Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Fakta Tentang Minum Kopi Setiap Hari

Daftar isi

    9 Fakta Tentang Minum Kopi Setiap Hari - Menurut Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia, dalam empat tahun terakhir orang Indonesia semakin sering minum kopi. Ini tren yang positif. Menurut peneliti, kopi punya efek luar biasa untuk otak, kulit dan tubuh Anda. Andriberbudi.web.id akan memberikan 9 Fakta Tentang Minum Kopi Setiap Hari, antara lain:

    1. Aroma Kopi Kurangi Stress



    Peneliti Seoul National University memeriksa otak tikus stres karena kekurangan tidur. Saat tikus diekspos ke aroma kopi terjadi perubahan pada protein otak yang terkait dengan stres. Tingkat stres pada tikus berkurang. Hanya perlu ditegaskan, stres yang diuji hanyalah stres karena kurang tidur.

    2. Kurangi Resiko Parkinson



    Menakjubkan sekali minum kopi setiap hari dapat mengurangi resiko parkinson, scienceDaily melaporkan kopi bisa membantu pengidap Parkinson mengendalikan gerakannya. Selain itu, salah seorang peneliti studi tersebut, Ronald Postuma mengatakan, "Mereka yang minum kopi berkafein lebih kecil resikonya tekena penyakit Parkinson.

    3. Bantu Kesehatan Hati

    Studi tahun 2006 menunjukkan mereka yang minum setidaknya satu cangkir kopi sehari, 20 persen lebih kecil kemungkinannya terkena sirosis hati - penyakit yang disebabkan konsumsi alkohol berlebihan dan bisa mengakibatkan gagal hati dan kanker.

    4. Membuat Bahagia



    National Institute of Health menemukan peminum kopi empat cangkir atau lebih per hari 10 persen lebih kecil kemungkinannya terkena depresi dibandingkan mereka yang tidak pernah minum kopi. Penyebabnya bukan karena kafein. Menurut Honglei Chen, MD, PhD, antioksidan yang bterkandung dalam kopi membuat Anda merasa senang.

    5. Kurangi Resiko Kanker Kulit



    Ini hanya berlaku bagi perempuan. Brigham and Women's Hospital dan Harvard Medical School mengikuti 112.897 pria dan wanita selama 20 tahun. Perempuan yang minum tiga cangkir kopi atau lebih per harinya lebih kecil kemungkinannya terkena kanker kulit dibanding mereka yang tidak minum kopi.

    6. Perbaiki Stamina Atlet



    New York Times melaporkan kafein meningkatkan asam lemak dalam aliran darah, yang memungkinkan otot atlet untuk menyerap dan membakar lemak sebagai bahan bakar. Sehingga ada simpanan karbohidrat yang bisa dimanfaatkan saat atlet berlomba atau berlatih.

    7. Kurangi Resiko Diabetes Tipe 2



    Menurut studi The American Chemical Society, mereka yang mimum empat cangkir kopi atau lebih per hari mengurangi kemungkinan terkena diabetes tipe 2 hingga 50 persen. Dengan setiap tambahan satu cangkir, resikonya berkurang 7 persen.

    8. Otak Sehat Lebih Lama



    Peneliti dari universitas di South Florida dan Miami menemukan, bahwa mereka yang berusia lebih dari 65 tahun dan memiliki kadar kafein tinggi pada darahnya akan lebih lambat terkena Alzheimer dua hingga empat tahun dibanding yang hanya memiliki kadar kafein rendah. Dr. Chuanhai Cao yakin konsumsi kopi dalam jumlah banyak bisa mengurangi resiko terkiena Alzheimer atau setidaknya memperlambatnya.

    9. Jadi Lebih Cerdas



    CNN melaporkan kopi memungkinkan otak bekerja secara lebih efisien dan pintar. Reporter TIME Michael Lemonick mengatakan, "Jika Anda kurang tidur dan minum kopi, semua yang Anda lakukan akan menjadi lebih baik. Reaksi, kewaspadaan, perhatian, bersikap rasional - kebanyakan fungsi kompleks yang terkait dengan kecerdasan.

    http://www.dw.de/9-alasan-anda-harus-minum-kopi-setiap-hari/g-18295061