Apa itu Perubahan Iklim, Penyebab dan Dampaknya

Daftar Isi [Tampil]
Apa itu Perubahan Iklim, Penyebab dan Dampaknya
Perubahan Iklim (freepik.com)


Perubahan iklim akan mengacu pada perubahan jangka panjang dalam suhu dan pola cuaca. Pergeseran ini mungkin alami, seperti melalui variasi siklus matahari. Namun sejak tahun 1800-an, aktivitas manusia telah menjadi pendorong utama perubahan iklim sendiri.

Perubahan iklim ini menyebabkan emisi terus meningkat . Akibatnya sekarang bumi 1,1°C lebih hangat daripada diakhir tahun 1800-an. Dekade terakhir (2011-2020) adalah rekor terpanas.

Penyebab Perubahan Iklim


Saat emisi gas rumah kaca menyelubungi Bumi maka panas matahari pun terperangkap. Hal ini menyebabkan pemanasan global dan perubahan iklim. Dunia sekarang memanas lebih cepat daripada kapan pun sepanjang sejarah yang tercatat. Mengerikan, banyak penyebab yang sangat mempengaruhi perubahan iklim ini.

  1. Bahan Bakar Fosil

    Ini salah satu penyebab yang mendukung terjadinya perubahan iklim, seperti batu bara, mintauk dan gas alam merupakan salah satu faktor utama emisi global.

  2. Penebangan Hutan

    Penebangan hutan juga memberi dampak perubahan iklim yang terjadi di dunia. Ini terjadi karena ketika pohon ditebang, maka pohon akan melepaskan karbon yang telah disimpan. Selain itu pepohonan di hutan juga menyerap karbon dioksida, sehingga alam yang seharusnya melindungi atmosfer dari emisi menjadi hilang.

  3. Transportasi

    Kendaraan seperti mobil, motor, kapal, pesawat menggunakan bahan bakar fosil dan tentu akan berdampak dan menjadi penyumbang gas rumah kaca.


Dampak Perubahan Iklim


Dampak Perubahan Iklim yang paling kita rasakan adalah suhu yang lebih hangat lambat laun mengubah pola cuaca dan mengganggu keseimbangan alam yang normal. Ini menimbulkan banyak risiko bagi manusia dan semua bentuk kehidupan lain di Bumi.

  1. Suhu Lebih Panas

    Hampir diseluruh daratan megnalami lonjakan gelombang panas. Salah satu tahun terpanas yang tercatat adalah 2020.

  2. Bencana

    Perubahan iklim ini tentu akan mempengaruhi curah hujan dan tentu badai terjadi lebih sering yang menyebabkan longsor dan banjir.

  3. Kekeringan

    Perubahan iklim ini juga akan menyebabkan kekeringan karena air semakin langka dan kekeringan ini memicu badai pasir dan debu yang berbahaya.

Hari Bumi 2022, masyarakat diajak untuk sadar terhadap perubahan iklim yang dapat kita mulai dengan pilihan sehari-hari.

LihatTutupKomentar