Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Smart Home Ternyata Bisa Menyelamatkan Bumi, Simak Tips Berikut Ini

Daftar isi
    Smart Home Ternyata Bisa Menyelamatkan Bumi

    Andriberbudi.web.id - Banyak orang mengira, smart home adalah salah satu penemuan yang memboroskan listrik sehingga menghasilkan emisi karbon lebih banyak daripada tipe rumah tanpa perangkat. Sebenarnya tidak seburuk itu, ada banyak cara agar rumah Anda tetap menggunakan perangkat smart home tanpa harus merusak bumi.

    Bahkan Anda bisa diingatkan oleh asisten smart home Anda untuk menonton siaran pertandingan kesayangan dan waktu akses m88 dengan tepat waktu tanpa harus mengeluarkan emisi karbon berlebih.

    Berkat protokol komunikasi rumah pintar yang semakin canggih, masa depan bumi yang berkualitas baik dapat dijangkau.

    1. Gunakan Smart Plugs (Colokan Ramah Lingkungan)

    Cara termudah untuk mengurangi konsumsi energi di rumah adalah dengan menggunakan beberapa smart plugs. Selain membantu Anda mempercantik beberapa perangkat Anda, colokan yang ramah lingkungan bisa mematikan perangkat yang menghabiskan energi secara otomatis.

    Ketika Anda sedang berlibur, colokan yang berbasis smart plugs mampu mengontrol lampu rumah agar tetap menyala - sehingga jalan sekitar rumah Anda tetap terang. Begitu juga ketika Anda sedang terburu-buru meninggalkan rumah, pada jarak jauh Anda tetap bisa mematikan perangkat elektronik.

    2. Gunakan Bohlam dan Lampu Otomatis

    Anda bisa menukar beberapa bohlam konvensional dengan tipe smart lamps. Mirip dengan colokan otomatis, Anda bisa mengelola perangkat di sekitar rumah dari jarak jauh, lampu dan bohlam smart menghilangkan perantara dan memungkinkan Anda mengontrol pencahayaan secara langsung dari ponsel atau dengan speaker suara.

    Namun ada kendalanya – karena perangkat ini harus selalu dinyalakan dengan saklar di dinding, perangkat ini menghabiskan sedikit energi sepanjang waktu, sama seperti perangkat lainnya yang beroperasi dalam mode siaga seperti TV, komputer, dan microwave. .

    3. Gunakan Sensor Pintar

    Terutama jika Anda menerapkan salah satu perangkat sebelumnya, sensor cerdas dapat merevolusi cara Anda mengelola energi di rumah.

    Baik itu dengan menggunakan sensor gerak untuk menyalakan perangkat saat Anda memasuki ruangan atau mematikannya saat tidak ada orang di sekitar, atau menggunakan sensor kualitas udara pintar seperti yang saya lakukan untuk menyalakan dan mematikan kipas dan alat pembersih secara otomatis tergantung pada kualitas udara. 

    4. Gunakan Tirai Pintar

    Tirai pintar adalah cara lain yang mungkin memerlukan lebih banyak upaya untuk memasang dan menyiapkannya, namun sangat bermanfaat untuk membantu menghemat energi. Banyak fitur sensor cahaya, yang tidak hanya memungkinkan Anda bangun dengan cahaya alami setiap pagi tanpa meninggalkan tempat tidur, tetapi juga membantu Anda menghemat energi.

    Misalnya ketika apartemen Anda sangat panas saat siang hari, tentu Anda akan buru-buru menutup tirai agar jendela kaca tidak membawa masuk cahaya matahari. Tirai pintar mampu melakukan hal ini secara otomatis ketika Anda diluar ruangan, sehingga sangat bermanfaat untuk menaikan suhu ruangan.

    Beberapa perangkat elektronik dan barang yang Anda simpan di dalam rumah mungkin sangat rentan dengan panas seperti kamera, LCD televisi, komputer, dll.