Tools Membuat Landing Page untuk Pemula Tanpa Coding

Daftar Isi [Tampil]
Tools Membuat Landing Page untuk Pemula Tanpa Coding
Tools Membuat Landing Page untuk Pemula

 

Membuat landing page yang efektif dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan konversi pada website. Membuat landing page yang tepat dengan menargetkan audiens yang tepat melalui informasi yang dibutuhkan dan membujuk  untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mengisi formulir kontak atau membeli produk secara langsung.

Apakah Membuat Landing Page itu Penting?


Landing page yang dibuat khusus untuk menjembatani klik pengunjung dari iklan atau tautan yang mengarah ke website. Landing page biasanya berisi informasi yang relevan dan spesifik mengenai produk atau layanan yang ditawarkan, serta tombol call to action (CTA) yang mengarahkan pengunjung untuk melakukan tindakan seperti membeli produk atau mengisi formulir kontak.

Mengapa Membuat Landing Page Penting?


Landing Page penting untuk bisnis karena merupakan platform untuk mempromosikan produk atau layanan dan menarik minat pengunjung. Landing page juga bisa memberikan informasi tentang produk atau layanan dan memberikan alasan mengapa orang harus membeli serta memberikan tautan untuk membantu proses pembelian.

Dengan landing page yang dirancang dengan baik akan memberikan banyak manfaat, seperti berikut ini:

  1. Meningkatkan tingkat konversi

    Landing page yang dirancang dengan baik akan meningkatkan tingkat konversi pengunjung menjadi pelanggan. Ini karena landing page memberikan informasi yang relevan dan spesifik mengenai produk atau layanan yang ditawarkan, sehingga memudahkan pengunjung untuk memahami apa yang mereka dapatkan dan mengapa mereka perlu membeli atau mengambil tindakan lain yang diminta.

  2. Meningkatkan kepercayaan pengunjung

    Landing page yang profesional dan terstruktur dengan baik akan meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap website dan merk yang Anda wakili. Ini karena landing page yang terorganisir dengan baik akan memberikan kesan bahwa perusahaan tersebut serius dan profesional dalam mengelola bisnisnya.

  3. Menyediakan informasi yang tepat

    Landing page yang tepat akan memberikan informasi yang tepat pada pengunjung yang tepat. Ini akan membantu meningkatkan tingkat kepuasan pengunjung dan mengurangi tingkat bounce rate (pengunjung yang keluar dari situs setelah melihat hanya satu halaman).

  4. Menyediakan analitik yang berguna

    Menggunakan landing page juga akan memberikan analitik yang berguna mengenai tingkat konversi dan tingkat keberhasilan dari iklan atau tautan yang Anda promosikan. Ini akan membantu Anda mengevaluasi keberhasilan marketing Anda dan menentukan apakah tindakan yang Anda ambil efektif atau tidak.


Dengan demikian, landing page merupakan bagian penting dari strategi marketing online Anda. Memiliki landing page yang profesional dan terstruktur dengan baik akan membantu meningkatkan tingkat konversi, meningkatkan kepercayaan pengunjung, menyediakan informasi yang tepat, serta menyediakan analitik yang berguna.

Kenapa Pengusaha Harus Membuat Landing Page


Pengusaha harus memiliki landing page karena ini merupakan halaman yang dapat memberikan informasi tentang bisnis mereka kepada pengunjung. Landing page juga merupakan alat yang efektif untuk mengumpulkan data dari calon pelanggan atau klien potensial. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa pengusaha harus memiliki landing page:

Membantu menjaga fokus pengunjung

Dengan memiliki landing page, Anda dapat memastikan bahwa pengunjung fokus pada tujuan spesifik dari bisnis Anda. Hal ini akan membantu mengurangi tingkat bounce rate (jumlah pengunjung yang meninggalkan situs setelah hanya melihat satu halaman) dan meningkatkan tingkat engagement pengunjung.

Membantu dalam memahami target audiens

Dengan mengumpulkan data dari calon pelanggan atau klien potensial melalui landing page, Anda dapat memahami lebih baik siapa audiens yang tertarik dengan bisnis Anda. Ini dapat membantu Anda dalam menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif.

Membantu meningkatkan SEO

Landing page yang memiliki konten yang berkualitas dan relevan dapat membantu meningkatkan peringkat situs Anda di mesin pencari, seperti Google. Ini akan membantu meningkatkan visibilitas bisnis Anda di internet.

Mempermudah pemasaran berbasis tujuan

Dengan memiliki landing page, Anda dapat membuat kampanye pemasaran yang lebih terfokus dan terukur. Anda dapat mengukur tingkat konversi dari setiap kampanye dan menentukan apakah strategi pemasaran Anda efektif atau tidak.

Jadi, pengusaha harus memiliki landing page karena ia merupakan alat yang efektif untuk meningkatkan tingkat konversi, membantu menjaga fokus pengunjung, membantu dalam memahami target audiens, membantu meningkatkan SEO, dan mempermudah pemasaran berbasis tujuan.

Cara Membuat Website Sendiri


Membuat website sendiri mungkin terdengar seperti tugas yang sulit, tetapi sebenarnya cukup mudah dilakukan asalkan Anda memiliki komitmen dan keinginan untuk belajar. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk membuat website sendiri:

  1. Tentukan tujuan website Anda

    Sebelum memulai proses pembuatan website, pertama-tama Anda harus memutuskan tujuan website Anda. Apakah website ini akan digunakan untuk mempromosikan bisnis Anda? Atau mungkin hanya sebagai platform untuk menulis blog pribadi? Menentukan tujuan website akan membantu Anda dalam menentukan konten yang akan ditampilkan di website tersebut.

  2. Cari nama domain dan hosting

    Setelah Anda menentukan tujuan website, selanjutnya mencari nama domain dan hosting. Nama domain adalah alamat website Anda yang akan dituliskan di browser (misalnya www.websitemu.com). Sedangkan hosting adalah tempat dimana website Anda akan disimpan. Ada banyak penyedia layanan hosting dan nama domain yang tersedia, seperti Niagahoster, GoDaddy, dan lainnya. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan biaya Anda.

  3. Buat Struktur Website

    Setelah memiliki nama domain dan hosting, selanjutnya membuat struktur website. Tentukan bagaimana website Anda akan di isi halaman-halaman apa saja dan bagaimana navigasi antar halaman tersebut akan terlihat. Anda dapat menggunakan aplikasi wireframe atau flowchart untuk membuat visual struktur website Anda.

  4. Pilih platform atau CMS (Content Management System)

    Anda perlu memilih apakah menggunakan platform atau CMS untuk membuat website. Platform adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk membuat website dengan cara drag-and-drop, seperti Wix atau Weebly. Sementara CMS adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk membuat dan mengelola konten website dengan lebih mudah, seperti WordPress atau Blogspot. Pilihlah platform atau CMS yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

  5. Buat konten website

    Terakhir membuat konten website. Pastikan konten yang Anda buat sesuai dengan tujuan website dan mudah dipahami oleh pengunjung.

Tools Membuat Landing Page Pemula


Untuk membuat landing page yang bagus, kita memerlukan alat yang tepat. Berikut ini ada beberapa pilihan yang dapat digunakan:

1. Unbounce (unbounce.com)

Unbounce adalah sebuah platform yang memungkinkan kamu membuat dan mengonversi landing page yang terlihat bagus. Unbounce menawarkan beragam template yang telah dibuat sebelumnya yang dapat kita gunakan, serta alat yang memungkinkan menyesuaikan desain dan menambahkan fungsi seperti formulir kontak dan integrasi dengan layanan email.

2. Leadpages (leadpages.com)

Leadpages adalah alat yang mudah digunakan yang memungkinkan membuat landing page cepat dengan template yang telah dibuat. Leadpages juga menawarkan alat yang memungkinkan Anda mengonversi lalu lintas Anda menjadi pelanggan yang setia dengan menambahkan formulir opt-in dan integrasi dengan layanan email.

3. Instapage (instapage.com)

Instapage platform landing page yang dapat Anda membuat landing page yang sangat teroptimalkan untuk konversi.

4. Landingi (Landingi.com)

Landingi merupakan alat yang sangat kuat yang memungkinkan Anda membuat landing page yang terlihat professional dengan mudah.

5. Google Sites (sites.google.com)

Google Sites menjadi pilihan gratis yang memungkinkan Anda membuat landing page sederhana dengan menggunakan template yang telah disediakan. Kelemahan dari google sites tidak memiliki banyak fitur tambahan seperti alat pengeditan visual atau integrasi dengan layanan lainnya.

6. Wordpress

Wordpress menjadi salah satu platform landing page yang paling banyak digunakan dan sangat populer yang memungkinkan Anda membuat landing page dengan menggunakan plugin seperti Thrive Architect atau Elementor dan Divi.

Membuat landing page dengan wordpress menjadi pilihan terbaik karena Anda dapat mendesain sendiri tampilannya sesuai dengan yang Anda inginkan. Selain itu apabila menggunakan jasa pembuatan landing page Anda dapat berdiskusi dan konsultasi gratis.

LihatTutupKomentar