Belajar SEO Revolution bersama Digibank dan Generasi Milenial - Accesstrade Caravan 2018


Digibank dan Generasi Milenial – Pekerjaan generasi milenial semakin beragam, dibandingkan dengan jaman old, bayangkan jika saat ini pekerjaan masih seperti dahulu kala, pegawai negeri atau kerja di pabrik bahkan hanya kerja kantoran tentu IT di Indonesia tidak berkembang dengan pesat. Untungnya presiden kita, pak Jokowi mendukung penuh industri kreatif ini dan pada tahun 2015 dibentuklah lembaga non kementerian yang menaungi industri kreatif agar lebih menjadi daya tarik generasi milenial, tentu juga menumbuhkan ekonomi Negara kita menjadi lebih baik lagi. 

SEO Revolution bersama Digibank dan Generasi Milenial - Accesstrade Caravan 2018
SEO Revolution di Generasi Milenial - Accesstrade Caravan 2018
Sebelum ngomongin generasi milenial, buat yang belum tahu generasi milenial itu apa? Ini adalah generasi yang lahir di awal tahun 1980 dan berakhir di tahun 2000. Menurut Mas Rizka dari Digibank by DBS menyampaikan bahwa generasi milenial itu lebih suka bekerja dirumah dengan perangkat digital ketimbang di kantor, dan saya cuma ngomong dalam hati, kandani og, aku banget kui,karena saat ini saya hanya mengandalkan blog sebagai penghasilan utama, bukan berarti saya tidak pengen kerja kantoran, tapi belum ada panggilan kerja saja. Mas, blogger kan gajianya lumayan kenapa masih pengen kerja kantoran? Jadi begini, bayangkan jika kamu sudah berkeluarga dan istrimu pagi-pagi berangkat kerja dan kamu pagi-pagi sudah ngopi di depan rumah dan tetanggamu lewat, libur po mas? Nah disinilah titik mangkelnya, mbok ya tanya ngopi apa mas, kan enak, pasti tak buatin kopi deh kalau mau mampir. Tidak semua orang jaman old tahu bahwa blog bisa menghasilkan uang, karena bentuknya pun kadang mereka tidak ngerti. Wah malah curhat, kembali ke topik kita SEO Revolution di era Generasi Milenial.

Rizka dari Digibank by DBS Indonesia
Mas Rizka dari Digibank by DBS Indonesia
 Tak bisa dipungkiri semakin majunya teknologi digital semakin beragam cara mencari uang, hal inilah yang banyak dilakukan oleh generasi milenial, beberapa contohnya adalah Youtuber, Selebgram, Desainer dan Blogger. Dan pada tulisan saya ini saya akan membahas tentang blogger. Hobi menulis menjadi modal utama blogger, mulai menceritakan kehidupan sehari-hari sampai meliput tempat wisata bahkan kuliner. Sebagai contoh, sahabat saya sebut saja Gusmul, dia berhasil menerbitkan buku dari blognya, jadi sebagian besar isi bukunya itu blog yang sudah dia bangun sejak lama. Selain itu ada juga pendiri kampung blogger di Magelang yang tidak perlu saya sebutkan namanya, beliau dari blog bisa menghasilkan banyak uang. Jadi sebenarnya kita membangun blog untuk tujuan apa, mencari uang, berkarya seperti gusmul atau jualan, tapi intinya tetap menghasilkan, hehe. Nah dari situlah banyak generasi milenial yang memilih kerja digital di rumah, yang secara pendapatan jauh diatas UMR daerah. 

Ngopi di SEO Revolution bersama Digibank dan Generasi Milenial - Accesstrade Caravan 2018
Sebelum mulai ngopi dulu biar tidak panik
Kemarin (28 Juli 2018) Accesstrade Caravan yang merupakan afiliasi dari Jepang mengelar workshop blogger di Yogyakarta, tepatnya di Horaios Malioboro Hotel yang berada di Jl. Gowongan Kidul. Dalam acara tersebut membahas SEO Revolution dari pakar SEO Mas Didik Arwinsyah.

Workshop Blogger Dimulai


Acara dibuka oleh Mbak Yamamoto selaku Project Officer Accesstrade Indonesia, dia dengan mengunakan Bahasa Indonesia yang ke Jepang-jepangan menjelaskan apa itu Accesstrade dan bagaimana cara monetize blog agar bisa mendapatkan uang. Setelah itu Mas Rizka dari Digibank by DBS Indonesia menjadi pembicara, nah disini awalnya saya bingung, kenapa di acara workshop blogger ada bank, namun setelah dijelaskan oleh pihak Digibank terkait kemudahan layanan mereka terhadap kita (blogger) membuat saya semakin paham tujuan bergabungnya Digibank di acara sore itu. Penasaran kan apa kemudahan yang didapatkan dari Digibank untuk blogger atau generasi milenial seperti kita ini.

Digibank dan Generasi Milenial - Accesstrade Caravan 2018
Sumber: www.dbs.com

  Fitur unggulan Digibank dibandingkan bank lainnya:


  1. Kita tidak perlu ke kantor cabang untuk membuka rekening, lalu caranya gimana? Jadi kita cukup download Digibank by DBS, yaitu aplikasi digital yang sudah tersedia untuk Smartphone Android dan iOS. Setelah itu buka aplikasinya dan pilih BUAT REKENING, lalu ikuti langkah-langkah selanjutnya. 
  2. Transaksi tidak perlu keluar rumah, hal ini sangat memanjakan pengguna Digibank untuk bertransaksi secara digital.
  3.  Transfer kesemua rekening Bank mana saja gratis, bahkan tidak terbatas, misalnya saya transfer sampai ke 10 rekening yang berbeda tetap gratis, cocok banget nih buat yang punya usaha. 
  4. Spending Tracker berfungsinya tentu untuk mengawasi pengeluaranmu hingga akhir bulan, ini cocok banget buat yang mau berhemat atau membatasi pengeluaran.
  5. Paling menarik buat saya adalah tarik tunai, meski ATM Bank DBS di Indonesia sedikit, namun tidak perlu khawatir karena mengambil uang di semua ATM yang berlogo VISA atau Mastercard gratis tanpa potongan biaya. 
  6. Yang terpenting ketika kita lupa PIN atau Password tidak perlu ke kantor cabang, karena di aplikasi Digibank sudah tersedia menu reset, untuk keamanan jangan diragukan lagi.

Selain keunggulan diatas, ada yang bikin ngiler nih, penawaran promonya sangat mengiurkan. Promo menarik Digibank by DBS Indonesia sebagai berikut:

  1. Suka nonton di XX1? Ini promo menariknya, kamu bakalan dappat GRATIS M-TIX sebesar Rp50.000 setiap top up Rp200.000. Ngisi saldo Rp200.000 dapatnya Rp250.000, lumayan banget kan. 
  2. Suka ngopi bareng teman? Digibank menawarkan potongan harga20% di Coffee Shop. 
  3. Oya hampir lupa, setelah membuka Rekening Digibank by DBS kamu bakalan langsung dapat cashback sebesar Rp50.000. 
  4. Top up saldo TCASH dan GOPAY bakalan dapat extra 25%.

 Untuk promo menarik lainnya bisa kunjungi dbs.com

SEO Revolution bersama Mas Didik Arwinsyah

Setelah perwakilan DBS Indonesia selesai mengenalkan Aplikasi Digital dengan keunggulan fitur seperti yang sudah saya jelaskan diatas, inilah yang ditunggu-tunggu oleh teman-teman blogger pada Event Accesstrade Caravan 2018 yaitu membedah SEO Revolution bersama Mas Didik.

Mas Didik SEO Revolution bersama Digibank dan Generasi Milenial - Accesstrade Caravan 2018
Mas Didik sedang memberi materi SEO Revolution
 Menurut beliau intinya SEO Revolusi ada 5, yaitu:

1. Riset keyword

Keyword sendiri masih dipecah lagi menjadi beberapa bagian, jadi tidak semua kata kunci bisa digunakan agar blog kita bisa bersaing dihalaman pageone google. Keyword apa yang bisa kita mainkan atau tidak disarankan untuk memainkannya. Berikut informasinya:
  • Keyword Short tail keyword yang terdiri dari satu sampai dua kata, namun disarankan dua kata, blogger pemula disarankan jangan main diarea ini. 
  • Long Tail Keyword biasanya terdiri dari tiga sampai tujuh kata, contoh Rumah Dijual Yogyakarta Harga Dibawah 400 juta, Mas Didik menyarankan menggunakan suggest google karena menurutnya itulah keyword yang terupdate dari mesin pencari ini. 
  • Keyword Abadi adalah keyword yang persaingan sampai hari kiamat, contoh Cara Menyembuhkan Sakit Kepala. 
  • Keyword Musiman, contoh yang keyword mengandung tahun, contohnya Mobil Avanza Terbaru 2018.

2. Onepage

Optimasi SEO Onepage sebenarnya cukup sederhana yaitu cukup pada bagian Title dan Meta Title serta Deskripsi artikel kita harus di isi dengan Keyword atau Kata Kunci. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:
a.       Tulisan original
b.      Tulisan kita yang terpenting harus menyelesaikan masalah, harus ada hubungan sebab dan akibat
c.       Deskripsi artikel di single post sesuai dengan kata kunci dan ada kaitannya, karena google akan mencari blog kita dari Title dan Deskripsi artikel kita.
d.      Pasang foto yang original, kalau saya sendiri jika tidak mampu mempunyai foto original biasanya mengedit foto yang menurut saya sesuai dan bikin sebeda mungkin, misalnya di flip, remove meta dan resize serta pencahayaan gambar juga perlu.
e.       Share di social media, karena kabar baiknya kita bisa mendapatkan backlink dari social media dan yang pasti juga mengenalkan blog kita ke orang lain.
f.       Kecepatan loading blog itu juga penting, efeknya jika loading lambat orang belum selesai membuka blog kita sudah di close, jadi harus ringan, saya sendiri biasa menguju loading blog di gtmetrix.com.

3. Link building

Link building adalah mendapatkan backlink dari blog orang lain, namun link harus natural dan berkualitas. Disarankan membangun backlink yang satu niche atau kategori, jika asal-asalan dapat berakibat terburuknya mendapatkan penalty dari google.

4. Pondasi

Nah yang tidak kalah penting setelah mendapatkan backlink dari blog yang berkualitas dan sudah diposisi atas, saatnya membangun pondasi blog kita agar tidak mudah tumbang, caranya membangun pondasi blog yaitu dengan membuat konten yang berkualitas, ciri-ciri konten bagus adalah pengunjung blog akan betah membaca tulisan kita, betah berlama-lama di blog kita, ibaratkan tamu tentu ketika mengunjungi rumah kita, kalau kita memberikan pelayanan terbaik mereka akan betah.

5. Evaluasi

Setelah nomor satu sampai empat sudah beres, saatnya kita evaluasi blog kita, bagaimana cara evaluasi blog, silahkan kunjungi Webmaster Tool dan cek link-link yang masuk apakah ada dilarang oleh google, semisal judi, situs dewasa dan lain sebagainya, jika ada link seperti itu disarankan untuk disavow link tersebut agar blog kita tetap aman. Selain itu kita juga bisa melihat keyword apa saja yang banyak dicari oleh pengunjung di blog kita, caranya masuk ke menu Search Traffic kemudian Search Queries, disana kita bisa melihat detail keyword yang masuk, itu juga bisa menjadi bahan menulis dan yang pasti ini akan menaikkan pengunjung blog kita.

SEO Revolution bersama Digibank dan Generasi Milenial - Accesstrade Caravan 2018
SEO Revolution oleh Mas Didik
Itulah akhir penjelasan mengenai SEO Revolution oleh Mas Didik, dan berakhir juga Event Accesstrade Caravan 2018 di Yogyakarta. Buat yang belum ikut dan mau ikutan event ini masih bisa lho, karena Accesstrade Caravan diselenggarakan di 7 kota, antara lain:
1.      Jakarta (Sudah)
2.      Yogyakarta (Sudah)
3.      Bandung (Belum)
4.      Cirebon (Belum)
5.      Surabaya (Belum)
6.      Medan (Belum)
7.      Makasar (Belum)

Foto bersama- Event Accesstrade Caravan 2018 di Yogyakarta dengan tema SEO Revolution
Foto bersama- Event Accesstrade Caravan 2018 di Yogyakarta
 Sebelum pulang ke rumah saya bersama teman-teman Komunitas Blogger Jogja makan malam dahulu, biar pulangnya tidak ndredeg, hehe…

SEO Revolution bersama Digibank dan Generasi Milenial - Accesstrade Caravan 2018
Makan malam dulu sebelum pulang, biar kuat bermalam mingguan
Posting Komentar
Diberdayakan oleh Blogger.