Tertarik Beli Mobil Matic? Ketahui Dulu Cara Perawatannya

Daftar Isi [Tampil]
Tertarik Beli Mobil Matic? Ketahui Dulu Cara Perawatannya

 

Andriberbudi - Semenjak kehadirannya di Indonesia, mobil matic sudah banyak peminatnya dan sampai sekarang justru semakin meningkat secara signifikan. Apalagi mobil matic bukan hanya cocok untuk pria tetapi juga untuk wanita yang ingin kemudahan dalam berkendara setiap hari.

Dengan kemudahan tersebut, maka pada mobil matic tanpa kopling dan hanya tersedia 2 pedal yaitu gas dan rem sehingga pengemudi hanya perlu menyesuaikan kecepatan dengan pedal gas dan juga rem. Bagi yang sudah punya mobil matic tentu harus sudah tahu cara merawatnya dengan benar. Bagi yang belum tahu, maka bisa baca dulu ulasan mengenai perawatan mobil matic dibawah ini.

Tips Merawat Mobil Matic

Memanasi Mobil Matic Setiap Pagi

Cara pertama ini sangat mudah dan tidak perlu mengeluarkan tenaga atau bahkan uang yaitu memanaskan kendaraan dengan berkala yang disarankan setiap pagi. Sebelum berangkat, sediakan waktu 1 sampai 3 menit untuk memanaskan agar mesin bisa panas dengan sempurna saat mobil mulai dijalankan. Jika setiap hari melakukan ini maka mesin akan prima dan jarang terjadi gangguan di mesin. Pastikan juga memanaskan dalam metode benar yaitu jangan menyalakan AC dan tuas transmisi dalam kondisi netral serta sebaiknya dilakukan pada ruang yang terbuka.

Rutin Dijalankan

Bagi yang memiliki mobil matic tetapi jarang dipakai bukan berarti harus dibiarkan begitu saja, ada baiknya dipanaskan dan juga rutin untuk dijalankan walaupun hanya sebentar. Hal ini perlu dilakukan agar transmisi bisa tetap lincah di jalan. Mobil yang jarang dipakai juga akan mempengaruhi gear box, jadi harus dicek apakah transmisi sulit dipindahkan atau hal lain yang tidak nyaman bisa jadi karena ada masalah di gear box.

 Oli Wajib Diganti Rutin

Perawatan penting yang tidak bisa dilupakan untuk mobil matic dan juga manual adalah kewajiban untuk mengganti oli dengan rutin. Fungsi oli pada mobil matic ada beberapa mulai dari melumasi, menjaga suhu, dan menjaga komponen agar tidak cepat aus. Biasanya penggantian oli berdasarkan jarak yang sudah ditempuh mobil selama beberapa waktu. Idealnya ganti oli sudah harus dilakukan saat sudah menempuh lebih dari 25 ribu kilometer dan jarak maksimal 50 ribu kilometer. Untuk hasil yang lebih baik, maka bisa mengganti oli saat jarak tempuh baru mencapai angka 10 ribu kilometer.

Cara Membersihkan Mobil Matic

Untuk membersihkan mobil matic, pertama-tama kumpulkan semua peralatan yang dibutuhkan seperti sikat atau kuas, sabun mobil, lap kering, lap basah, dan air. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan bahwa mobil sudah dingin sebelum mulai membersihkannya.
  2. Mulailah dengan menyikat atau menggunakan kuas untuk menghapus debu dan kotoran yang menempel di bagian luar mobil.
  3. Cuci bagian luar mobil dengan menggunakan air dan sabun mobil. Gunakan lap basah untuk menghapus noda yang susah hilang.
  4. Setelah itu, bersihkan bagian ban mobil dengan menggunakan sikat atau kuas yang khusus untuk membersihkan ban.
  5. Bersihkan juga bagian bawah mobil dengan menggunakan air dan sabun.
  6. Setelah selesai membersihkan bagian luar, bersihkan juga bagian dalam mobil dengan cara yang sama.
  7. Bersihkan juga bagian jok mobil dengan menggunakan lap basah yang telah dibasahi dengan air dan sabun.
  8. Jika sudah selesai, keringkan semua bagian mobil dengan menggunakan lap kering.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan peralatan seperti polisher atau wax untuk memperindah tampilan mobil Anda setelah membersihkannya. Semoga membantu!

Sebenarnya masih banyak lagi perawatan untuk mobil matic, ada baiknya beli mobil matic bekas dulu di mobbi agar bisa langsung praktek dalam hal perawatan. Platform mobbi menyediakan layanan jual mobil bekas Jakarta dan semua daerah untuk mobil matic dan mobil manual. Keunggulan dari platform yang merupakan salah satu member dari Astra adalah kendaraan berkualitas, harga yang bersaing, dan juga ada garansi.

LihatTutupKomentar