Hari Pancasila - Penghormatan Terhadap Dasar Negara yang Mulia

Daftar Isi [Tampil]
Hari Pancasila - Penghormatan Terhadap Dasar Negara yang Mulia
djkn.kemenkeu.go.id

Andriberbudi.web.id -Pada tanggal 1 Juni setiap tahunnya, bangsa Indonesia memperingati Hari Pancasila. Hari ini menjadi momen penting dalam sejarah negara kita, di mana kita menghormati dan merayakan asas-asas yang dijadikan landasan bagi pembangunan bangsa. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi sejarah, asal usul, dan hal menarik lainnya seputar Hari Pancasila.

Sejarah Hari Pancasila - Mengenang Perjuangan Bangsa

Sejarah Hari Pancasila berakar pada perjuangan panjang bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan dan merumuskan ideologi negara yang menggambarkan jati diri Indonesia. Pada tanggal 1 Juni 1945, tepatnya pada Sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), tercetuslah gagasan penting yang menjadi landasan dasar negara kita, yaitu Pancasila.

Sidang BPUPKI tersebut merupakan tonggak sejarah yang menentukan arah bangsa Indonesia. Dalam sidang tersebut, para tokoh nasional, seperti:
  • Ir. Soekarno,
  • Drs. Mohammad Hatta
  • Dan para tokoh lainnya
Para tokoh nasional itu mengemukakan pemikiran dan gagasan tentang asas-asas negara yang akan menjadi dasar dalam pembentukan negara Indonesia yang merdeka. Pada tanggal 1 Juni 1945, Ir. Soekarno mempresentasikan Pancasila kepada sidang BPUPKI, yang kemudian diterima dan dijadikan dasar negara.

Asal Usul Pancasila (Dari Lima Sila Hingga Dasar Negara)


Kata Pancasila berasal dari bahasa Sanskerta, yang terdiri dari kata panca yang berarti lima dan sila yang berarti prinsip. Dalam Pancasila terkandung lima sila yang menjadi pilar-pilar ideologi negara Indonesia. Kelima sila tersebut adalah:
  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
    Mengakui adanya Tuhan yang Maha Esa, sesuai dengan keyakinan masing-masing individu.

  2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
    Menghormati martabat dan hak asasi manusia, serta mendorong terciptanya keadilan sosial.

  3. Persatuan Indonesia:
    Mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, menghargai keragaman suku, agama, ras, dan antargolongan.

  4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan / Perwakilan:
    Mewujudkan kedaulatan rakyat dengan menjunjung tinggi demokrasi dan mengedepankan musyawarah dalam pengambilan keputusan.

  5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia:
    Mewujudkan kesejahteraan sosial yang merata bagi seluruh rakyat Indonesia.
Asal usul Pancasila tidak hanya berkaitan dengan kata-kata dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, tetapi juga merupakan hasil pemikiran dan perjuangan para pendiri bangsa. Pancasila sebagai dasar negara secara resmi diundangkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

IHal Menarik seputar Hari Pancasila

Proklamator Pancasila: Ir. Soekarno adalah proklamator Pancasila yang karyanya menjadi landasan bagi negara kita. Ia memiliki peran penting dalam merumuskan dan memperkenalkan Pancasila kepada masyarakat Indonesia.

Hari Lahir Pancasila: Selain memperingati Hari Pancasila pada tanggal 1 Juni, tanggal Pancasila juga dirayakan sebagai Hari Lahir Pancasila. Tanggal ini ditetapkan berdasarkan tanggal lahir Ir. Soekarno, yang juga diperingati sebagai Hari Kelahiran Pancasila.

Pancasila sebagai Identitas Nasional: Pancasila tidak hanya menjadi dasar negara, tetapi juga merupakan identitas nasional yang melingkupi berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia, termasuk pendidikan, politik, sosial, dan kebudayaan.

Penyuluhan Nilai Pancasila: Pada Hari Pancasila, banyak kegiatan penyuluhan dan sosialisasi dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang nilai-nilai Pancasila. Hal ini penting guna memperkuat semangat kebangsaan dan menjaga keutuhan negara.

Tantangan Masa Depan: Di era globalisasi dan kemajuan teknologi, Pancasila tetap menjadi pedoman dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Masyarakat dituntut untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan menghadapi tantangan yang ada.

Kesimpulan

Hari Pancasila merupakan momen yang berharga bagi bangsa Indonesia untuk merayakan dan menghormati dasar negara yang mulia. Sejarah dan asal usul Pancasila menggambarkan perjuangan dan pemikiran para pendiri bangsa dalam menciptakan negara yang berlandaskan nilai-nilai luhur. Dalam menghadapi tantangan masa depan, Pancasila tetap menjadi pedoman yang penting dalam membangun persatuan, keadilan, dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia. Mari kita terus memperingati Hari Pancasila dengan semangat nasionalisme dan kebanggaan akan jati diri Indonesia.
LihatTutupKomentar