Tips Negosiasi Bisnis untuk Pemula agar Capai Kesepakatan Terbaik

Daftar Isi [Tampil]

Tips Negosiasi Bisnis untuk Pemula agar Capai Kesepakatan Terbaik

Sumber: https://www.pexels.com/photo/a-broker-showing-a-couple-the-mortgage-contract-8292884/

Andriberbudi.web.id - Sudahkah Anda memiliki kemampuan negosiasi yang baik? Jika belum tips negosiasi bisnis ini akan sangat membantu jika Anda belum berpengalaman. Tujuan negosiasi bisnis yang paling utama adalah untuk mencapai kesepakatan, sayangnya hal ini bisa saja tidak berjalan dengan mudah.

Banyak faktor yang membuatnya gagal, seperti hanya fokus pada keuntungan diri sendiri, mengabaikan masalah, sampai tidak melakukan persiapan. Anda sendiri yang akan rugi jika tidak melakukan negosiasi yang baik. Bagaimana tips suksesnya bisa Anda simak hingga akhir.

5 Tips Negosiasi Bisnis yang Wajib Diketahui Pemula


Negosiasi akan dikatakan sukses jika kesepakatan akhir didapatkan oleh semua pihak dengan baik. Contoh negosiasi yang sukses dalam bisnis misalnya antara Anda dengan supplier mendapatkan harga terbaik dalam transaksi. Hal yang sama juga bisa terjadi antara pedagang dan konsumen.

Kesuksesan negosiasi dalam bisnis bisa Anda peroleh dengan menerapkan beberapa tips berikut:

1. Mempersiapkan Diri dengan Topik Negosiasi


Tidak ada teknik negosiasi khusus, Anda hanya perlu mempersiapkan diri dengan baik. Mulai dari topik pembahasannya, siapa lawan bicara Anda, dan juga keinginan dari pihak lainnya. Anda bisa melakukan riset latar belakang orang yang ingin bernegosiasi, bisnis, sampai dengan penawaran yang mungkin telah diberikan.

Tanpa adanya persiapan Anda akan kurang memahami keinginan satu sama lain. Berdasarkan penawaran tersebut Anda bisa meninjau ulang dengan keinginan utama Anda ingin bernegosiasi.

2. Menyampaikan Data dengan Tepat


Tips negosiasi bisnis yang sukses adalah  bisa memaparkan data akurat sehingga tepat sasaran. Misalnya Anda ingin bernegosiasi dengan investor, maka sampaikan data perkembangan bisnis Anda selama ini dengan jujur dan akurat. Pastikan datanya tidak berlebihan atau tampak muluk sehingga menimbulkan kecurigaan.

Data inilah yang akan memberikan kepercayaan lawan negosiasi sehingga mereka mau menerima penawaran yang Anda ajukan. Pastikan juga data yang ditampilkan mudah dipahami dan berhubungan langsung dengan topik yang dibicarakan.

3. Tidak Boleh Emosional


Seringkali karena penawaran bisnis ditolak sejak awal seperti karena harga dianggap terlalu tinggi, lantas Anda meluapkan emosi. Salah jika Anda memunculkan emosi saat bernegosiasi baik secara verbal atau melalui gestur. Negosiasi akan langsung gagal jika Anda melanggar hal ini.

Bersikaplah secara tenang dengan pendapat yang diberikan lawan bicara. Misalnya dalam cara negosiasi harga, Anda lebih baik untuk menurunkan harga sedikit. Bisa juga memberikan alasan mengapa harga yang diberikan tinggi, mungkin saja karena kualitas produk yang terjamin dan adanya garansi.

4. Selalu Memiliki Alternatif


Tips negosiasi bisnis yang tidak kalah penting yaitu selalu memiliki alternatif jalan keluar. Sulit untuk mencapai kesepakatan jika Anda bersikukuh dengan pilihan pertama, padahal masih banyak jalan lain untuk bisa meraihnya. Oleh karena itulah persiapan sangat penting.

Anda bisa mempersiapkan beberapa rencana jika penawaran pertama gagal dengan mempertimbangkan keinginan dari lawan negosiasi. Jika perlu buat lebih dari dua rencana agar bisa segera mencapai kesepakatan.

5. Tidak Terburu-buru Mengambil Keputusan


Anda tidak harus mengambil keputusan pada hari yang sama untuk topik yang cukup sensitif. Misalnya untuk melakukan kontrak dengan supplier selama 5 tahun ke depan. Jangka waktu yang lama dalam kontrak dan ketentuannya harus dipertimbangkan dengan matang supaya tidak ada kerugian dalam bisnis.

Penting untuk diingat agar Anda tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan. Pastikan kedua belah pihak sama-sama mencapai tujuan dalam bisnis dari negosiasi, jadi ambil waktu lebih panjang untuk bernegosiasi ulang jika diperlukan.

Ikuti tips negosiasi bisnis ini jika Anda ingin sukses. Berlatihlah untuk tetap tenang dalam segala kondisi agar Anda bisa berpikir secara rasional.

Sumber:
https://qontak.com/blog/cara-memenangkan-negosiasi-dalam-bisnis/
https://iblam.ac.id/2023/10/05/8-teknik-negosiasi-agar-sukses-dalam-menghadapi-suatu-kasus/
https://libera.id/blogs/tips-negosiasi-bisnis/
https://www.kuncie.com/posts/strategi-dan-teknik-negosiasi/

LihatTutupKomentar