Cara Beralih ke TV Digital

Daftar Isi [Tampil]
Cara Beralih ke TV Digital
Cara Beralih ke TV Digital

TV Digital secara bertahap akan mengantikan keberadaan TV analog, ASO (Analog Switch Off) akan dilakukan bertahap di berbagai wilayah. Minggu kemarin akhirnya saya membeli antena tv digital karena daerah saya Bantul, Yogyakarta menurut jadwal akan dilakukan ASO mulai 2-25 Agustus mendatang termasuk Klaten, Sukoharjo, Karanganyar dan Kota Surakarta.

 

Saya menggunakan antena digital Advance AA-101 dapat digunakan pada indoor maupun outdoor dan sudah dilengkapi kabel sepanjang 10 meter. Untuk TV, saya menggunakan TCL LED TV 32 Inch - 32D3000B yang sudah support tuner Analog dan Digital DVB-T2 jadi tidak perlu menggunakan STB (Set Top Box).

Cara Beralih ke TV Digital
Jarak Pemancar TV Digital

Saat pertama saya pasang dan search channel TV Digital tak ada satupun yang didapat. Kemudian saya cek melalui aplikasi Sinyal TV Digital, download disini. Ternyata rumah saya ke pemancar berjarak 14,72 km. Apa karena kurang tinggi antenanya pikirku, tapi karena dapat informasi dari teman yang di Jawa Tengah, rumahnya dan pemancar berjarak 13 km antena indoor dapat channel banyak. Lalu membaca di grup facebook TV DIGITAL JOGJA - JATENG yang satu kecamatan dengan saya juga mendapatkan banyak channel, singkat cerita aku setting ulang dan mendapatkan 22 channel.


Cara Mengetahui TV Digital atau Analog


Sebelum membeli STB atau antena tv digital saya menyarankan Anda untuk melakukan pengecekan dahulu apakah perangkat TV Anda sudah mendukung TV digital atau belum. Caranya sebagai berikut:

  • Silahkan kunjungi siarandigital.kominfo.go.id 
  • Kemudian masuk ke menu perangkat TV digital
  • Pada bagian nama perangkat pilih kategori Televisi
  • Disampingnya ada kolom merek, silahkan masukkan merek TV Anda, jika saya memasukkan TCL
  • Akan muncul berbagai tipe TV dari merek TCL, atau merek TV Anda. Jika tipe TV Anda ada di sana berarti perangkat TV Anda sudah digital.

Misalnya TV Anda belum terdaftar, tenang saja karena Anda masih dapat menggunakan TV analog tersebut untuk menonton layanan TV digital, caranya Anda dapat membeli STB dan tetap menggunakan antena biasa karena STB merupakan alat yang mengubah dari frekuensi analog menjadi digital.


Cara Mendapatkan STB (Set Top Box) Gratis


Kabar baiknya bahwasanya menkominfo menyediakan STB gratis untuk Anda pemilik TV Analog. Ada beberapa persyaratan untuk mendapatkannya.

  1. Anda tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.
  2. Memiliki identitas e-KTP.
  3. Lokasi rumah berada di cakupan yang terdampak ASO.

Setelah memenuhi persyaratan diatas, silahkan mendaftarkan diri di DTKS agar bisa mendapatkan STB TV Digital gratis. Caranya:

  1. Download aplikasi Cek Bansos di Play Store
  2. Kemudian pilih menu daftar susulan
  3. Dari menu usulan dapat mendaftarkan diri Anda yang namanya sudah terdaftar di DTKS Kemensos
  4. Lalu pada menu daftar usulan tadi, silahkan pilih menu tambah usulan
  5. Kemudian dengan masukkan NIK KTP dan identitas Anda akan di validasi untuk mencocokkan data.
  6. Jika nama Anda sudah seusai selanjutnya bisa memilih jenis bansos yang akan diajukan, salah satunya adalah pemberian alat Set Top Box (STB) gratis.

Bila sudah termasuk kriteria, penerima bantuan akan mendapatkan undangan oleh kelurahan atau desa setempat. Undangan itu yang nantinya jadi pegangan untuk mengambil set top box gratis TV digital di kantor Pos terdekat (dikutip dari inet.detik.com).


Cara Mencari TV Digital


Berikut langkah-langkah yang aku lakukan untuk mendapatkan banyak channel TV Digital.

1. Pilih option dan ubah dari ATV ke DTV.
2. Masuk ke menu dari remote.
3. Masuk ke bagian pencarian.
4. Untuk TV TCL ada pilihan ATV & DTV, ATV dan juga DTV, pilih yang DTV saja.


Cara Beralih dari Analog ke TV Digital 

 

Untuk beralih dari TV Analog ke TV Digital caranya cukup sederhana yaitu jika daerah Anda sudah berada di area TV digital silahkan membeli STB (Set Top Box) saja. Saat ini harga mulai 160 ribuan (harga di marketplace). Atau mengikuti panduan mendapatkan STB Gratis. Setelah mempunyai STB bisa langsung di colokkan dari antena UHF ke ANT IN dibelakang STB kemudian sambungkan STB ke TV dengan kabel RCA atau HDMI, nyalakan STB dan TVnya dan terakhir sesuaikan tampilan di TV AV atau HDMI.  Scan channel agar siaran masuk.

 

Demikian informasi yang dapat saya berikan tentang Cara Beralih ke TV Digital dengan mudah gratis dan berbayar, semoga bermanfaat.

LihatTutupKomentar