Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menikmati Pesona Objek Wisata Rawa Pening di Jawa Tengah

Daftar isi
    Pemandangan dari Rawa Pening
    Indahnya Pemandangan dari Rawa Pening  

     Setelah puas berkeliling di Museum Kereta Api Ambarawa tujuan kami selanjutnya adalah Objek Wisata Rawa Pening yang berada di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Rawa Pening berasal dari kata bening dalam bahasa jawa yang berarti jernih.

    Setelah kami menikmati bermalam di Agrowisata Salatiga, paginya hari Minggu (21/8) kami memutuskan sebelum pulang kerumah untuk berkunjung kebeberapa Objek Wisata salah satunya Rawa Pening. Berwisata ke Rawa Pening sendiri memang sudah kami rencanakan sejak datang ke Salatiga dan kebetulan dari Hotel kami menginap cukup terlihat jelas dan itu menjadi daya tarik tersendiri buat kami.


    Patung Naga Putih Dekat Loket Masuk Rawa Pening
    Ular Naga dekat Loket Rawa Pening

     Saya bersama dua teman saya (kokoh dan arif) sampai di Rawa Pening pukul 14.15 WIB setelah memarkir kendaraan langsung membeli tiket. Setelah membeli tiket saya disambut oleh patung ular naga berwarna putih dengan dekorasi yang cukup menarik, lalu menuju kebelakang disana ada naga lagi dengan mulut terbuka dan kita bisa masuk kedalam mulut naga tersebut, namun saya tidak masuk melainkan naik keatas melalui tangga.

    Setelah sampai diatas ada berjejer pohon-pohon pinus dan di tengah-tengahnya ada sebuah bangunan tampak seperti aula, juga ada taman-taman serta kursi yang dapat kita gunakan untuk bersantai sembari menikmati Keindahan Rawa Pening dan hilir mudiknya perahu motor yang membawa wisatawan berkeliling danau.

    Bangunan Aula di Rawa Pening
    Bangunan Aula di Rawa Pening

     Oke... Saya sudah tidak sabar ingin melihat Rawa Pening lebih dekat, konon menurut cerita tempat ini sangat bagus untuk digunakan fotografi dan betul sekali ternyata indah sekali pemandangannya. Sebelum kami menaiki perahu motor untuk mengelilingi danau, menyempatkan diri untuk berfoto dahulu, selanjutnya kami bertiga menyewa satu perahu motor untuk Berkeliling Danau Rawa Pening selama 30 menit lamanya dengan tarif per perahunya Rp 60.000.

    Pinggir Danau Rawa Pening
    Pinggir Danau Rawa Pening

     Setelah memakai Jaket Pelampung atau life jacket berwarna orange kita dipersilahkan naik perahu motor satu persatu dan langsung berangkat mengelilingi Rawa Pening, jujur saja saya takut karena saya tidak bisa berenang dan ini pertama kalinya naik perahu, untung saja bapak yang mengemudikan perahu sudah sangat berpengalaman. Ketakutan itu berubah menjadi kekaguman setelah sampai ditengah ketika melihat indahnya pemandangan yang disuguhkan, terlihat lereng-lereng gunung dan hijaunya enceng gondong yang menutupi sebagian danau tersebut.

     

    Diatas Perahu Motor di Rawa Pening
    Diatas Perahu Motor di Rawa Pening

      Pesona Objek Wisata Rawa Pening tidak hanya danau dan enceng gondoknya saja, di danau tersebut juga ada aktivitas nelayan yang mondar mandir menggunakan perahu dayung untuk mencari ikan, nelayan di rawa pening masih bisa dikatakan tradisional karena mereka menangkap ikan menggunakan jaring jala.

    Aktivitas Nelayan di Rawa Pening
    Aktivitas Nelayan di Rawa Pening

     Buat teman-teman yang mungkin belum tahu bahwa Rawa Pening berada di cekungan terendah dari Gunung Telomoyo dan Gunung Merbabu juga Gunung Ungaran, luasnya sendiri mencapai 2.670 hektar.

    Keindahan Pemandangan di Rawa Pening
    Keindahan Pemandangan di Rawa Pening

     Wisatawan yang akan berkunjung ke Rawa Pening juga tidak perlu khawatir kehabisan perahu motor untuk berkeliling danau, karena disana saya hitung ada sekitar 20 perahu motor yang siap menemani anda menikmati indahnya pemandangan yang dapat di lihat dari Danau Rawa Pening.

    Dermaga di Rawa Pening
    Dermaga di Rawa Pening

     Disana juga ada Bukit Cinta Rawa Pening namun saya belum sempat mengetahui Bukit Cinta itu apa dan seperti apa, apakah digunakan untuk mengungkapkan perasaan atau hal lainnya tentang cinta, haha saya masih penasaran dan jika ada kesempatan akan kesana lagi untuk mengetahui apa itu Bukit Cinta.

    Inilah pengalaman saya menikmati Pesona di Rawa Pening Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah.