Cara Mengaktifkan Camera 2 API di Xiaomi 4X Melalui TWRP


Camera2 API adalah suatu framework yang mengijinkan pengembang mengakses fitur kamera semacam exposure, focus, ataupun ISO, yang hendak di kostumisasi serta optimalisasi pada aplikasi buatan mereka. API ini yang dimana ialah successor dari API Adroid yang memberi akses langsung ke kamera hardware.

Cara mengaktifkan Camera2 API lumayan susah menurut saya, karena memang tidak pernah ngoprek-oprek Android dan MIUI 11 yang aku gunakan. Lalu langkah-langkahnya apa saja biar berhasil memasang Camera2 API di Xiaomi 4X lewat TWRP.

Bahan dan Syarat agar Berhasil Pasang Camera2 API sebagai berikut:


  1. Pastikan sudah memasang TWRP di handphone-mu, Jika belum bisa baca cara pasang TWRP
  2. Download Magisk terbaru (yang saya gunakan)
  3. Download Camera2 API Enable
  4. Download Modul MIUI FIX 10 for Xiaomi 4X
  5. Masuk ke TWRP dengan cara tekan power dan volume up pada posisi smartphone-mu mati
  6. Masuk ke instal dan cari dimana kamu meletakkan Magisk yang baru saja di download
  7. Pilih dan Swipe ke kanan, jika ketika proses instal gagal silahkan masuk ke home TWRP lalu masuk mount dan centang system
  8. Ulangi lagi instal Magisk
  9. Instal Modul MIUI 10 yang sudah di download
  10. Terakhir Instal Camera2 API
  11. Reboot
Buka magisk lalu masuk ke modul apakah sudah ada camera2 api dan modul miui 10. Untuk memastikan Camera2 API sudah aktif silahkan download Manual Camera Compatibility. Jika semua sudah tercenang hijau berarti sudah aktif.



Jika belum aktif silahkan download Root Checker untuk memastikan root berhasil. Caranya masuk ke aplikasinya dan klik verifikasi root, jika seperti gambar itu artinya berhasil.



Jika belum berhasil juga bisa download BuildProp Editor untuk memastikan di dalam script itu ada tulisan persist.camera.HAL3.enabled=1. Caranya pada kolom pencarian tulis hal, jika belum ada bisa di klik gambar pensil untuk mengedit dan masukkan tulisan tersebut, kemudian save.



Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat, berdasarkan pengalaman pribadi cara ini work untuk Xiaomi 4X dengan MIUI 11.

Selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Camera 2 API di Xiaomi 4X Melalui TWRP"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel