Manfaat Memiliki Website untuk Bisnis Anda Semakin Berkembang

Daftar Isi [Tampil]
Manfaat Memiliki Website untuk Bisnis Anda #NaikLevel Bersama Rumahweb


Tahukah Anda Manfaat Memiliki Website untuk Bisnis? Perekonomian di Indonesia setelah pandemi banyak sekali mengalami perubahan karena 2 tahun kita harus jaga jarak, lebih banyak di rumah dan aturan social distancing. Padahal masyarakat kita dikenal dengan ramah tamahnya, bergotong royong dan berkehidupan sosial dengan baik. Masyarakat lebih cenderung beralih menyukai membeli sesuatu secara online dan akibatnya banyak bisnis yang kala itu belum mengenal online menjadi terpuruk.

Saat ini pandemi sudah berakhir namun masih ada bisnis yang belum bangkit atau sedang memulai membangun bisnis lagi, oleh karena itu saya menulis ini untuk membantu atau membangkitkan semangat para pengusaha baik perorangan, khususnya UMKM dan perusahaan yang selama ini tidak mengoptimalkan bisnisnya melalui website. Cara ini menurut saya akan lebih efektif untuk mengembangkan sebuah bisnis agar mendapatkan pasar yang lebih besar. Mengapa? Kita bisa melihat bahwa semua orang saat ini mempunyai handphone yang pasti sudah terhubung dengan jaringan internet dan mereka mencari sesuai dari internet, oleh karena itu kesempatan bisnis Anda tumbuh dan berkembang akan terbuka lebar.

Apakah sudah memiliki gambaran tentang website untuk sebuah bisnis dan manfaatnya? Sudah ya, hehehe.

Apa itu Website Bisnis

Website bisnis adalah sebuah website yang dibuat untuk mempromosikan usaha Anda, biasanya berisi produk atau layanan Anda, profil bisnis Anda meliputi visi dan misi dan kontak, agar memudahkan pelanggan dapat menghubungi Anda. Dengan mempunyai website bisnis, Anda dapat mudah menjangkau pelanggan banyak dan yang terpenting dapat meningkatkan kepercayaan mereka terhadap bisnis Anda.

Manfaat Memiliki Website untuk Bisnis Anda

Di era digital seperti sekarang ini, memiliki website menjadi suatu keharusan buat bisnis Anda. Memiliki website dapat meningkatkan visibilitasnya, menjangkau pasar yang lebih luas, memberikan informasi lengkap tentang produk atau layanan yang Anda ditawarkan, dan yang pasti dapat meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, memiliki website menjadi hal yang penting bagi bisnis yang ingin bersaing dan tumbuh berkembang.

Mengapa Penting Membuat Website Bisnis?

1. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas tadi,  mempunyai website bisnis yang profesional dan informatif dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis kita. Jadi begini, ketika pelanggan menemukan website kita maka mereka akan melihat isinya, profil binsis, layanan atau produk apa yang kita tawarkan testimoni, serta informasi terkait layanan bisnis Anda. Dengan adanya itu mereka baru akan memutuskan untuk membeli produk atau layanan yangAnda tawarkan.

2. Menjangkau Pelanggan Profesional

ketika Anda mempunyai sebuah website bisnis yang profesional dengan desain yang menarik, mereka akan melihat bahwa bisnis Anda serius sehingga akan menarik minat calon pelanggan. Tidak hanya itu dengan naviasi website yang baik memudahkan mereka untuk menemukan apa yang mereka cari, misalnya produk A, atau kontak Anda.

3. Jangkau Pelanggan Secara Online

Statistik pengguna internet tahun 2023

Menurut survei dari statista.com hingga januari 2023 pengguna internet di seluruh dunia mencapai 5.16 miliar sedangkan pengguna sosial media sebanyak 4.76 miliar.

Sementara di Indonesia pengguna internet sampai 2023 mencapai 215 juta orang. Peningkatan penggunaan internet ini terjadi sejak pandemi covid 19, seperti Andriberbudi kutip dari APJII.

Dengan demikian jika bisnis Anda semenjak pandemi masih tetap berada diposisi yang sama, atau bahkan cenderung tidak berkembang maka perlu melakukan perubahan dengan cara merubah sistem yang lama dengan digitalisasi, website menjadi pilihan utama yang sangat direkomendasikan.

Sebagai contoh nyata keberhasilan #NaikLevel yang dilakukan oleh dr. Tirta bisnis shoes and carenya. Beliau mengatakan bahwa pada saat pandemi 6 cabang bisnisnya tutup, namun saat ini sudah bangkit dan mencapai 70 cabang.

Kunci suksesnya adalah dengan terjun ke bidang digital melalui website seperti delivery, digital order dan payment digital yang sebelumnya belum pernah dicoba sebelumnya, Sumber Youtube.

Siapa yang Harus Membuat Website?

Setiap orang dapat membuat website mereka sendiri, baik pemilik bisnis atau personal. Sebenarnya, memiliki website itu penting bagi siapa saja yang ingin memperkenalkan diri, meningkatkan kepercayaan diri, atau bahkan membangun karir online.

Website untuk Pemilik Bisnis

Bagi pemilik bisnis, website sangat penting untuk memperkenalkan bisnis dan produk atau jasa yang mereka ditawarkan. Keuntungan mempunyai website bagi bisnis Anda karena diakses oleh siapa saja, kapan saja, dan dari mana saja. Ini berarti, peluang Anda untuk menjangkau konsumen potensial menjadi lebih besar. Selain itu, website juga bisa menjadi cara yang baik untuk membangun brand Anda, meningkatkan kepercayaan pelanggan, dan meningkatkan penjualan.

Website untuk Personal

Memiliki website bisa menjadi cara yang baik untuk memperkenalkan diri atau bahkan membangun karir online. Misalnya, jika Anda seorang penulis, maka memiliki website akan memberikan Anda kesempatan untuk memamerkan karya Anda. Contohnya Agus Mulyadi, yang saya awal kenalnya tukan edit foto saja namun ternyata dia mempunyai kepiawaian dalam mengolah kata di blognya, selain itu Raditya Dika juga dari blognya banyak menghasilkan karya besar.

Jika Anda seorang seniman, developer atau yang dapat membuat karya menarik, website dapat menjadi cara terbaik untuk memperkenalkan portofolio kepada orang lain. Bahkan, jika Anda hanya ingin membagikan pengalaman Anda, maka website bisa menjadi platform terbaik untuk itu.

Waktu yang Tepat untuk Membuat Website Bisnis

Apabila Anda bertanya kapan waktu yang tepat, saya bisa jawab sekarang. Kenapa? karena sebaiknya Anda membuat website sejak awal bisnis berdiri. Memiliki website dapat mempermudah bisnis Anda untuk berkembang dan dikenal oleh khalayak ramai. Selain itu website juga dapat meningkatkan branding bisnis Anda.

Apabila saat ini sudah mempunyai bisnis namun belum membuat website, sekarang saatnya Anda membuatnya. Di era digital seperti sekarang ini website tidak tanya sebagai formalitas namun dapat membantu menunjang bisnis Anda berkembang, selain tiu wbiste menjadi salah satu aset yang sangat penting bagi bisnis Anda.

Bagaimana Cara Membuat Website untuk Bisnis

Setelah mengetahui siapa yang harus membuat website, maka hal selanjutnya adalah bagaimana cara membuat website itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat website dengan mudah:

Pilih Platform Website

Ada banyak platform yang tersedia untuk membuat website, misalnya WordPress, Blogger, Wix, Squarespace, dan sebagainya. Pilihlah platform yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cari Nama Domain

Nama domain adalah alamat website Anda, seperti www.namadomainanda.com, jika ingin yang murah bisa menggunakan domain web.id, my.id atau biz.id seperti punya saya juga murah, hehehe.
Pilihlah nama domain yang baik dan berkualitas dengan kriteria:

  • Nama domain pendek dan mudah diingat
  • Nama domain tanpa tanda penghubung dan angka
  • Nama domain branding atau sesuai dengan brand Anda
  • Buat nama domain dengan kata kunci jika ingin menargetkan kesuatu produk
  • Buat nama domain dengan lokasi, nama kota atau provinsi apabila layanan Anda hanya didaerah tersebut, biasanya digunakan untuk marketing properti, mobil dan layanan lokal.
  • Pilih ekstensi domain sesuai bidang usaha Anda, misalnya PT direkomendasikan untuk menggunakan co.id, namun secara umum bisa menggunakan .com atau .id yang pasti relevan dengan bisnis atau tujuan Anda.

Apabila digunakan untuk bisnis, saya rekomendasikan untuk menggunakan domain .com, .id atau co.id (perlu syarat dokumen seperti KTP dam SIUP/TDP/NPWP Perusahaan/Akta Perusahaan).

Beli Hosting Murah dan Unlimited

Untuk menyimpan data website (foto, video dan konten), Anda memerlukan hosting sebagai wadahnya. sederhananya hosting itu seperti memory card pada handphone atau sebuah toko yang didalamnya berisi banyak barang-barang dan produk Anda. Jadi ketika ada yang datang berkunjung ke website melalui domain Anda mereka dapat melihat apa yang Anda tawarkan, kurang lebih seperti itu gambarannya.

Untuk Anda yang baru pertama kali terjun dan memulai membuat website bisa membeli hosting murah dahulu, biayanya sangat terjangkau mulai dari 15 ribuan saja, karena nanti misalnya sudah berjalan dan apabila memerlukan penyimpanan yang lebih besar dapat dilakukan upgrade hosting ke kapasitas yang lebih gede.

Apabila Anda ingin membuat website untuk toko online dengan jumlah produk yang banyak saya lebih merekomendasikan paket hosting unlimited atau VPS sekalian, karena saat ini sudah ada VPS murah.

Pilih Tema Website

Setelah menentukan platform, nama domain dan hosting, hal selanjutnya adalah memilih tema untuk website Anda. Tema akan menentukan tampilan dan fungsionalitas website Anda. Pilihlah tema website yang mempunyai navigasi mudah, desain responsive dan loadingnya cepat. Karena ini juga akan mempengaruhi SEO.

Buat Artikel yang Menarik

Konten adalah hal yang paling penting dalam sebuah website. Pastikan konten Anda informatif, menarik, dan relevan dengan target audiens Anda, misalnya Anda bisnis rental mobil maka selain memperkenalkan produk dan layanan Anda seperti apa, Anda juga dapat menulis artikel di website tentang panduan, tips yang berkaitan dengan rental mobil. Artikel yang di update secara berkala akan memberikan nilai lebih di mata google sehingga memungkinkan website Anda akan mendapatkan peringkat lebih baik dibandingkan yang tidak pernah update artikel di website. 

Untuk mendapatkan dua manfaat sekaligus dalam menulis artikel selain untuk optimasi website di artikel yang Anda tulis, sertakan juga beberapa paragraf tentang jasa yang Anda tawarkan, karena orang yang mencari artikel tentang rental biasanya orang yang sedang membutuhkan rental itu sendiri.

Tunggu apalagi, yuk buat website untuk bisnis Anda.

Jasa pembuatan website
LihatTutupKomentar