Tips Liburan ke Pantai Parangtritis Jogja

Daftar Isi [Tampil]
Tips Liburan ke Pantai Parangtritis Jogja
Sumber: travel.kompas.com

Selamat datang di keindahan alam yang memesona, Pantai Parangtritis di Jogja. Terletak di selatan Yogyakarta, pantai ini memikat para wisatawan dengan pasir putihnya yang halus dan ombak yang memikat. Dikelilingi oleh tebing-tebing indah dan legenda mistis Ratu Pantai Kidul, Pantai Parangtritis bukan sekadar destinasi liburan biasa. Saat matahari tenggelam, langit dihiasi oleh warna-warni senja yang memukau, menciptakan suasana romantis yang tak terlupakan.

Para pengunjung dapat mencoba keberanian mereka berselancar di ombak yang menyenangkan atau menjelajahi keunikan pantai ini dengan jalan-jalan santai di sepanjang garis pantai yang luas. Tidak hanya menawarkan kecantikan alam, Pantai Parangtritis juga memiliki nuansa budaya yang kental, dengan upacara tradisional dan warung makan khas yang menggoda selera.

 

Baca juga: Sewa Mobil di Jogja

Rute Menuju Pantai Parangtritis



Pantai Parangtritis menjadi salah satu pantai paling populer di Yogyakarta. Pantai ini terletak di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika Anda ingin mengunjungi Pantai Parangtritis dari Malioboro, berikut adalah rute yang dapat Anda ikuti:

  1. Dari Malioboro menuju keselatan, sampai titik nol silahkan belok kiri, kemudian sampai lampu merah pertama ambil kanan, itu Jl. Brigjen katamso, ikuti sampai ada perempatan agak menyerong, ambil yang ke selatan.
  2. Setelah itu ikuti jalan itu terus ke selatan, karana jalan itu sudah Jl. Parangtritis.


Dari Malioboro menuju ke Pantai Parangtritis bisa ditempuh dengan waktu 1 sampai 1,5 jam, tergantung kepadatan lalu lintas.

Tips

  • Untuk menghindari kemacetan, sebaiknya berangkat pagi setelah jam berangkat kerja (jam 9-11) atau sore (jam 14-16).
  • Hindari mengunjungi pantai parangtritis di waktu liburan dan akhir pekan.

Baca juga: 10 Rental Mobil di Jogja 24 Jam

Jarak ke Pantai Parangtritis


Parangtritis dari Jarak
Kota Yogyakarta 29,2 km
Bandara YIA 43,0 km
Stasiun Lempuyangan 29,1 km
Terminal Giwangan 27,5 km

Pantai Parangtritis, berlokasi di selatan Yogyakarta, menghadirkan pesona geografis yang luar biasa. Ditepi Samudra Hindia, pantai ini mempersembahkan garis pantai yang mengagumkan, disertai dengan pasir putih yang lembut dan ombak yang tenang.

Pantai ini juga dikenal karena angin lautnya yang sejuk dan matahari terbenamnya yang memikat. Kejernihan langit di malam hari memperlihatkan gemerlap bintang di langit, menciptakan suasana romantis. Parangtritis surga bagi para pencinta alam dan petualang, Pantai Parangtritis di Jogja memukau dengan segala keajaibannya.

Sejarah Tentang Pantai Parangtritis


Pantai Parangtritis menyimpan sejarah yang kaya dan mitos yang melekat kuat dalam budaya lokal. Menurut legenda yang berkembang di masyarakat setempat, Pantai Parangtritis dianggap sebagai kerajaan Ratu Pantai Selatan "Nyi Roro Kidul", yang diyakini memiliki kekuatan gaib dan muncul pada malam di hari tertentu.

Sejarah Pantai Parangtritis juga mencatat bahwa pantai ini pernah menjadi tempat persembunyian dan meditasi masa lampau. Selain itu, dalam sejarahnya, Pantai Parangtritis pernah menjadi tempat pendaratan tentara Belanda pada masa penjajahan.

Secara lebih kontemporer, Pantai Parangtritis menjadi tujuan wisata yang populer pada abad ke-19 dan terus berkembang hingga sekarang. Pantai ini menawarkan keindahan alam yang memesona dan menjadi tempat pelaksanaan upacara adat.

Seiring waktu, Pantai Parangtritis tidak hanya menjadi destinasi wisata alam, tetapi juga sebuah warisan budaya yang dijaga dengan kekayaan sejarah dan mitos yang melekat pada setiap pasir putih dan deburan ombaknya.


Baca juga: Bengkel Mobil di Bantul

Wisata di Pantai Parangtritis


Parangtritis atau biasa orang Jogja menyebut Paris rasanya tidak pernah sepi dikunjungi, terutama disaat liburan atau akhir pekan. Parangtritis dan Malioboro merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan yang ke Jogja. Yang menarik dari pantai parangtritis adalah keindahannya.

Pemandangan Matahari Terbenam


Hal utama yang cukup menarik adalah sunset atau matahari terbenam yang khas dari Parangtritis dengan segala keindahannya.

Ombak yang Besar


Pantai Parangtritis memiliki ombak yang sangat besar. Ombak ini sangat cocok untuk berselancar. Para peselancar dari berbagai daerah di Indonesia bahkan sering datang ke Pantai Parangtritis untuk berselancar.


Mitos dan legenda


Pantai Parangtritis juga memiliki berbagai mitos dan legenda yang menarik. Salah satu mitos yang paling terkenal adalah mitos tentang Nyi Roro Kidul, Ratu Pantai Selatan. Konon, Nyi Roro Kidul sering muncul di pantai ini pada malam hari.

Tempat Wisata Populer di Sekitar Pantai Parangtritis


1. Gumuk Pasir Parangkusumo


Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan gurun pasir yang memukau di Yogyakarta, mengundang para pengunjung untuk menjelajahi keindahan gurun yang unik di tengah-tengah keelokan alam. Dengan pasir putih yang lembut membentang luas, gumuk pasir ini menciptakan panorama eksotis yang memikat mata.

Selain kecantikan alamnya, Gumuk Pasir Parangkusumo juga dikenal sebagai tempat untuk melibatkan diri dalam kegiatan petualangan, seperti berkuda dan bersepeda ATV melintasi bukit pasir yang indah. Matahari terbenam di atas gumuk pasir ini juga menciptakan pemandangan spektakuler yang tak terlupakan.

Tempat ini juga memiliki nilai sejarah dan spiritual, sering kali menjadi tempat pelaksanaan upacara adat dan ritual keagamaan. Dengan kombinasi keindahan alam, petualangan seru, dan nilai budaya yang kental, Gumuk Pasir Parangkusumo menjadi destinasi yang menarik bagi para pencari pengalaman yang unik di Jogja.

2.  Pantai Cemara Sewu


Pantai Cemara Sewu, sebuah surga tersembunyi di Yogyakarta, memukau dengan kecantikan alamnya yang memanjakan mata. Dikelilingi oleh pepohonan cemara yang tinggi menjulang, pantai ini menawarkan suasana tenang dan damai yang cocok untuk melarikan diri dari hiruk-pikuk kota.

Pasir putih yang halus menyerupai karpet di sepanjang bibir pantai, menciptakan suasana eksklusif yang menawan. Ombak yang tenang memeluk pantai dengan lembut, menciptakan lingkungan yang ideal untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

3. Pantai Depok


Buat yang lapar bisa datang ke pantai depok karena disinilah surganya seafood, banyak pilihan ikan segar hasil tangkapan nelayan, bahkan disana bisa masak ditempat juga.

Penginapan Murah di Pantai Parangtritis


Menikmati keindahan Pantai Parangtritis tidak perlu membuat kantong terkuras habis. Untuk para pencari penginapan murah di destinasi ini, pilihan tersedia untuk memastikan liburan yang terjangkau dan nyaman. Guesthouse dan penginapan lokal di sekitar Pantai Parangtritis menawarkan kenyamanan dengan harga yang bersahabat, memungkinkan para wisatawan untuk menikmati pantai tanpa membebani anggaran.

Penginapan murah di sekitar Pantai Parangtritis sering kali menyediakan fasilitas dasar seperti kamar yang bersih dan nyaman, serta akses yang mudah ke objek wisata utama. Sebagian besar juga menawarkan suasana hangat dan ramah, memberikan pengalaman menginap yang berkesan. Dengan alternatif penginapan yang terjangkau, liburan di Pantai Parangtritis dapat dinikmati oleh semua kalangan. Biaya penginapan di sekitar parangtritis mulai dari 100 ribuan.

Fasilitas di Pantai Parangtritis


Fasilitas di Pantai Parangtritis cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Berikut adalah beberapa fasilitasnya:

  • Area parkir
    Pantai Parangtritis memiliki area parkir yang luas untuk menampung kendaraan wisatawan.

  • Toilet umum
    Pantai Parangtritis memiliki toilet umum yang bersih dan nyaman.

  • Mushola
    Pantai Parangtritis memiliki mushola yang bersih dan nyaman untuk beribadah.

  • Warung makan dan minuman
    Pantai Parangtritis memiliki banyak warung makan dan minuman yang menjajakan berbagai jenis makanan dan minuman.

  • Toko souvenir
    Pantai Parangtritis memiliki banyak toko souvenir yang menjual berbagai macam oleh-oleh khas Yogyakarta.

  • Wahana permainan
    Pantai Parangtritis juga memiliki beberapa wahana permainan, seperti ATV, delman, dan kereta kuda.

FAQ


Bagaimana cuaca di Pantai Parangtritis selama liburan?    
Cuaca di Pantai Parangtritis cenderung panas dan lembap sepanjang tahun. Pastikan untuk membawa pakaian ringan dan tabir surya.

Apa saja persiapan yang perlu dilakukan sebelum berkunjung?    
Persiapkan pakaian pantai, sandal, dan perlengkapan lainnya. Periksa juga prakiraan cuaca dan pastikan membawa obat-obatan pribadi jika diperlukan.

Adakah tempat penyewaan peralatan selancar di sekitar pantai? 
   
Ya, terdapat tempat penyewaan peralatan selancar di sekitar Pantai Parangtritis. Anda dapat menyewa peralatan tersebut untuk mencoba berselancar.

Bagaimana rute terbaik menuju Pantai Parangtritis?    
Rute terbaik bergantung pada lokasi Anda. Umumnya, dari pusat Yogyakarta, Anda dapat mengambil rute menuju Bantul dan mengikuti petunjuk arah ke pantai.

Apakah ada aktivitas gratis atau berbiaya rendah di sekitar pantai?    
Ya, Anda dapat menikmati jalan-jalan di sepanjang pantai secara gratis. Selain itu, terdapat juga aktivitas berbiaya rendah seperti berkuda di sekitar pantai.

Apa saja spot terbaik untuk menikmati matahari terbenam?    
Spot terbaik untuk menikmati matahari terbenam di Pantai Parangtritis adalah di sekitar bukit pasir atau di pesisir pantai yang terbuka.

Bagaimana cara menuju ke tempat wisata terdekat dari Pantai Parangtritis?    
Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, taksi, atau ojek untuk menuju tempat wisata terdekat seperti Goa Cemara atau Bukit Paralayang.

Adakah warung makan atau restoran terdekat yang direkomendasikan?    
Ya, terdapat beberapa warung makan di sekitar Pantai Parangtritis yang menyajikan hidangan lokal lezat. Anda dapat mencoba hidangan seafood yang segar.

Bagaimana mengelola sampah dan menjaga kebersihan di Pantai Parangtritis?    
Mohon untuk membawa kantong sampah sendiri dan membuang sampah pada tempatnya. Dukung kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Apakah ada upacara adat atau festival yang sering diadakan di pantai?    
Ya, Pantai Parangtritis sering menjadi lokasi upacara adat atau festival. Pastikan untuk memeriksa jadwal lokal untuk acara yang mungkin berlangsung.

LihatTutupKomentar