Tragedi Pesawat esawat EMB 314 Super Tucano TNI AU di Pacitan, Spesifikasi dan Sejarah

Daftar Isi [Tampil]
Pesawat EMB 314 Super Tucano

Pada tanggal 16 November, sebuah pesawat TNI AU mengalami kecelakaan di Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Pasuruan, Jawa Timur. Kecelakaan tersebut terjadi di lereng Bromo, tragedi jatuhnya pesawat TNI menjadi sorotan serius. Tim investigasi yang dibentuk oleh TNI AU saat ini tengah bekerja keras untuk mengungkap penyebab jatuhnya pesawat tersebut.

Andriberbudi akan lebih mengulas tentang pesawat EMB 314 Super Tucano, salah satu aset TNI AU, yang mengalami kecelakaan. Meskipun demikian, fokus utama tetap pada spesifikasi pesawat tersebut.

Pesawat TT 3103 - EMB 314 Super Tucano: Profil dan Sejarah


Pesawat yang terlibat dalam kecelakaan ini diketahui sebagai pesawat TT 3103, buatan Brasil, yang termasuk dalam kategori pesawat tempur super tunaco. Pesawat ini pertama kali terbang pada tahun 1996 dan telah menjadi bagian integral dari kekuatan pertahanan TNI AU.

Pesawat tempur, terutama EMB 314 Super Tucano, memiliki peran krusial dalam menjaga kedaulatan suatu negara. Keunikan pesawat ini adalah kemampuannya dalam counter-insurgency. Indonesia sendiri telah memesan sebanyak 16 unit, dengan pesanan pertama pada tahun 2010 (8 unit) dan pesanan berikutnya pada tahun 2012 (8 unit).

Pesawat ini tidak hanya digunakan oleh Indonesia, tetapi juga oleh beberapa negara lain, termasuk Kolombia, Chili, Dominika, Ekuador, dan beberapa negara lainnya. Perusahaan pembuat pesawat ini, Embraer, adalah perusahaan konglomerat Brasil yang menghasilkan berbagai jenis pesawat, termasuk militer, komersial, dan jet eksekutif.

Daftar Pesawat Tempur lainnya Milik TNI AU


Selain EMB 314 Super Tucano, TNI AU juga memiliki sejumlah pesawat tempur lainnya yang menjadi bagian dari kekuatan pertahanan mereka. Beberapa di antaranya termasuk Sukhoi SU-27, Sukhoi Su-30, F-16 Fighting Falcon, British Aerospace Hawk 200, dan T-50 Golden Eagle.

Spesifikasi Pesawat EMB 314 Super Tucano

Pesawat EMB 314 Super Tucano Kabin


Pesawat ini memiliki berbagai spesifikasi yang membuatnya unggul di antara pesawat sejenisnya:

  •     Kursi Kru: Tunggal (A-29A) dan Ganda (A-29B)
  •     Panjang: 11.42 m
  •     Lebar Sayap: 11.14 m
  •     Tinggi: 3.9 m
  •     Berat Kosong: 3,200 kg
  •     Kecepatan Maksimum: 590 km/jam

Desain Aerodinamis dan Spesifikasi Unggulan EMB 314 Super Tucano

Pesawat ini menonjolkan desain aerodinamis yang memukau, termasuk sayap khas yang mengoptimalkan performa dan manuverabilitas. Desain kokpitnya ergonomis, dengan tata letak instrumen intuitif dan kaca depan kokpit yang luas untuk pandangan optimal selama penerbangan.

Struktur pesawat yang ringan dan kuat menggunakan material komposit untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan, sambil memberikan kontribusi positif terhadap performa dan konsumsi bahan bakar.

Sistem Senjata yang Canggih


EMB 314 Super Tucano dilengkapi dengan sistem senjata yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan misi. Jenis senjata yang dapat dipasang mencakup senapan mesin, bom, dan rudal udara-ke-udara. Fleksibilitas ini memungkinkan pengguna memilih konfigurasi senjata yang paling sesuai dengan tugas misi yang diemban.

Kesimpulan


Meskipun terjadi tragedi, artikel ini menyoroti kehebatan pesawat TNI AU, khususnya EMB 314 Super Tucano, yang terus menjadi andalan dalam menjaga keamanan dan kedaulatan udara Indonesia. Performa dan spesifikasi unggul pesawat ini, ditambah dengan popularitasnya di pasar internasional, menjadikannya sebagai aset penting dalam strategi pertahanan udara.

FAQ

  1. Apa penyebab jatuhnya pesawat TNI AU di Pasuruan?

    Penyebab jatuhnya pesawat sedang dalam tahap investigasi oleh tim TNI AU. Dugaan sementara karena cuaca, kecelakaan tersebut terjadi di Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, pada tanggal 16 November.

  2. Apa itu pesawat EMB 314 Super Tucano?

    EMB 314 Super Tucano adalah pesawat tempur milik TNI AU buatan Brasil. Artikel memberikan informasi mengenai spesifikasi pesawat, kemampuan counter insurgency, dan penggunaannya sebagai salah satu tulang punggung pertahanan udara Indonesia.

  3. Berapa jumlah pesawat EMB 314 Super Tucano yang dipesan oleh TNI AU?

    TNI AU memesan total 16 unit pesawat EMB 314 Super Tucano. Pemesanan pertama dilakukan pada tahun 2010 dengan 8 unit, dan pemesanan berikutnya pada tahun 2012 sebanyak 8 unit lagi.

  4. Apakah pesawat EMB 314 Super Tucano hanya digunakan oleh TNI AU?

    Tidak, selain Indonesia, beberapa negara seperti Kolombia, Chili, Dominika, dan Ekuador juga memesan pesawat ini. Embraer, perusahaan pembuatnya, memiliki rencana untuk memasarkan pesawat ini ke negara-negara di Asia dan Timur Tengah.

  5. Apa yang membuat pesawat EMB 314 Super Tucano unggul?

    Keunggulan pesawat ini terletak pada desain aerodinamisnya yang memukau, spesifikasi yang menakjubkan, dan kemampuan counter insurgency. Artikel membahas profil sayap, desain kokpit, struktur ringan, serta sistem senjata yang dapat disesuaikan.

  6. Apa spesifikasi utama dari pesawat EMB 314 Super Tucano?

    Artikel mencantumkan beberapa spesifikasi utama, termasuk kursi kru ganda, panjang pesawat, lebar sayap, tinggi, berat kosong, dan kecepatan maksimum.

Informasi tentang ekonomi dan bisnis bisa cek di beranda.id.

LihatTutupKomentar