Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Fitur Https Gagal di Proses pada Blogspot

Daftar isi

    Cara Mengatasi Fitur Https Gagal di Proses pada Blogspot


    Masih membahas tentang https pada blogspot, ini kelanjutan dari postingan sebelumnya yang membahas cara mengaktifkan fitur https pada blogspot, nah ternyata saya mengalami kendala saat pengaktifan https dan setelah mencari-cari menemukan cara Mengatasi Fitur Https Gagal di Proses.

    Ada beberapa hal yang menyebabkan gagalnya saat mengaktifkan https pada blogspot, antara lain:

    • DNS tidak terbaca oleh blogspot, untuk kendala ini silahkan menghubungi pihak penyedia layanan domainnya
    • Costum domain atau mempunyai blogspot sebelum fitur https di blogspot ada
    • Memasang domain TLD pada saat nama domain blogspot kamu belum aktif https-nya.

    Tiga penyebab gagal mengaktifkan https diatas berdasarkan pengalaman pribadi saya, jika kalian punya pengalaman lain, atau menambahkan atau mengoreksi silahkan tulis di komentar ya.

    Solusi mengatasi Ketersediaan HTTPS gagal diproses ini karena domain sudah TLD, jika domain bawaan blogspot biasanya otomatis akan berubah menjadi https, jika tidak silahkan baca cara mengaktifkan https blogspot. Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk masalah ini, antara lain:

    1. Pastikan kalian sudah mengonfigurasi DNS dengan benar pada domain, jika masih ragu bisa hubungi penjual domainnya. (kita anggap konfigurasi sudah sesuai)
    2. Silahkan masuk ke menu pengaturan, kemudian hapus domain pihak ketiga atau domain TLD yang kita pasang disana.
    3. Silahkan klik lihat blog pada sisi kiri atas untuk memastikan bahwa blog kita sudah kembali seperti semula yaitu namadomain.blogspot.com, jika sudah cek apakah sudah mengarah ke https atau belum, jika belum silahkan atur sendiri, cara mengaktifkan https sudah ada di postingan sebelumnya.
    4. Jika blogspot (namadomain.blogspot.com) sudah menggunakan https, selanjutnya silahkan pasang kembali domain TLD-nya kemudian simpan.
    5. Tunggu beberapa saat sampai domain TLD bisa diakses lagi dan cek pasti domain-mu sudah menggunakan https.
    6. Jika sudah sampai 15-30 menit domain TLD belum bisa diakses, clear cache browsernya atau bisa juga tekan ctrl + F5 secara secara bersamaan.

    Demikian cara mengatasi https yang gagal diaktifkan pada blogger yang sudah kostum domain TLD. Semoga bermanfaat.