah diingat. Untuk membuat nama yang mudah diingat tentu saja harus ada kaitannya dengan nama produk kamu dan logo (jika ada). Tujuannya sekali orang mengucapkan nama brand kamu langsung ingat, dan caranya kamu bisa memilih nama brand yang umum dikalangan masyarakat atau sekitar kamu.

    • Mudah Diucapkan: Nama brand kamu harus mudah diucapkan oleh semua pembeli, mudah diucapkan oleh semua kalangan mulai dari anak-anak sampai orang tua. Tujuannya ketika ada orang memakan atau menggunakan produk yang kamu jual saat ditanya "ini beli dimana?" kamu mudah mengucapkan dan yang bertanya mudah mengingat seperti pada poin 1. Ketika ingat pasti akan mencari tahu produk tersebut.

    • Maksimal Terdiri Dari 3 Penggalan Kata: Agar nama brand kamu mudah diingat dan diucapkan yang harus dilakukan adalah menentukan nama, nama yang bagus maksimal terdiri dari tiga penggalan kata. Contohnya Honda (hon dan da, 2 penggalan kata), Masterweb (master dan web, 2 penggalan kata). Dua contoh diatas merupakan 2 penggalan kata yang sangat legendaris, tentu kita ingat semasa kecil, semua motor kita sebut Honda, bahkan sampai sekarang, begitu juga dengan Masterweb, menjadi penyedia layanan hosting nomor satu di Indonesia dan juga domain murah.

  2. Kontak: Permudah komunikasi kamu dengan konsumen. Salah satu faktor kesuksesan bisnis kamu adalah komunikasi yang berupa pelayanan. Pembeli akan kembali lagi ketempat kita jualan jika mereka merasa diterima dengan baik.

    Kontak ini juga faktor penting untuk membangkitkan dan menjaga konsistensi UKM disaat pandemi seperti sekarang ini. Ketika kontak produk atau usaha kamu mudah ditemukan, calon pembeli bisa dengan mudah berkomunikasi untuk menanyakan ketersediaan produk, apakah bersedia COD (Cash On Delivery) atau bisa dikirimkan tanpa harus datang.

  3. Sosial Media: Disaat pandemi seperti sekarang ini pemasaran UKM yang paling mudah dan murah dilakukan adalah melalui sosial media, terutama facebook dan instagram. Dan yang paling penting lakukan komunikasi dengan calon-calon pembeli atau sekedar menjawab pertanyaan-pertanyaan calon pembeli yang penasaran tentang produk yang kamu pasarkan.

    Sosial media bisa membantu dan membangkitkan UKM disaat pandemi seperti sekarang ini dengan selalu update produk yang tersedia. Tujuan utama selain pemasaran juga bisa menjalin komunikasi dengan pelanggan atau calon pelanggan.

  4. Website: Website juga sangat penting dalam kebangkitan UKM di saat pandemi, karena selain dapat menjadi media promosi bisa juga dijadikan sebagai lapak tempat jualan kita yang berupa toko online.

Cara Membangun dan Bangkitnya UKM Indonesia di Saat Pandemi
Kenapa UKM harus mempunyai website? Kan mahal, ribet juga ngurusnya. Tidak kok, saat ini membuat website untuk UKM tidak semahal yang kamu bayangkan kok. Soal mengurus website itu mudah, setelah website jadi kamu tinggal posting produk yang mau di jual, update informasi dan juga jangan lupa tampilkan testimoni dari pembeli. Tujuan mempunyai website adalah untuk membangun kepercayaan terhadap calon pembeli, alat untuk branding, sarana informasi yang lebih luas dan yang paling penting dapat meningkatkan pasar.

Agar bisnis kamu semakin profesional buat website untuk usaha kamu. Saat ini selain kualitas, popularitas, yang tak kalah penting adalah trust atau kepercayaan.

Manfaat Website untuk UKM

Begini Cara Bangkitnya UKM Indonesia di Saat Pandemi

  •  Pemasaran Semakin Luas
    Dengan adanya website akan membantu produk yang kita miliki bisa keluar daerah bahkan sampai provinsi atau jika target kita luar negeri pun bisa. Dengan mempublikasikan produk di website semua orang yang memiliki akses internet akan bisa menemukan produk yang kita jual. Berbeda jika kita hanya memajang dagangan kita di toko, mereka tahu tentu terbatas dan pemasaran tidak tertarget. Kembali lagi jika menggunakan website, mereka yang mencari di internet adalah orang yang memang sedang mencari produk.

  • Lebih Dekat dengan Konsumen
    Memanfaatkan website akan membuat konsumen merasa dekat, tak perlu datang ke toko hanya untuk melihat-lihat produk, bisa juga berkomunikasi lebih mudah dan murah dengan adanya website ini.

  • Lebih Hemat Pengeluaran
    Website untuk UKM sangat bermanfaat dari segi finansial, karena dapat mengurangi biaya membayar karyawan, lebih mudah melakukan pengecekan stok barang dan tentu kita akan banyak menghemat biaya pengeluaran untuk menyewa toko, mempromosikan produk atau mengenalkan brand baru kita.

    Sementara untuk mereka yang saat ini sudah mempunyai kios atau toko, pandemi akan menjadi pertimbangan orang berkunjung ke tempat anda jualan, solusinya adalah website. Ini juga menjaga anda tetap aman dari bahaya virus corona karena semua transaksi dilakukan secara online.

Cara mudah membuat website Bersama Masterweb

Jika anda sudah menyelesaikan poin pertama sampai ketiga untuk selanjutnya agar dapat membangun dan membangkitkan UKM disaat pandemi, adalah membuat website.

Kenapa Harus Beli di Masterweb?

Cara mudah membuat website Bersama Masterweb

Harga Domain Murah

Di Masterweb banyak pilihan domain yang murah dan harganya hemat mulai dari Rp. 10.000 tentunya juga akan ada promo-promo menarik setiap bulannya. Harga domain .com hanya Rp 119.000.

Punya Hosting Khusus UKM

Di Masterweb mempunyai Hosting UMKM yang hostingnya mempunyai kinerja cukup maksimal dan didukung fitur lengkap serta terbaik dan server terbaru. Selain itu juga selalu ada promo menarik.

Masterweb Punya Blog yang Update

Disini selain menyediakan layanan hosting dan domain Masterweb juga punya blog yang berisi seputar informasi yang update tentang dunia IT dan tutorial serta tips menarik.

Event dan Giveaway

Masterweb juga mengadakan event yang informatif dan buat kalian yang suka berburu giveaway tidak ada salahnya ikutan cara ini, banyak hadiah menarik dan voucher yang akan diberikan secara random.

Tim Support

Masterweb punya tim support yang siap membantu kamu 24 jam, bisa melalui livechat atau telepon. Silahkan hubungi tim support Masterweb jika ada kendala atau kesulitan.

Mencari Penghasilan Tambahan Dari Internet

Silahkan gabung di program afiliasi Masterweb untuk mendapatkan komisi sebesar 15% untuk setiap transaksi yang menggunakan link afiliasi kamu.


Tips Membuat Blog Untuk Pemula

Setelah kamu mempunyai brand saatnya untuk membuat blog, nah sekarang saat ini untuk membuat blog agar kita bisa memasarkan dan mengenalkan produk kita ke berbagai daerah di Indonesia.

  1. Buat Blog
    Silahkan Beli Domain dan Hosting di Masterweb dahulu, setelah itu baru kita mulai membuat blog, silahkan instal wordpressnya dahulu, jika melalui plesk tutorialnya disini sedangkan cPanel disini jika sudah selesai silahkan coba akses domain kamu, jadi deh websitenya. Jika kamu masih awam membuat website dari awal melalui plesk maupun cPanel, tenang saja karena Masterweb punyai Website Builder Terbaik yang hanya cukup 1 menit untuk membuat website cukup hanya dengan drag & drop, Website builder tersebut yaitu Web1menit.

  2. Belajar Optimasi Website / SEO
    Selanjutnya jika website sudah jadi saatnya kamu belajar optimasi agar websitemu bisa page one atau diperingkat satu google, Tips SEO-nya ada disini.

  3. Menulis
    Jika tahapan diatas sudah selesai sekarang saatnya kamu mulai menulis tentang produk UKM yang ingin dipasarkan, pertama tulislah judul dengan nama produkmu secara detail dan maksimal 50-60 karakter.

    Untuk menulis di blog, saya sarankan rutin ya, misalnya 1 produk / artikel perhari atau bisa 2 hari sekali, usahakan konsisten untuk 2-3 bulan pertama.

Inilah Cara Membangun dan Bangkitnya UKM di Saat Pandemi Jika kamu mengalami kesulitan saat melakukan pemesanan atau setting websitenya bisa menghubungi CS Masterweb, pasti akan dibantu. Ada pertanyaan? Silahkan tinggalkan pesan dikolom komentar dibawah.

Posting Komentar untuk "Begini Cara Membangun dan Bangkitnya UKM Indonesia di Saat Pandemi"