Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Antisipasi Kejadian Tabrak Lari dengan Pemasangan CCTV di Jalan

Daftar isi
    Antisipasi Kejadian Tabrak Lari dengan Pemasangan CCTV di Jalan
    Sumber: unsplash.com

    Andriberbudi.web.id - Camera CCTV mempunyai banyak fungsi sehingga saat tidak sedikit yang merekomendasikan untuk memasangnya di berbagai titik. Pemasangan CCTV di jalan raya dapat membantu untuk meminimalkan gangguan keamanan dan menemukan pelaku apabila tindakan tersebut sudah terjadi.

    Dengan memasang CCTV di jalan raya dapat meminimalkan kemungkinan terjadi tabrak lari karena mudahnya untuk menangkap pelaku. Untuk kebutuhan tersebut camera adalah jenis CCTV pilihan yang tepat karena menggunakan teknologi tinggi sehingga dapat berfungsi dengan maksimal.

    Peran CCTV Ketika Terjadi Tabrak Lari

    Peran CCTV Ketika Terjadi Tabrak Lari
    Sumber: pexels.com


    Kejadian tabrak lari masih menjadi kasus memprihatinkan yang sering terjadi di sekitar kita. Adanya pengguna jalan yang kurang bertanggung jawab dapat menyebabkan kerugian pada korban. Jika tidak ada yang melihat kejadian ini, bisa menjadikan korban tidak segera mendapat pertolongan karena pelaku melarikan diri.

    Untuk mencegah tindakan tersebut, pemasangan alat perekam atau CCTV sangat penting. Alat ini dapat membantu meningkatkan keamanan, kenyamanan dan keselamatan pengguna sekaligus mencegah aksi dari orang yang tidak bertanggung jawab. Peran camera CCTV saat terjadi tabrak lari cukup banyak, diantanya:

    1. Mudah Menemukan Pelaku

      Hasil rekaman yang baik dapat menunjukkan semua gambar di lokasi kejadian dengan jelas dan detail kendaraan, ataupun wajah pelaku pun dapat terdeteksi sehingga mudah untuk menemukan pelaku.

      Manfaat dari CCTV ini sangat membantu untuk bisa segera meminta pertanggungjawaban dari pelaku terhadap kejadian yang menimpa korban kecelakaan. Pemilihan camera adalah Keputusan tepat sebab akan menghasilkan gambar terbaik untuk memudahkan dalam mengetahui siapa yang melakukan tabrak lari.

    2. Bukti kejadian

      Dalam kejadian kecelakaan lalu lintas, bukti kejadian sangat penting sehingga pelaku yang sebelumnya sudah teridentifikasi dapat segera mempertanggungjawabkan kesalahannya.

      Adanya rekaman camera CCTV yang dipasang di jalan menjadikan semua pengguna jalan merasa tenang karena bisa terlindung dari kemungkinan aksi tabrak lari dan gangguan keamanan lainnya.

    3. Alat untuk penyelidikan

      Pihak yang berwajib membutuhkan bukti untuk melakukan penyelidikan terhadap gangguan keamanan, termasuk tabrak lari. Hasil tangkapan camera CCTV yang berkualitas dan detail, bahkan seperti aslinya, memudahkan pihak berwajib untuk menyelidiki kasus dan menemukan mana pihak yang bersalah.

      Rekaman juga bisa menjadi bukti valid dalam kasus tersebut sehingga mudah untuk meminta pertanggungjawaban dari pelaku karena hasil rekaman CCTV riil dan tidak dapat dipalsukan.


    Tips Memilih CCTV Outdoor untuk Pemasangan di Jalan


    Pemilihan CCTV yang tepat tidak hanya akan membuat pengguna puas, tetapi juga bisa mendapatkan hasil rekaman terbaik, karena itu Anda perlu mengetahui tips untuk mendapatkannya.

    Kesalahan dalam memilih CCTV dapat menyebabkan perangkat tidak dapat berfungsi secara maksimal dan mudah rusak. Sebelum membeli camera CCTV untuk pemasangan di jalan raya, bisa mempertimbangkan beberapa tips berikut ini:

    1. Mempunyai jangkauan luas

      Pertimbangkan untuk memilih jenis kamera dengan jangkauan luas atau jauh. Dengan demikian CCTV tersebut bisa merekam lebih banyak kejadian sesuai dengan jangkauannya. Anda pun bisa berhemat karena dapat memaksimalkan penggunaan CCTV tersebut.

    2. Bahan berkualitas

      Hujan, angin, sinar matahari dan debu bisa membuat CCTV mudah rusak. Sebaiknya memilih jenis kamera yang terbuat dari bahan berkualitas sehingga mempunyai umur pakai yang panjang.

      Untuk pemasangan di jalan raya, pilihan tepat adalah jenis outdoor. Pastikan produk yang menjadi pilihan tahan cuaca agar tidak mudah rusak meski terkena angin, hujan dan panas matahari.

    3. Kualitas gambar

      Banyak yang kecewa karena salah memilih CCTV sebab kualitas gambarnya rendah. Karena itu selalu pastikan kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera tersebut.

      AI camera adalah jenis kamera modern yang dapat menghasilkan rekaman seperti aslinya, jelas dan detail dengan resolusi terbaik. Tidak salah jika Anda memilih CCTV jenis ini.

    4. Fitur night vision

      Kamera merekam semua kejadian selama 24 jam, karena itu pastikan memiliki fitur night vision. Fitur ini membantu perangkat tetap dapat menangkap gambar objek dengan maksimal meski kondisi pencahayaan terbatas.

    5. Fitur motion detection

      Motion detection
      adalah jenis fitur yang dapat mengoptimalkan kinerja dari CCTV. Fitur ini akan mendeteksi adanya objek sehingga bisa merekamnya dengan tepat. Kamera akan bergerak secara otomatis mengikuti setiap suara atau pergerakan yang tertangkap.

    CCTV Hikvision AcuSense bantu Minimalkan Kasus Tabrak Lari


    Camera CCTV merupakan alat multifungsi yang banyak membantu dalam berbagai keperluan, termasuk meminimalkan terjadinya kasus tabrak lari. Namun jangan sampai salah dalam memilih produk agar mendapatkan kamera terbaik, seperti CCTV Hikvision AcuSense yang menggunakan teknologi tinggi, AI camera.

    AI camera adalah teknologi yang mendukung CCTV untuk bekerja dengan banyak lebih canggih sehingga bisa menghasilkan gambar terbaik meski pencahayaan minim, mampu menangkap objek bergerak dengan detail dan lainnya. Teknologi ini dapat Anda temukan pada kamera CCTV Hikvision AcuSense.

    Camera CCTV Hikvision AcuSense dapat memberikan hasil rekaman yang akurat sehingga memudahkan penyelidikan ketika terjadi tabrak lari. Rekaman yang dihasilkan juga sangat efisien, kamera ini juga dapat merekam secara real time sehingga semua kejadian dalam kasus tabrak lari terdokumentasikan semua. 


    Hasil rekaman dari CCTV ini sangat membantu dalam mengidentifikasi pelaku sehingga mudah untuk menangkapnya. Pemasangan di beberapa titik jalan juga akan membuat pengguna jalan lebih berhati-hati dan meminimalkan kasus tabrak lari yang mungkin terjadi. Untuk info lebih detail mengenai kamera Hikvision AcuSense bisa cek di sini.