Bagaimana Cara Menerima Sesuatu Hal yang Sulit Dilupakan dan Dimaafkan

Bagaimana Cara Menerima Sesuatu Hal yang Sulit Dilupakan dan Dimaafkan


Terlalu manis dan pahit kehidupan adalah dua hal yang sangat sulit untuk hindarkan dari pikiran kita. Apa lagi itu bertentangan dengan kemauan serta pahitnya mengores hati, susah sekali melupakan kejadian seperti itu, apa lagi memaafkannya. Tapi kenyataannya kita sendiri yang tak mau pergi dari dua hal diatas yaitu pahit dan manisnya perjalan hidup kita.

Cara menerima hal yang sulit dilupakan atau dimaafkan, kita lihat dari persoalan setiap individu masing-masing. Banyak hal kecil yang menjadi besar dan tak kunjung usai karena kita sendiri. Kekecewaan menjadi poin utama yang membuat orang sulit melupakan atau memaafkan.

Beberapa hal yang sulit dilupakan dan dimaafkan dan cara menerimanya. 

Kenangan dengan dia (mantan)

Ini yang paling banyak dialami kita termasuk saya, hahaha ... 99% nggak ada yang bakalan bisa melupakan kalau memaafkan saya rasa hampir semua bisa, hampir lho ya nggak semuanya.
Lalu apa yang harus kita lakukan, sebenarnya gampang-gampang susah, menerima hal yang sulit dilupakan atau dimaafkan adalah dengan menyadarkan diri bahwa kita memang tak seharusnya ada disitu. Jadi gini, kita ibaratkan rambut, dipotong gundul juga bakalan tumbuh lagi to, solusinya ya membentuk dan merawat menjadi indah, itu akan membuat kita tidak fokus di pokok permasalahan melainkan pikiran kita akan tertuju pada memperbaiki agar rambut kita lebih indah. Sama halnya dengan kenangan. Itu....!

Terjerat masa lalu yang suram

Ini persoalan masa lalu kita, baik dari keluarga, tetangga atau masyarakat. Hobi dan pergaulan juga menjadi hal utama kita terjerat dalam masa lalu yang suram. Bukan perkara mudah melupakan atau memaafkan kejadian masa lalu yang suram.

Menurutku agar kita tidak semakin terjerumus di masa lalu yang suram kita bisa menjauh dari mereka, mencoba hal-hal yang baru dengan orang baru.  Dari sinilah kita bisa melihat masa lalu kita dari sudut yang berbeda dan bakalan tahu bagaimana kita bertindak. Yang pasti dengan lingkungan baru kita bisa menemukan sesuatu yang baru juga.

Kesalahan orang lain

Kok malah kesalahan orang lain to, iya ini sulit menjelaskannya, tapi ada beberapa orang yang sulit memaafkan dan melupakan karena kesalahan orang lain. Tak kasih contoh saja ya biar lebih enak menjabarkannya (tak buat kopi dulu biar lancar mikirnya, hehehe).

Misalnya pada masa kecil kita di bully sama teman atau tetangga karena kekurangan atau kesalahan yang sebenarnya tidak salah kita. Lantas sampai sekarang kita benci sama orang itu. Gini lho, luka itu memang membekas, tapi bisa diobati kok. Sekarang kalian masih mau ngerasain luka itu padahal saat ini hanya tinggal bekasnya saja, buat apa?! Aku yakin mereka yang pernah berbuat salah padamu, hari ini  melupakan kesalahannya, Mbok ya udah lupakan dan maafkan saja, toh Tuhan juga pasti maafin kamu, masa kamu nggak bisa memaafkan mereka.
Terlalu mengingat kesalahan orang lain sama saja memupuk diri dari penyakit hati. Penyakit yang sulit mengobatinya. Tidak ada salahnya kita berusaha mengoreksi diri dan saling memaafkan.

Inti dari semua hal yang sulit dilupakan dan dimaafkan adalah dari diri kita sendiri. Kita bisa menerima semua hal yang sulit dilupakan dan dimaafkan dengan cara mengingat kebaikannya, menerima kenyataan bisa membuat kita menjadi lebih dewasa seperti sekarang. Hal tersulitnya dimana sih, cari akar permasalahannya dan untuk menyelesaikannya.

Tak ada yang bisa melupakan karena sejak kecil kita tak pernah diajarkan, ikhlaskan dan nikmati saja biar nggak jadi beban.

Terima kasih buat sahabatku Nana yang sudah memberikan ide menulis melalui Instagram.

Posting Komentar

0 Komentar