Yuk..!!! Membangun Indonesia Melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi

Membangun Indonesia Melalui Teknologi Informasi dan Komuniasi
Peserta Memanfaatkan Blog untuk Menghasilkan Uang diselenggarakan Relawan TIK Magelang
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Indonesia kian berkembang dan semakin banyak penggunanya, bahkan dalam kehidupan sehari-hari kita selalu berdampingan dengan perangkat-perangkat yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi, salah satunya adalah smartphone.

Belakangan ini hampir semua kalangan menggunakan Teknologi informasi dan Komunikasi sebagai kebutuhan pokok, tidak dapat dipungkiri bahwa TIK dapat memperlancar aktivitas seseorang, namun tidak sedikit yang memanfaatkan TIK hanya untuk gaya-gayaan.

Disini saya akan berbagi pengalaman tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi di bidang Internet, karena tidak dapat di hindarkan saat ini PC (Personal Computer) kemudian Laptop dan Smartphone selalu terhubung dengan internet, bahkan ketika bangun tidur pun yang dicari pertama kali adalah Smartphone atau perangkat sejenis lainnya. 

Kebetulan saya tergabung dalam anggota Relawan TIK di daerah saya Magelang, ini adalah salah satu cara saya dan rekan-rekan Relawan TIK  diseluruh negeri ini untuk Membangun Indonesia Melalui TIK.

Di Magelang sendiri ketika saya bersama Relawan TIK Magelang mengadakan Acara Teknologi Informasi dan Komunikasi antusiasmenya masih kurang, Padahal kita bisa melakukan banyak hal di Internet. Lalu apa yang dapat kita lakukan di internet?

Manfaat internet sangatlah luas untuk Membangun Indonesia, saya akan lebih spesifik mengambil contoh tentang memasarkan produk melalui internet dan e-commerce atau dalam kehidupan sehari-hari lebih dikenal dengan toko online, dua hal ini sangat erat kaitannya. Kenapa hal ini dapat dikatakan Membangun Indonesia? Karena dapat memasarkan produk yang kita miliki khususnya UMKM, dengan modal kecil dapat menjangkau seluruh Indonesia. Dengan toko online kita dengan modal kecil dapat mencapai pasar nasional.

Sebagai gambaran saja, tanpa modal kita dapat mempromosikan atau memasarkan produk-produk yang kita miliki melalui tokopedia atau bukalapak sebagai alternatif untuk berjualan online, namun jika kita memiliki modal tiga hingga sepuluh juta dapat membuat website e-commerce (toko online) sendiri, di Indonesia banyak kok jasa pembuatan website dan toko online. Dibandingkan dengan kita menyewa toko konvensional dengan biaya yang lebih mahal lalu promosinya tidak semaksimal toko online dan bukanya pun terbatas oleh waktu.

Kemudian ada yang bertanya:
  • Mas, lalu apakah kita setelah memajang produk di tokopedia dan bukalapak atau toko online sendiri pekerjaan sudah selesai? Iya sudah selesai, kita tinggal menunggu pembeli yang memesan produk yang kita jual.
  • Lalu berapa lama kita menunggu mas? Tergantung orang yang membutuhkan produk kita banyak atau tidak,dan untuk merangsang orang membeli produk yang kita jual, kita dapat mempromosikan produk-produk yang sudah kita pasang tadi melalui sosial media seperti facebook, twitter dan instagram, ini sebagai salah satu bentuk pemasaran produk. 
  • Mas kalau begitu kita tidak perlu memasarkan produk kita di tokopedia, bukalapak atau membuat toko online, langsung ke sosial media bisa dong mas? Bisa saja, tapi lebih efektifnya memasarkan produk di berbagai tempat to, karena di sosial media hanya sedikit orang yang mencari produk kita, mereka lebih banyak berinteraksi dengan teman-teman, namun tidak ada salahnya kita memasarkan produk disana karena itu dapat merangsang orang untuk membeli, seperti yang sudah saya jelaskan tadi.
Lalu Harapan saya terkait Membangun Indonesia Melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah semakin tinggi minat masyarakat Indonesia menggunakan internet karena kita dapat melakukan banyak hal salah satunya mempermudah pemasaran produk, berjualan bahkan mencari uang. Dan keinginan terbesar saya adalah masyarakat dapat menggunakan internet dengan bijak dan tentu dibarengi dengan kemudahan dan kelancaran koneksi internet diberbagai penjuru Indonesia karena semakin banyaknya masyarakat yang berkecimpung di dunia teknologi informasi dan komunikasi terutama blogger, yang itu dijadikan sebagai pekerjaan atau hobi.

Belum ada Komentar untuk "Yuk..!!! Membangun Indonesia Melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel