Cara Dapat Kuota Gratis untuk Belajar di Rumah dari Smartfren, Begini Caranya!

Cara Dapat Kuota Gratis untuk Belajar di Rumah dari Smartfren, Begini Caranya!

Kabar bahagia! Saat ini kalian bisa mendapatkan kuota gratis untuk belajar di rumah. Ini merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang bekerjasama dengan sejumlah provider di Indonesia, salah satunya adalah Smartfren. Ini dilakukan agar dapat menunjang pelaksanaan belajar di rumah untuk menghindari virus corona dan memutus rantai penyebarannya.

Tidak sedikit diantara adik-adik atau saudara kita yang mengalami kesulitan membeli kuota karena orang tua berpenghasilan rendah. Saat ini pelajar mulai dari PAUD (pendidikan anak usia dini) sampai mahasiswa bahkan para pendidik bisa mendapatkan kuota gratis yang di usung oleh Kemendikbud bersama Smartfren. Belajar di rumah itu susah atau malah bahagia? pasti ada yang bilang suka dan ada juga yang sudah mulai bosan.

Tak bisa dipungkiri untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) seperti sekarang ini banyak pro dan kontranya tapi tetap harus dilakukan karena untuk mematuhi protokol kesehatan. Di sekitarku sendiri, belajar di rumah itu sebagian anak mengatakan setuju, alasannya karena lebih bisa bersantai meski harus berseragam. Di lain pihak anak-anak mengatakan lebih suka  berangkat sekolah, belajar secara langsung, bertatap muka, mendengarkan penjelasan dan tanya-jawab secara langsung ke pengajar, lebih mudah dicerna ketimbang cuma mendengarkan dan membaca materi-materi yang diberikan.

Beberapa orang tua mengatakan, "mumet aku, kudu melu sinau", itu dilakukan untuk membantu anak-anaknya agar bisa mengikuti materi yang diberikan via daring. Masuk akal juga karena tidak sedikit juga anak yang kesulitan mengikuti pelajaran melalui online. Sehingga orang tua atau pendamping di rumah harus mencari materi-materi yang sesuai dengan diajarkan oleh guru agar mudah dipahami oleh anak-anaknya.

Smartfren mendukung penuh program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang digagas oleh kemendikbud. Bantuan ini dimulai dari September sampai Desember 2020, Sebagai bentuk dukungannya, Smartfren mempermudah penggunanya untuk bisa mendapatkan kuota gratis ini.

Cara Dapat Kuota Gratis untuk Belajar di Rumah dari Smartfren, Begini Caranya

Cara Mendapatkan Kuota Gratis dari Smartfren

Saat ini adik-adik atau teman-teman yang mengalami keterbatasan kuota bisa mendapatkannya secara gratis lho. Oya untuk kuota gratis ini dibagi menjadi dua yaitu:

  1. Kuota Umum: Kuota yang dapat digunakan untuk mengakses semua halaman atau website dan juga aplikasi.
  2. Kuota khusus: Kuota ini untuk aplikasi dan portal yang telah ditunjuk oleh kemendikbud. Untuk daftar halaman atau aplikasi yang dapat diakses menggunakan kuota khusus (Mulai dari Website, Video Conference dan Website Kampus) dari smartfren ini bisa cek disini.

Kuota belajar ini memang khusus untuk pelajar, mahasiswa, guru dan juga dosen. Pembagian kuota ini juga berdasarkan keperluan dan tingkat pendidikannya. Untuk lebih jelas kalian bisa lihat tabel dibawah ini.

Siswa PAUD Siswa SD - SMA Sederajat Pengajar (PAUD - SMA Sederajat) Dosen dan Mahasiswa
20 GB / bulan 35 GB / bulan 42 GB / bulan 50 GB / bulan
5 GB Kuota Umum 5 GB Kuota Umum 5 GB Kuota Umum 5 GB Kuota Umum
15 GB Kuota Belajar 30 GB Kuota Belajar 37 GB Kuota Belajar 45 GB Kuota Belajar
4 Bulan Durasi Bantuan 4 Bulan Durasi Bantuan 4 Bulan Durasi Bantuan 4 Bulan Durasi Bantuan

Kuota Smartfren Bisa didapatkan Dengan Cara Sebagai Berikut:

  1. Pelajar dan Guru (PAUD, SD, SMP dan SMA sederajat)
    • Pastikan mempunyai nomor smartfren yang masih aktif
    • Serahkan nomor smartfren kalian ke pihak sekolah (admin/operator sekolah)
    • Jika sudah terkumpul pihak sekolah yang akan mendaftarkan nomor kalian melalui aplikasi Dapodik.
  2. Mahasiswa dan Dosen
    • Pastikan kalian sudah punya nomor smartfren yang masih aktif
    • Serahkan dan kumpulkan nomor smartfren kalian ke pihak kampus, perguruan tinggi atau universitas.
    • Setelah terkumpul pihak kampus yang telah ditunjuk yang akan menginputkan nomor-nomor smartfren melalui aplikasi PDDikti.

Cara Cek Kuota Gratis Smartfren

Setelah mendaftarkan nomor handphone kamu ke pihak sekolah atau kampus dan telah melewati proses pendaftaran yang dilakukan oleh admin pihak sekolah atau kampus melalui aplikasi Dapodik (pelajar dan guru) dan PDDikti (mahasiswa dan dosen) nanti bisa di cek kuotanya. Lalu caranya bagaimana? Ada tiga cara untuk mengeceknya.
  1. Melalui SMS
    Silahkan ketik Cek dan kirim ke nomor 995
  2. Melalui UMB
    Caranya juga cukup mudah, cukup ketikan di layar handphone kalian *995#
  3. Melalui Aplikasi mySmartfren
    Jika belum punya bisa download disni
Mudah bukan mendapatkan kuota gratis dari smartfren untuk belajar di rumah. Bagaimana tertarik? Silahkan ikuti panduannya ya. Sekolah atau kampusmu sudah melakukan pendaftaran ini belum? Jika belum segera hubungi pihak sekolah atau kampus agar nanti bisa dibantu prosesnya ya.

Inilah ulasan saya mengenai Cara Mendapatkan Kuota Gratis dari Smartfren untuk belajar di rumah. Semangat belajarnya ya.

Jika ada yang ingin ditanyakan bisa tuliskan di kolom komentar.

Belum ada Komentar untuk "Cara Dapat Kuota Gratis untuk Belajar di Rumah dari Smartfren, Begini Caranya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel